BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

ECB Masih Tunggu Inflasi Untuk Naikkan Suku Bunga

Bareksa15 Maret 2018
Tags:
ECB Masih Tunggu Inflasi Untuk Naikkan Suku Bunga
Mario Draghi, President of the European Central Bank (ECB), addresses the media during the ECB's monthly news conference in Frankfurt, September 4, 2014. - (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan kebijakan moneter akan tetap sabar, kuat dan berhati-hati

Bareksa.com - Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi pada hari Rabu, 14 Maret 2018, mengatakan bahwa kebijakan bank sentral akan tetap berhati-hati meskipun saat ini lebih percaya diri pada kondisi inflasi ke depannya.

"Kami saat ini melihat inflasi yang terkonvergensi menuju tujuan kami dalam jangka menengah, dan kami lebih percaya diri daripada di masa lalu, konvergensi ini akan terjadi," kata Draghi di sebuah acara di Frankfurt seperti dilansir dari CNBC.

"Tapi kita masih perlu melihat bukti lebih lanjut bahwa dinamika inflasi bergerak ke arah yang benar. Jadi kebijakan moneter akan tetap sabar, kuat dan berhati-hati."

Promo Terbaru di Bareksa

Seluruh momentum ekonomi yang membaik di zona euro membuat bank sentral mengubah komunikasinya minggu lalu. ECB menurunkan bias pelonggarannya, sebuah pernyataan yang digunakan untuk menunjukkan bahwa ECB akan meningkatkan pembelian obligasinya baik dalam durasi dan jumlah jika prospek ekonomi memburuk.

Tingkat bunga masih akan tetap rendah

Bagaimana pun juga, pernyataan Draghi pada hari Rabu menegaskan bahwa suku bunga masih akan tetap rendah untuk waktu yang lama.

"Mengenai evolusi tingkat kebijakan kami di luar masa akhir pembelian bersih kami, kami akan mempertahankan urutan yang saat ini tercantum dalam panduan kami di depan, yaitu janji kami untuk mempertahankan suku bunga utama pada tingkat saat ini 'masa lalu' akhir dari pembelian bersih, "kata Draghi di Frankfurt.

ECB memperkenalkan suku bunga rendah, di samping skema pembelian obligasi besar-besaran, menyusul krisis utang zona euro tahun 2011 untuk merangsang pinjaman dan mendorong pertumbuhan. Tiga tarif utamanya adalah: tingkat suku bunga pada operasi refinancing utama (MRO), tingkat suku bunga deposito dan tingkat suku bunga pinjaman marjinal yang masing-masing berada di level 0, -0,4 dan 0,25 persen.

Menurut Draghi, mengkomunikasikan suku bunga ini tidak akan berubah untuk waktu yang lama akan memastikan bahwa stimulus kebijakan tidak dilemahkan oleh ekspektasi terlalu dini mengenai kenaikan tingkat bunga untuk pertama kali. Pasar saat ini sedang mencari kenaikan suku bunga pertama di zona euro yang kemungkinan terjadi di tahun 2019.

Namun, Ekonom Utama ECB Peter Praet mengatakan pada hari Rabu bahwa pasar akan mencari kejelasan mengenai berapa lama "masa akhir" dari pembelian bersih.

Dengan berjalannya waktu, indikasi bahwa tingkat kebijakan akan tetap berada pada tingkat saat ini setelah melewati pembelian aset bersih secara bertahap akan memberikan gambaran yang memadai mengenai kemungkinan evolusi kebijakan moneter tersebut," ujarnya saat berbicara di konferensi yang sama dengan Draghi.

"Jadi, panduan utama kami di jalur tingkat kebijakan harus ditentukan lebih lanjut dan diukur agar inflasi tetap berada pada jalur penyesuaian yang berkelanjutan," tambahnya.

Euro tergelincir lebih rendah

Berkenaan dengan inflasi, ECB memutuskan pekan lalu untuk merevisi perkiraan inflasi yang lebih rendah untuk tahun depan, tetapi hal tersebut membuat mereka tidak mengubah pandangan pada 2018 dan 2020. Pada saat ini, inflasi utama tahunan diperkirakan akan mencapai 1,4 persen pada 2018, 1,4 persen pada 2019 dan 1,7 persen pada 2020.

Euro diperdagangkan sedikit melemah menyusul komentar Draghi di "The ECB and The Watchers" pada hari Rabu. Mata uang tersebut diperdagangkan pada level EUR1,2373 per dolar AS pada sekitar pukul 9:00 waktu London, atau sekitar 0,12 persen lebih rendah untuk sesi ini.

Mata uang ini sebagian besar mengalami tren kenaikan sejak awal tahun ini dan analis yakin ini akan berlanjut sepanjang tahun. Akibatnya, ECB telah mengawasi nilai tukar, karena khawatir bahwa euro yang sangat kuat dapat menggagalkan rencana kebijakan moneternya. (hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua