Hary Tanoe Rombak Susunan Manajemen Lima Perusahaannya

Lima perusahaan itu adalah Media Nusantara Citra, Global Mediacom, MNC Investama, MNC Kapital, dan MNC Land
Bareksa • 01 Oct 2016
cover

CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (kanan), Komisioner OJK Bidang Pasar Modal, Nurhaida (tengah) dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio (kiri) saat melakukan konfrensi pers di Bursa Efek Indonesia, Jumat, 5 Agustus 2016. (Bareksa.com/Alfin Tofler)

Bareksa.com – Hary Tanoesoedibjo (Hary Tanoe) mengumpulkan lima perusahaan yang berada di bawah naungan MNC Group, Jumat, 30 September 2016. Kelima perusahaan itu berkumpul untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dengan agenda utama perubahan pengurus.

RUPSLB pertama adalah PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). Hasilnya, Hary Tanoe yang sebelumnya menjabat sebagai direktur utama, naik menjadi komisaris utama menggantikan Rosano Barack. Sementara kekosongan posisi direktur utama diisi David Fernando Audy. Tak hanya itu, Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Gwenarty Setiadi masuk ke dalam jajaran direksi.

Sementara, di PT Global Mediacom Tbk (BMTR), RUPSLB menghasilkan persetujuan pengunduran diri Hadhianto Suryo Kentjono sebagai direktur. Selain itu, RUPSLB PT MNC Land Tbk (KPIG) juga digelar dengan agenda menerima pengunduran diri Dipa Simatupang sebagai direktur.

Di sisi lain, perubahan besar terjadi pada susunan kepengurusan PT MNC Investama Tbk (BHIT). Disini, posisi Hary Djaja sebagai komisaris utama diambil alih Hary Tanoe dan menambah Angela Herliani Tanoesoedibjo sebagai komisaris untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Ratna Endang Soelistyawati dan Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo.

Masih pada MNC Investama,  Darma Putra mengisi direktur utama yang sebelumnya dipegang Hary Tanoe.

Perubahan susunan pengurus juga terjadi di PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). Darma Putra yang sebelumnya menjabat direktur utama, naik menjadi komisaris utama menggantikan Hary Tanoe. Tien juga naik ke level komisaris dari sebelumnya direksi.

Di MNC Kapital, posisi direktur utama diisi Gregorius Andrew Andryanto Haswin. Dan menambah satu direksi bernama Mahjudin.

Pergerakan Saham

Tiga dari lima saham perusahaan MNC Group yang melangsungkan RUPSLB mencatat kenaikan. Salah satu yang melonjak paling tajam adalah saham KPIG. Ditutup Rp1.240 pada perdagangan 29 September 2016, saham KPIG mengakhir perdagangan Jumat 30 September 2016 naik 25 persen menjadi Rp1.550 per saham.

Selanjutnya adalah saham BHIT yang naik 5,07 persen ke level Rp145 per saham dari sebelumnya Rp138 per saham. Dan yang ketiga adalah BCAP dengan kenaikan 3,18 persen dari Rp1.570 menjadi Rp1.620.

Sayang, dua saham lainnya turun yakni MNCN dan BMTR. Pada perdagangan Jumat, saham MNCN turun 2.42 persen dari Rp2.070 menjadi Rp2.020. Sementara, saham BMTR turun 2,2 persen dari Rp910 menjadi Rp890.