MKBD Kurang, Trust Securities Kena Suspen Bursa. Terkait Saham SIAP?

Trust Securities terpantau melakukan transaksi saham SIAP di pasar reguler senilai Rp 65 M dan di pasar negosiasi Rp33 M
Bareksa • 29 Oct 2015
cover

Monitor menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (18/6). IHSG ditutup melemah 0,25 point atau 0,01 persen menjadi 4.945,49 pada perdagangan bursa saham awal ramadan. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bareksa.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspen) aktivitas perdagangan PT Trust Securities (BR) di bursa terhitung perdagangan sesi I hari ini (Kamis, 29 Oktober 2015) sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pantauan BEI terhadap sistem pusat pelaporan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD), Trust Securities  tidak memenuhi ketentuan nilai minimum yang dipersyaratkan. MKBD Trust Securities per hari ini hanya Rp17,2 miliar, jauh lebih kecil jika dibanding ketentuan minimum Rp25 miliar.

Anjloknya MKBD Trust Securities hingga kini belum diketahui. Bareksa sudah mencoba menghubungi manajemen Trust Securities, tapi manajemen broker berkode BR itu tidak dapat memberi respons. Berbarengan dengan anjloknya MKBD, Trust Securities juga terpantau mentransaksikan saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP). (Baca juga: Setahun Transaksi Negosiasi SIAP Capai Rp20 T; Danareksa Pegang Nilai Terbesar)

Bila dilihat secara bersih pada periode 4 Agustus 2014 – 28 Oktober 2015, Trust Securities tercatat melakukan  pembelian bersih saham SIAP di pasar reguler sebanyak 2,1 juta lot, dengan nilai transaksi mencapai Rp64,8 miliar. Sementara itu, pada periode yang sama Trust Securities juga melakukan penjualan bersih 647 ribu lot saham SIAP di pasar negosiasi senilai Rp33,4 miliar.

Sejumlah broker terindikasi gagal bayar dalam transaksi saham SIAP di pasar negosiasi. Hal tersebut sedang menjadi perhatian regulator bursa.

"Di saham SIAP, ada beberapa broker  gagal bayar settlement. Kami sedang mengeceknya. Indikasinya yang pasti ada 2-3 broker," ujar Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Hamdi Hassyarbaini. Namun, Hamdi belum bisa menyebut nama broker yang sedang diperiksa maupun nilai transaksinya. (Baca juga: Bursa Periksa 3 Broker yang Terindikasi Gagal Bayar Saham SIAP)