BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Investasi di SR018 Aman Saat Gejolak Pasar dan Membantu Pembangunan Negara, Ini Buktinya

Abdul Malik14 Maret 2023
Tags:
Investasi di SR018 Aman Saat Gejolak Pasar dan Membantu Pembangunan Negara, Ini Buktinya
Ilustrasi Muslimah investor yang gembira karena berhasil meraih keuntungan dari investasi di SBN syariah, termasuk di Sukuk Ritel seri SR018. (Shutterstock)

Setidaknya 5.126 proyek pembangunan infrastruktur dibiayai uang dari penerbitan Sukuk Negara

Bareksa.com - Pemerintah kembali membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Ritel (SR) seri terbaru yakni SR018.

Di tengah gejolak pasar akibat sentimen bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB), salah satu bank terbesar di Amerika Serikat, Sukuk Ritel SR018 bisa dipertimbangkan karena aman dan anti gagal bayar.

Sebab pembayaran imbal hasil dan dana pokok investasinya sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan dananya disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Dengan begitu, SR018 bisa dikategorikan sebagai instrumen investasi yang hampir bebas risiko (risk free instrumen). SBN Ritel seri kedua di 2023 ini ditawarkan pada 3-29 Maret dengan 2 jangka waktu (tenor) investasi, yakni tenor 3 tahun atau SR018T3 dan tenor 5 tahun atau SR018T5.

SR018 tenor 3 tahun menawarkan imbal hasil 6,25% dan SR018 tenor 5 tahun memberikan imbalan 6,4% per tahun. Imbal hasil ini bersifat tetap hingga jatuh tempo. Sehingga meskipun kondisi pasar sedang bergejolak seperti saat ini, Kamu nggak perlu khawatir imbal hasil investasimu di SR018 akan menurun.

Selain dikelola sesuai prinsip syariah, aman karena dijamin negara, menawarkan imbal hasil menarik, dengan investasi di SR018, Kamu juga berkontribusi terhadap pembangunan negara loh. Ini ulasannya :

Kontribusi Investor Sukuk Negara

Dengan berinvestasi di SR018, maka secara tidak langsung, Kamu membantu pembangunan negara. Memorandum Informasi Sukuk Ritel SR018 menyebutkan seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan SR018 baik SR018T3 maupun SR018T5, akan digunakan oleh pemerintah untuk membiayai APBN termasuk pembiayaan proyek dalam APBN Tahun Anggaran 2023.

Dalam penerbitan SR018, pemerintah memasang target awal Rp20 triliun. Jumlah itu berasal dari target penerbitan SR018-T3 senilai Rp15 triliun dan dari SR018-T5 targetnya Rp5 triliun.

Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, sejak 2013 hingga 23 Februari 2023, pemerintah telah menerbitkan Sukuk Negara dengan nilai mencapai Rp2.277,31 triliun. Sukuk Negara itu di dalamnya termasuk Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan.

Adapun outstanding Sukuk Negara per 23 Februari 2023 tercatat Rp1.368 triliun. Setidaknya 5.126 proyek dibiayai anggaran hasil penerbitan Sukuk Negara.

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Beli Sukuk Ritel SR018 Sekarang, Klik di Sini

Kementerian Keuangan mencatat dana dari penerbitan Sukuk Negara dipergunakan untuk membiayai sejumlah proyek, yakni :

Proyek infrastruktur dan transportasi

Ada 1.662 proyek infrastruktur dan transportasi senilai Rp171,02 triliun, yang dibiayai dana dari penerbitan Sukuk. Proyek itu antara lain 746 proyek sumber daya air senilai Rp36,63 triliun. Selain itu, ada juga 916 proyek infrastruktur transportasi senilai Rp134,40 triliun.

Proyek pendidikan dan riset

Tercatat 1.260 proyek pendidikan dan riset senilai Rp26,88 triliun dibiayai dari penerbitan Sukuk, antara lain Kampus PTKIN dan Madrasah ada 1.139 proyek senilai Rp14,76 triliun. Ada juga 98 proyek PTN dan Sekolah Tinggi senilai Rp8,75 triliun serta, 23 proyek laboratorium (riset) senilai Rp3,37 triliun.

Proyek keagamaan

Kementerian Keuangan mencatat 1.774 proyek keagamaan senilai Rp5,78 triliun dibiayai Sukuk. Proyek dimaksud yakni 1.773 proyek haji, umroh, dan KUA senilai Rp5,78 triliun serta 1 proyek produk halal senilai Rp148 miliar.

Proyek pertahanan dan keamanan

Sementara itu proyek pertahanan dan keamanan yang dibiayai dari dana penerbitan Sukuk ada 399 proyek senilai Rp4,89 triliun. Proyek dimaksud 299 proyek perumahan Kemenhan senilai Rp4,05 triliun dan 100 proyek perumahan Polri senilai Rp843 miliar.

Beli Sukuk Ritel SR018 Sekarang, Klik di Sini

Proyek lainnya

Di sisi lain ada 31 proyek lainnya senilai Rp1,23 triliun dibiayai uang dari penerbitan Sukuk. Proyek dimaksud 9 proyek pertanian senilai Rp489 miliar, 1 proyek fasilitas pangkalan kapan senilai Rp283 miliar, dan 21 proyek taman nasional senilai Rp453 miliar.

Melansir laman Kementerian Keuangan, berikut sejumlah proyek yang dibiayai dari penerbitan Sukuk Negara, antara lain :

1. Pembangunan Tol Solo – Ngawi seksi I – Colomadu Karanganyar Jawa Tengah
2. Pembangunan Ramp on/off Flyover Amplas Medan
3. Pembangunan Jalan Gerung Mataram NTB
4. Pusat Konservasi Sanctuary Hiu Paus Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua
5. Pembangunan gedung perkuliahan IAIN Salatiga jawa Tengah
6. Pembangunan Jalur Kereta Double Track Selatan Jawa Cirebon-Kroya-Solo-Madiun-Jombang
7. Asrama haji Makassar
8. Jembatan Youtefa (Holtekamp) - Papua
9. UIN Sunan Gunung Jati Bandung
10. Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur
11. Double-Doule Track KA Manggarai -Cikarang
12. Terowongan KA Notog - Banyumas

Bagi Kamu yang berniat investasi sambil bantu negara sekaligus mendapat imbal hasil menarik, sebaiknya segera mendaftar di Bareksa untuk beli SBN Ritel 2023.

Pendaftaran butuh waktu sekitar 2x24 jam karena proses pembuatan rekening sub-registry, makanya lebih cepat daftar lebih baik jadi Kamu bisa segera membeli Sukuk Ritel seri SR018 dan Sukuk Negara ritel lainnya begitu masa penawaran dibuka.

Beli Sukuk Ritel SR018 Sekarang, Klik di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Beli Sukuk Ritel SR018 Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua