BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Setelah SR018 akan Datang Sukuk Tabungan ST010, Berikut Jadwal SBN Ritel 2023

Hanum Kusuma Dewi29 Maret 2023
Tags:
Setelah SR018 akan Datang Sukuk Tabungan ST010, Berikut Jadwal SBN Ritel 2023
Ilustrasi wanita mudah investor sedang melihat handphone untuk memesan SBN ritel online melalui aplikasi Bareksa. (Shutterstock)

Semua jenis dan seri SBN Ritel hanya dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel yang salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR018 baru saja tutup pada Rabu (29/3/2023) pukul 10.00 WIB. Buat para pejuang cuan yang siap berinvestasi sekaligus bantu negara, masih ada penerbitan SBN Ritel 2023 setelah SR018. Menurut jadwal dari 7 seri SBN Ritel tahun ini, penawaran selanjutnya adalah Sukuk Tabungan ST010.

SR018 adalah penawaran kedua SBN Ritel 2023 setelah sebelumnya ada SBR012. Kemudian, penawaran terdekat selanjutnya adalah Sukuk Tabungan seri ST010, yang menjadi penawaran SBN Ritel ketiga tahun ini.

Menariknya, dari jadwal tentatif yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, terdapat dua kali penawaran Sukuk Tabungan pada tahun ini, sehingga ada total 7 penawaran SBN Ritel 2023. Padahal, di tahun-tahun sebelumnya penawaran Sukuk Tabungan biasanya hanya sekali setahun saja.

Promo Terbaru di Bareksa

Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Kemenkeu Dwi Irianti Hadiningdyah menjelaskan bahwa bertambahnya jumlah penawaran SBN Ritel seiring dengan target pembiayaan dari SBN Ritel 2023 yang mencapai Rp160 triliun, atau naik 49,5% dari realisasi tahun lalu sebesar Rp107 triliun.

"Jumlah penawaran SBN Ritel yang bertambah tahun ini dibandingkan tahun lalu, seiring dengan target penjualan yang naik sekitar 49,5% menjadi Rp160 triliun," ujar Dwi kepada Bareksa ketika ditemui di kantornya, 14 Maret 2023.

Jadwal Penerbitan seri SBN Ritel 2023 (Tentatif)

Illustration

Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Klik untuk Beli SBN Ritel

​​

Jadwal Penerbitan SBN Ritel 2023 setelah SR018

1. Sukuk Tabungan (ST) seri ST010

Sukuk Tabungan adalah SBN syariah yang tidak bisa diperdagangkan (non-tradable). Masa penawaran ST010 dijadwalkan pada 05 -24 Mei 2023.

2. Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023

Obligasi Ritel adalah SBN yang bisa diperdagangkan (tradable). Rencananya ditawarkan dalam 2 tipe dengan masa penawaran pada 26 Juni hingga 20 Juli 2023.

3. Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR019

Masa penawaran SR019 dijadwalkan pada 18 Agustus hingga 13 September 2023.

4. Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri ORI024

Rencananya ditawarkan dalam 2 tipe dengan masa penawaran pada 9 Oktober hingga 2 November 2023.

5. Sukuk Tabungan (ST) seri ST011

Masa penawaran pada 3 - 29 November 2023.

Untuk diketahui, Kementerian Keuangan sebenarnya menerbitkan 8 seri SBN Ritel termasuk Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) atau Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004. Namun Sukuk Wakaf Ritel belum bisa dipesan melalui Bareksa.

Adapun SBN Ritel seri ORI, SR, SBR dan ST bisa dipesan secara online melalui mitra distribusi yang secara resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

Jadwal penerbitan SBN Ritel online yang dirilis Kementerian Keuangan ini masih bersifat tentatif alias masih bisa berubah. Jadwal pasti setiap seri SBN Ritel akan diumumkan pada kick off meeting dari masing-masing seri SBN Ritel yang akan diterbitkan.

Apa itu Sukuk Tabungan?

Sebagai informasi, Sukuk Tabungan adalah salah satu produk investasi syariah yang diterbitkan oleh pemerintah. Disebut juga sebagai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Sukuk Tabungan biasanya memiliki jangka waktu 2 tahun.

Meski tidak bisa dijual sebelum jatuh tempo, Sukuk Tabungan bisa dicairkan awal karena memiliki fasilitas early redemption. Untuk memastikan apakah ST010 cocok untuk kamu, ada baiknya lebih dahulu memahami karakteristik Sukuk Tabungan.

Berdasarkan jadwal penerbitan SBN Ritel online di atas, SBN Ritel yang akan terbit setelah SR018 adalah Sukuk Tabungan (ST) seri ST010. Rencananya, pemerintah akan membuka masa penawaran ST010 pada 05-24 Mei 2023.

Daftar untuk Beli SBN Ritel di Sini


Karakteristik Sukuk Tabungan

Melansir laman Kementerian Keuangan berikut karakteristik Sukuk Tabungan seri sebelumnya yakni ST009, yaitu:

Pertama, untuk individu Warga Negara Indonesia.
Kedua, pengelolaan investasi dengan prinsip syariah.
Ketiga, pemesanan mulai dari Rp1 juta.
Keempat, imbalan mengambang dengan batas minimal.
Kelima, tenor 2 tahun.
Keenam, ada fasilitas early redemption.
Ketujuh, tidak dapat diperdagangkan/dialihkan.

Perbandingan ORI, SR, SBR dan ST

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

​​SBN Ritel termasuk Sukuk Tabungan yang salah satunya ST010, cocok dipilih oleh semua investor baik dengan profil risiko konservatif, moderat, dan agresif. Salah satu alasannya dan yang paling utama, SBN Ritel termasuk Sukuk Ritel, diterbitkan sekaligus dijamin oleh Negara. Makanya, Sukuk Tabungan seri ST010, dapat Kamu pertimbangkan untuk diversifikasi aset.

Bagi Kamu yang berniat investasi sambil bantu negara sekaligus mendapat imbal hasil menarik, ada baiknya segera mendaftar di Bareksa untuk beli SBN Ritel 2023. Pendaftaran butuh waktu sekitar 2x24 jam karena proses pembuatan rekening sub-registry, makanya lebih cepat daftar lebih baik. Sehingga bisa siap untuk memesan SBN Ritel begitu masa penawaran dibuka.

Investasi SBN Ritel, Klik di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Daftar untuk Beli SBN Ritel di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua