BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Syailendra Capital : Pentingnya Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Abdul Malik07 Juni 2021
Tags:
Syailendra Capital : Pentingnya Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini
Ilustrasi orang tua yang bahagia di masa pensiun karena memiliki dana pensiun dengan berinvestasi di reksadana. (Shutterstock)

Tingginya biaya hidup membuat kebutuhan dana pensiun jadi tinggi

Bareksa.com - Sudahkah Anda menyiapkan dana pensiun? Syailendra Capital dalam laporannya Syailendra Market Insight tertanggal 3 Juni 2021, melihat secara jangka panjang potensi kinerja aset kelas saham masih tinggi. Hal tersebut selaras dengan kebutuhan dana pensiun yang membutuhkan profil risiko di atas pasar uang.

Hanya saja, Syailendra menilai dalam jangka pendek risiko volatilitas yang muncul dari aset kelas saham perlu dipertimbangkan dalam membentuk portfolio dana pensiun. Penyesuaikan alokasi portfolio secara berkala dan disesuaikan dengan situasi pasar menjadi kunci untuk mencapai target investasi yang terukur.

Syailendra menyebutkan minimnya masyarakat Indonesia dalam merencanakan masa pensiun terlihat dari kepesertaan dalam program-program pensiun seperti BPJS Tenaga Kerja di mana, per 2019, BPJS-TK memiliki total kepersetaan 54,97juta pegawai/buruh (39,8 persen).

Promo Terbaru di Bareksa

Jumlah tersebut, masih jauh dibandingkan dengan total angkatan kerja Indonesia 138,22 juta pekerja .Pada periode sama, hanya 4.39 juta pegawai/buruh (3,2 persen) yang memiliki tambahan alokasi dana pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Sementara itu perbedaan biaya hidup antar masyarakat akan menentukan kebutuhan dana pensiun saat masa tua. Dana pensiun diperuntukkan membiayai gaya hidup yang selama umur non-produktif.

Syailendra mengutip Survei Biaya Hidup yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 di mana menyebutkan rata-rata biaya hidup di Jakarta tahun 2018 sebesar Rp13,4 juta per bulan dibandingkan di Yogyakarta Rp6,7juta per bulan.

Catatan, umumnya biaya hidup akan dipengaruhi oleh pendapatan dan gaya hidup setiap masyarakat.

Tabel Biaya Hidup dan Pendapatan

Illustration

4 Persen Withdrawal Rate

Syailendra menyebutkan salah satu aturan umum yang digunakan oleh perencana keuangan dalam mengestimasi kebutuhan dana pensiun ialah 4 persen withdrawal rate.

Illustration

Saat memasuki masa pensiun, 4 persen dari dana pensiun harus mencerminkan withdrawal rate atau dalam hal ini dapat direpresentasikan dengan biaya hidup.

Alokasi Portfolio

Syailendra menilai salah satu instrumen investasi yang dapat dipilih untuk menyiapkan target dana pensiun adalah investasi berbasis saham. Hanya saja, hal lain perlu dijadikan pertimbangan seperti risiko kesehatan dan kebutuhan jangka pendek.

Illustration

Alasannya menurut Syailendra, risiko yang ada di saham relatif tinggi dibandingkan dengan aset kelas lainnya. Untuk itu, penyesuaian alokasi portfolio secara berkala dengan tujuan meminimalisir risiko menjadi kunci untuk mencapai dana pensiun yang terukur.

Investasi di Reksadana

Cara lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk menyiapkan dana pensiun, dengan berinvestasi di reksadana seperti di markatplace Bareksa. Adapun reksadana adalah salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu, reksadana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Umumnya, reksadana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi (MI). Ada tiga hal yang terkait dari definisi tersebut yaitu, pertama, adanya dana dari masyarakat pemodal.

Kedua, dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek, dan ketiga, dana tersebut dikelola oleh manajer investasi. Dengan demikian, dana yang ada dalam reksadana merupakan dana bersama para pemodal, sedangkan manajer investasi adalah pihak yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

Di sisi lain secara umum jenis reksadana terbagi menjadi empat yakni reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Apapun jenis dan produk reksadana yang dipilih, pastikan lebih dahulu sesuai dengan profil risiko Anda ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua