Hati-hati Penipuan Catut Nama Bareksa, Ini Akun Resmi Media Sosial Bareksa

Pastikan transaksi dan investasi melalui platform resmi Bareksa
Hanum Kusuma Dewi • 15 Mar 2021
cover

Ilustrasi hacker penipu penjahat siber yang melakukan penipuan investasi ilegal bodong. (shutterstock)

Bareksa.com - Bareksa adalah marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan sejak 2016. Marketplace Bareksa menjual produk reksa dana terlengkap dari manajer investasi yang terpercaya di Indonesia dan menguasai pangsa pasar jumlah investor reksa dana di Indonesia.​​

Dengan reputasi dan lisensi yang telah diterima oleh Bareksa ini, wajar bila Bareksa menjadi platform pilihan investasi bagi masyarakat. Akan tetapi, ada pihak yang menyalahgunakan dan mengatasnamakan Bareksa untuk kepentingan sendiri, bahkan melakukan penipuan. 

Contohnya, ada berbagai Grup di Telegram yang mencatut nama Bareksa untuk penggalangan dana yang menjanjikan keuntungan pasti. Padahal Channel Telegram Bareksa hanya bisa diakses untuk pengguna yang mendaftar melalui aplikasi Bareksa (private/invitation only). Selain itu, banyak akun palsu di media sosial (fake account) yang menyalahgunakan nama dan logo Bareksa untuk menjebak masyarakat calon investor.