BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Waspada Telegram Palsu, Pastikan Transaksi Hanya di Web dan Aplikasi Reksadana Bareksa

Hanum Kusuma Dewi24 Maret 2021
Tags:
Waspada Telegram Palsu, Pastikan Transaksi Hanya di Web dan Aplikasi Reksadana Bareksa
Ilustrasi fake account untuk penipuan investasi online. Pastikan transaksi hanya di platform resmi dan aplikasi reksadana Bareksa. (shutterstock)

Investasi reksadana online yang resmi menggunakan nama rekening yang sama dengan nama produk reksadana

Bareksa.com - Bareksa adalah marketplace investasi dan aplikasi reksadana terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan sejak 2016. Marketplace dan aplikasi reksadana Bareksa menjual produk reksa dana terlengkap dari manajer investasi yang terpercaya di Indonesia dan menguasai pangsa pasar jumlah investor reksa dana di Indonesia.

Dengan reputasi dan lisensi yang telah diterima oleh Bareksa ini, wajar bila Bareksa menjadi platform pilihan investasi bagi masyarakat. Akan tetapi, ada pihak yang menyalahgunakan dan mengatasnamakan Bareksa untuk kepentingan sendiri, bahkan melakukan penipuan.

Contohnya, ada berbagai Grup di Telegram yang mencatut nama Bareksa untuk penggalangan dana yang menjanjikan keuntungan pasti. Padahal Channel Telegram Bareksa hanya bisa diakses untuk pengguna yang mendaftar melalui aplikasi Bareksa (private/invitation only). Selain itu, banyak akun palsu di media sosial (fake account) yang menyalahgunakan nama dan logo Bareksa untuk menjebak masyarakat calon investor.

Promo Terbaru di Bareksa

Beberapa Akun Palsu/Grup Telegram yang secara tidak sah mengatasnamakan Bareksa:

  1. Bareksa Investasi Reksadana (47.487 member)
  2. Bareksa investasi Dana (45.206 member)
  3. Bareksa Investasi (13.837 member)
  4. Bareksa Investasi (7.136 member)
  5. Bareksa Investasi Dana (45.206 member)
  6. Bareksa Investasiku (5.394 member)
  7. Bareksa Investasi (63.572 member)
  8. Bareksa Investasi (3.153 member)
  9. Bareksa Investasi Reksadana (22.049 member)
  10. Bareksa_Investasi (23.363 member)

Dengan menggunakan grup-grup tersebut, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab telah melakukan aktivitas pengumpulan dana gelap dari masyarakat untuk berinvestasi dengan modus menawarkan keuntungan yang sangat tinggi dan menggunakan rekening pribadi atau nama PT sebagai tujuan transfer dana untuk investasi ilegal.

Smart investor, jangan pernah melakukan transaksi di luar platform dan aplikasi reksadana Bareksa. Apalagi transfer ke rekening pribadi atau nama PT. Sebab, investasi reksadana online yang resmi menggunakan nama rekening yang sama dengan nama produk reksadana yang dituju.

Gambar Contoh Grup dan Akun Palsu di Telegram

Illustration

Menindaklanjuti penyalahgunaan nama ini, Bareksa juga telah melaporkan oknum dan akun-akun palsu tersebut ke pihak berwajib, yaitu Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan, agar mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi pada masyarakat. Kemudian, Bareksa juga telah melaporkan akun palsu tersebut ke Kementerian Kominfo agar bisa dilakukan penutupan atau pemblokiran.

Sebagai smart investor, kita juga harus waspada jangan sampai terjebak penipuan yang mengatasnamakan Bareksa. Pastikan semua transaksi hanya menggunakan platform resmi Bareksa dan aplikasi reksadana Bareksa di AppStore dan Play Store.

Untuk bergabung dengan komunitas Bareksa (Bareksa Community) di Telegram, investor harus mendaftar untuk mendapatkan undangan ini melalui aplikasi reksadana Bareksa. Klik menu Bareksa Community di dalam aplikasi reksadana Bareksa untuk mendaftarkan akun dan nomor handphone kamu.

Illustration

Pendaftaran Grup Telegram Bareksa hanya melalui aplikasi Bareksa

Dapatkan juga update informasi resmi hanya dari media sosial Bareksa yang sudah terverifikasi (centang biru). Berikut daftarnya.

Daftar Media Sosial Resmi Bareksa

Jadi, hanya gunakan platform resmi aplikasi reksadana Bareksa dan dapatkan update informasi resmi hanya di akun media sosial Bareksa yang sudah terverifikasi.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

- Beli reksadana online, klik tautan ini

- Download aplikasi reksadana Bareksa, klik tautan ini

- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.748,61

Up0,60%
Up3,49%
Up0,01%
Up7,75%
Up17,70%
Up43,65%

STAR Stable Income Fund

1.899,32

Up0,51%
Up2,82%
Up0,01%
Up6,45%
Up30,02%
Up62,01%

I-Hajj Syariah Fund

4.755,2

Up0,55%
Up2,78%
Up0,01%
Up6,46%
Up22,18%
Up40,57%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.754,13

Up0,56%
Up2,12%
Up0,01%
Up5,47%
Up20,26%
Up50,06%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.032,96

Up0,52%
Up1,50%
Up0,01%
Up2,50%
Down- 2,95%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua