BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Jelang Imlek, ORI019 dan Reksadana Bisa Dijadikan Angpao Lho

Abdul Malik05 Februari 2021
Tags:
Jelang Imlek, ORI019 dan Reksadana Bisa Dijadikan Angpao Lho
Ilustrasi seorang wanita muda belum menikah yang menerima banyak angpao. (shutterstock)

Mendapatkan angpao jadi kebahagiaan tersendiri, apalagi jika bentuknya reksadana atau ORI019 akan lebih bermanfaat

Bareksa.com - Tahun Baru China atau Imlek segera tiba. Tahun ini akan dirayakan pada Jumat pekan depan atau 12 Februari 2021. Salah satu tradisi di Tahun Baru Imlek yang paling populer adalah pemberian amplop merah berisi uang (angpao).

Umumnya, angpao diberikan oleh pasangan suami istri kepada anggota keluarganya yang belum menikah. Mendapatkan angpao tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri, apalagi jika nilai nominal uangnya cukup besar.

Ingin memberikan angpao dalam bentuk berbeda sekaligus mengajak orang yang akan diberi angpao untuk belajar investasi? Nah berikut dua instrumen investasi yang bisa dipilih sebagai bentuk angpao untuk orang-orang tersayang:

Promo Terbaru di Bareksa

1. Reksadana.

Instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan sebagai bentuk angpao adalah reksadana. Mengutip Bursa Efek Indonesia (BEI), reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Selain itu, reksadana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia di mana ada produk reksadana yang dijual mulai dari Rp100.000. Reksadana memberikan imbal hasil (return) dari pertumbuhan nilai aset-aset yang ada di dalam portofolionya. Imbal hasil ini potensinya lebih tinggi dibandingkan dengan deposito atau tabungan bank.

Jenis reksadana yang dipilih bisa disesuaikan dengan karakter orang yang akan kita bagikan angpao. Apakah dia seorang high-risk taker, medium-risk taker atau low-risk taker. Jika kita kurang berani untuk mengambil risiko rugi, bisa memilih reksadana pasar uang.

Sementara jika kita cukup berani tapi masih jaga-jaga untuk tidak terlalu rugi, bisa pilih fixed income (reksadana pendapatan tetap) atau balanced (reksadana campuran). Jika kita cukup berani ambil risiko, bisa berinvestasi di reksadana saham (equity).

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel atau obligasi pemerintah juga bisa menjadi alternatif bentuk angpao. Seperti diketahui, saat ini pemerintah tengah membuka masa penawaran ORI seri ORI019 mulai 25 Januari - 18 Februari 2021. Kupon ORI019 ditetapkan 5,57 persen per tahun. Besaran kupon tersebut bersifat fixed rate hingga waktu jatuh tempo 15 Februari 2024.

Modal investasinya juga tidak mahal, minimal Rp1 juta per unit hingga maksimal Rp3 miliar untuk 3.000 unit. Investasi di surat utang yang dijamin negara ini, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, investasi yang dijamin undang-undang termasuk soal pemberian kupon dan pokoknya.

Kedua, kupon ditawarkan lebih tinggi dari rerata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan. Kelima, dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Keenam, tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi. Ketujuh, dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain.

Kedelapan, berpotensi memperoleh capital gain. Kesembilan, dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

Kesepuluh, masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Mumpung masih ada waktu, ayo segera tentukan angpao dalam bentuk apa yang akan kamu berikan bagi orang-orang terkasih?

Demi kenyamanan pilihlah produk investasi sebagai bentuk pemberian angpao, sesuai tujuan keuangan dan profil risiko orang yang akan kamu berikan.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua