BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Imbal Hasil SBN Syariah ST012 Boleh Naik Tapi Gak Bisa Turun dari Minimal, Ini Buktinya

Hanum Kusuma Dewi03 Mei 2024
Tags:
Imbal Hasil SBN Syariah ST012 Boleh Naik Tapi Gak Bisa Turun dari Minimal, Ini Buktinya
Ilustrasi kupon imbal hasil Sukuk Tabungan dengan sistem floating with floor bisa naik saat suku bunga acuan BI naik tapi tidak bisa turun dari batas minimal yang digambarkan dengan panah ke atas, tumpukan balok dan lambang persentase. (Shutterstock)

Data historis Sukuk Tabungan ST008 dan ST009 menunjukkan kupon naik ketika suku bunga acuan BI naik

Bareksa.com - Surat Berharga Syariah Negara atau SBN Syariah seri Sukuk Tabungan ST012 menawarkan dua pilihan jangka waktu yaitu ST12T2 dengan tenor 2 tahun dan ST12T4 dengan tenor 4 tahun. Imbal hasil minimal untuk ST012T2 sebesar 6,4% per tahun, sedangkan untuk ST012T4 sebesar 6,55% per tahun.

Imbal hasil (kupon) yang ditawarkan investasi syariah ini menarik karena bersifat floating with floor, atau bisa naik ketika acuan naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal. Benarkah? Mari kita lihat data historis untuk beberapa seri Sukuk Tabungan sebelumnya.

Investasi Syariah Imbal Hasil Pasti, Pesan ST012

Promo Terbaru di Bareksa

Seperti terlihat di dalam grafik, ST008 yang terbit pada 2022 menawarkan kupon minimal 4,8% per tahun. Saat itu, suku bunga acuan Bank Indonesia berada di 3,5%.

Grafik Imbal Hasil/Kupon Sukuk Tabungan Naik saat Suku Bunga Acuan BI Naik

kupon imbal hasil sukuk tabungan naik saat bunga BI naik
Sumber: Kemenkeu, Bank Indonesia, diolah Bareksa

Kemudian, seiring dengan kenaikan suku bunga acuan, imbal hasil ST008 juga ikut direvisi naik. Sehingga, pada Januari 2023 ketika BI Rate naik ke 5,75%, imbal hasil ST008 juga naik ke 7,05% per tahun.

Demikian juga halnya dengan seri ST009 yang mengalami peningkatan kupon dari minimal 6,15% per tahun, menjadi 6,35% per tahun. Sebab, BI rate naik jadi 6% sejak Oktober 2023 dari sebelumnya 5,75%.

Nah, dengan membeli Sukuk Tabungan ST012T2 dan ST012T4 kamu bisa memastikan imbal hasil yang kamu dapatkan, dan malah berpotensi naik ketika suku bunga acuan naik. Namun, kalau suku bunga acuan turun, imbal hasil ST012 tidak akan turun lebih rendah dari minimalnya di 6,4% dan 6,55% per tahun.

Investor bisa berinvestasi dengan modal mulai dari Rp1 juta untuk kedua tenor. Sementara maksimal investasi Rp5 miliar untuk ST012T2 dan maksimal Rp10 miliar untuk ST012T4.

Baca juga cara hitung kupon bulanan di artikel Segini Imbal Hasil Pertama SBN Syariah ST012 Jika Investasi Rp1 Juta hingga Rp10 Miliar

Sebagai informasi, Sukuk Tabungan adalah seri SBN Ritel yang tidak bisa diperdagangkan (non-tradable) di pasar sekunder. Sehingga, investor harus memegangnya hingga jatuh tempo.

Namun, ada fasilitas early redemption (pelunasan awal) bila sudah berjalan 1 tahun untuk ST012T2 dan 2 tahun untuk ST012T4. Syaratnya, nilai yang bisa dicairkan lebih awal maksimal 50% dari nilai pembelian, dengan minimal pencairan Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta.

Beli ST012, Klik di Sini


Bareksa Midis SBN Terbaik

Sebagai informasi, Bareksa adalah mitra distribusi yang telah membantu penawaran SBN Ritel sejak pertama kali ditawarkan secara online pada 2018. Selain itu, Bareksa meraih penghargaan sebagai mitra distribusi terbaik sejak 2018, atau dalam 5 tahun beruntun.

Bareksa meraih penghargaan sebagai Midis SUN Terbaik Tahun 2022 bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa dari Kementerian Keuangan yakni:

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SUN Ritel Terbaik 2022
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Ayo segera investasi di SBN Syariah ST012 di Bareksa, jangan sampai kamu kehabisan kuota pemesanan!

Investasi ST012 di Sini

(Rahmat Hidayat/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua