BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

BTPN Finalisasi Akuisisi PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Abdul Malik28 Maret 2024
Tags:
BTPN Finalisasi Akuisisi PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance
Gedung kantor utama PT Bank BTPN Tbk (BTPN). (Shutterstock)

Komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF akan menjadi Bank BTPN 51%, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation 34% dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk 15%

Bareksa.com - Memperkuat komitmennya sebagai penyedia solusi keuangan yang komprehensif bagi nasabah, PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) hari ini resmi mengumumkan akuisisi terhadap dua perusahaan pembiayaan yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF) (selanjutnya disebut OTO Group) yang juga merupakan perusahaan penyedia solusi keuangan yang komprehensif bagi masyarakat di Indonesia.

Dalam siaran pers BTPN (27/3) disebutkan akuisisi ini akan memperkuat sinergi antara Bank BTPN dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia. Bergabungnya Bank BTPN sebagai pemegang saham baru merupakan sebuah langkah positif agar OTO Group dapat terus menghadirkan produk dan layanan pembiayaan yang semakin komprehensif dan semakin relevan bagi masyarakat.

"Akuisisi Bank BTPN terhadap OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portfolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas. Bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami," ungkap Henoch Munandar, Direktur Utama PTBank BTPN Tbk.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Saham di Sini

Setelah penyelesaian akuisisi tersebut, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF akan menjadi sebagai berikut: Bank BTPN 51%, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation 34%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk 15%. Integrasi OTO Group ke jaringan Bank BTPN diharapkan dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan Perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah. Sinergi tersebut juga diproyeksikan membuka berbagai peluang baru untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua.

Kolaborasi Bank BTPN dan OTO Group akan mencakup beberapa lingkup, di antaranya pembiayaan bersama (joint financing), perluasan ekosistem bagi kedua entitas melalui pemanfaatan masing-masing jaringan cabangnya di Indonesia, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan bersama. Kolaborasi antara Bank BTPN dan OTO Group juga diharapkan akan dapat memperluas potensi basis pelanggan OTO Group, serta dapat meningkatkan kualitas kehidupan finansial masyarakat Indonesia.

"Dengan basis pelanggan yang tersebar luas, pemanfaatan infrastruktur dan jaringan distribusi dari kedua perusahaan, Bank BTPN dapat meningkatkan penetrasi pasar di segmen-segmen yang sebelumnya belum terjangkau," tutup Henoch Munandar.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/08725978/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua