BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Robot Ancam Pekerjaan Manusia? Sri Mulyani Kaji Beri Gaji Cuma-Cuma

13 Oktober 2017
Tags:
Robot Ancam Pekerjaan Manusia? Sri Mulyani Kaji Beri Gaji Cuma-Cuma
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada rangkaian saat wawancara dengan salah satu media pada rangkaian kegiatan IMF-WBG Annual Meetings 2017 di Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (11/10). (Kemenkeu)

Universal Basic Income (UBI) yang diberikan kepada penduduk kurang mampu secara merata masih menjadi bahan pertimbangan

Bareksa.com - Kehadiran teknologi mampu mengganti posisi manusia bukan lagi mimpi. Sekarang banyak robot mengancam posisi manusia sebagai tenaga kerja di berbagai bidang. Demikian diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, di sela-sela kegiatan annual meeting IMF-World Bank di Kantor Pusat IMF, Washington, Rabu (11 Oktober 2017) waktu setempat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan skema jaminan sosial baru berupa Universal Basic Income (UBI) yang dapat diberikan kepada penduduk kurang mampu secara merata masih menjadi bahan pertimbangan pemerintah.

Konsep UBI masih sangat baru. Menurut Sri Mulyani, butuh pengujian komprehensif agar konsep tersebut bisa berlaku di mayoritas negara di dunia dan ampuh untuk jangka menengah panjang. Konsep UBI ini adalah konsep dimana Pemerintah memberikan secara cuma-cuma sejumlah uang kepada setiap penduduk sebagai pengganti penghasilan yang hilang atau sebagai tambahan penghasilan.

Dengan penghasilan tersebut maka mereka dapat membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang telah efisien, padat modal dan minim tenaga kerja manusia. Pendapatan perusahaan akan dipotong pajak oleh Pemerintah yang kemudian menyalurkan kembali pajak tersebut kepada masyarakat melalui konsep basic income.

Selain itu, pertimbangan lainnya dari penerapan UBI ini adalah karena penggunaan teknologi di masa mendatang diperkirakan bisa menggantikan peran manusia dengan kemampuan atau skill rendah, sehingga menimbulkan masalah penciptaan lapangan kerja. Pasalnya, Indonesia punya populasi besar dengan mayoritas demografi muda.

Sri Mulyani menyadari, persoalan tersebut tidak sederhana. Dalam penyelesaiannya, dibutuhkan solusi strategis yang bersifat global. Salah satu konsep yang hangat diperbincangkan yaitu UBI, atau jaminan pendapatan dasar diberikan tanpa syarat ke seluruh warga negara. Konsep ini mulai berkembang di tengah kekhawatiran ancaman robot menggantikan manusia.

"Pertanyaannya adalah kalau robot ini menghancurkan apa yang disebut kesempatan kerja, maka bagaimana untuk menciptakan tenaga kerja dan apakah perlu di-introduce untuk tadi universal basic income (UBI)," papar Sri Mulyani seperti dikutip dari Detik.com.

Pemerintah, kata Sri Mulyani sudah membahas isu tersebut secara umum. Dirinya pun terus berkoordinasi dengan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,44

Down- 0,03%
Up3,58%
Up0,02%
Up5,41%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,01

Up0,58%
Up3,44%
Up0,02%
Up6,85%
Up17,33%
Up43,60%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,85

Down- 0,85%
Up3,36%
Up0,01%
Up3,90%
Up18,29%
Up46,71%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,77

Down- 0,44%
Up1,58%
Up0,01%
Up2,66%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,97

Up0,53%
-
Up0,03%
---
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua