BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Bandara JB Soedirman Perdana Layani Penerbangan Umroh, Ini Cara Mudah Siapkan Biaya ke Tanah Suci

Hanum Kusuma Dewi29 Agustus 2023
Tags:
Bandara JB Soedirman Perdana Layani Penerbangan Umroh, Ini Cara Mudah Siapkan Biaya ke Tanah Suci
Pesawat Maskapai Citilink di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Barat, Indonesia pada 29 Juli 2023. Citilink menyediakan layanan penerbangan umroh perdana dari Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah. (Shutterstock/Cahyadi HP)

Penerbangan feeder umroh dari Purbalingga menghemat waktu jemaah, dan Bareksa Umroh mempermudah dengan reksadana syariah

Bareksa.com - Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah mulai melayani penerbangan jemaah umroh, dengan penerbangan perdana pada Sabtu (26/8/2023) oleh maskapai Citilink. Penerbangan tersebut mempersingkat waktu tempuh untuk jemaah dari Purbalingga ke Bandara Perdanakusuma, Jakarta sebelum transit dan menyambung ke Bandara Soekarno Hatta.

Sebanyak 48 jemaah umrah berangkat menggunakan maskapai Citilink dari Bandara Jenderal Besar Soedirman menuju Bandara Halim Perdanakusuma, untuk kemudian langsung dengan bus melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta dan terbang ke Tanah Suci.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan penerbangan pengumpan umrah merupakan realisasi dari rencana yang telah dibahas sebelumnya sebagai upaya optimalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Promo Terbaru di Bareksa

"AP II berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan, para Kepala Daerah di Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, Cilacap dan Kebumen (Barlingmascakeb), serta maskapai Citilink, atas dukungan dan bantuannya dalam mendorong optimalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman," kata Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (28/8/2023).

"Penerbangan feeder (pengumpan) umrah ini dapat dilaksanakan berkat kolaborasi erat dengan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) termasuk penyedia jasa perjalanan umrah setempat," lanjutnya.

Awaluddin menuturkan, sebelum adanya penerbangan pengumpan umroh, jemaah umrah dari Purbalingga dan sekitarnya harus menempuh perjalanan dengan bus menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan waktu tempuh mencapai lebih dari 7 jam.

"Sementara, dengan adanya penerbangan feeder umrah maka waktu tempuh Bandara Jenderal Besar Soedirman ke Halim Perdanakusuma sekitar 47 menit, lalu perjalanan dengan bus ke Soekarno-Hatta berkisar 1 - 2 jam. Tentu dari sisi waktu lebih efisien," ujar Awaluddin.

Berita ini merupakan kabar baik bagi calon jemaah umroh yang berasal dari kota di luar Jakarta karena bisa menghemat waktu dan tenaga. Tak hanya dari sisi waktu, calon jemaah juga bisa mempersiapkan biaya Tanah Suci dengan efisien dengan tabungan reksadana syariah di Bareksa Umroh.

Reksadana Syariah untuk Biaya Umroh

Selain persiapan mental dan fisik, dibutuhkan juga modal untuk bisa datang ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah kecil. Reksadana syariah yang tersedia di Bareksa Umroh dapat menjadi pilihan untuk mengumpulkan biaya umroh.

Dalam fitur Tabungan Umroh di super app Bareksa yang menyediakan reksadana syariah, tersedia reksadana yang hanya berinvestasi di efek keuangan sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, namun tetap terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui fitur Bareksa Umroh, kamu sebagai investor bisa tentukan sendiri besaran nominal Tabungan Umroh per bulan selain paket umroh yang dikehendaki. Adapun reksadana yang tersedia untuk nabung umroh adalah reksadana pasar uang syariah dan reksadana pendapatan tetap syariah.

Saat ini, ada enam produk reksadana syariah yang bisa kamu pilih sebagai Tabungan Umroh di Bareksa Umroh, yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, Bahana Likuid Syariah Kelas G, Trimegah Dana Tetap Syariah, dan Capital Sharia Fixed Income (produk baru).

Illustration

Sumber: Bareksa Umroh, data per 28 Agustus 2023

Setahun terakhir (per 28/8/2023), keenam reksadana syariah tersebut mencatatkan imbal hasil hingga 6,61%. Perlu dicatat, imbal hasil reksadana syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Mulai Nabung Umroh Dengan Reksadana Syariah​

Simulasi Tabungan Umroh dengan Reksadana Syariah

Saat membuka fitur Umroh di super app Bareksa, kamu bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Untuk gambaran, misalnya kamu ingin menyiapkan biaya umroh untuk 1 orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada Juli 2024. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Paket Umroh Smart Series Farhan dari Dream Tour dengan harga paket umroh Rp28,25 juta per orang.

Illustration

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh Juli 2024 mencapai Rp29,03 juta. Maka, dengan target tersebut, kamu perlu menabung rutin sekitar Rp2.557.420 per bulan atau setara Rp85 ribuan per hari selama 12 bulan.

Nah, dengan cara tersebut, asal rutin dan disiplin untuk melakukan top up reksadana, insyaallah kamu bisa berangkat umroh ke Tanah Suci dalam setahun lagi.

Mulai Nabung Umroh dengan Reksadana Syariah

6 Keunggulan Bareksa Umroh

Berikut enam alasan sekaligus keunggulan Bareksa Umroh.

  1. Pasti Aman: Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh Bareksa maupun pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa yakni di bank kustodian.
  2. Terpercaya: Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.
  3. Layanan Lengkap: Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.
  4. Sesuai Syariah: Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.
  5. Serba Online: Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.
  6. Fleksibel & Berpotensi Imbal Hasil: Top up tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Semakin mantap berangkat ke Tanah Suci? Pastikan jenis dan produk investasi untuk Tabungan Umroh sesuai dengan profil risikomu ya.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

(IQPlus/24026693/hm)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,56

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,42%
Up18,15%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,33

Up0,60%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,27%
Up43,79%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,67

Down- 0,86%
Up3,27%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,25%
Up46,68%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,85

Down- 0,43%
Up1,59%
Up0,01%
Up2,67%
Down- 2,39%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,13

Up0,54%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua