BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Cara Menunaikan Ibadah Umroh dengan Mudah

Abdul Malik28 Agustus 2023
Tags:
Cara Menunaikan Ibadah Umroh dengan Mudah
Ilustrasi jemaah umroh saat berdoa menggunakan tasbih di depan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. (Shutterstock)

Calon jemaah perlu melakukan persiapan matang sebelum berangkat umroh, utamanya mengikuti instruksi yang disampaikan otoritas

Bareksa.com - Ibadah haji dan umroh jadi impian umat Muslim di seluruh dunia. Sebab dengan menunaikan haji dan umroh, umat Muslim bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sekaligus bisa napak tilas ke tempat-tempat bersejarah Nabi Muhammad SAW.

Namun bagaimana cara agar bisa menunaikan ibadah umroh dengan mudah? Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi seperti dilansir Gulf News (23/8) menyatakan agar calon jemaah melakukan persiapan matang sebelum berangkat umroh, utamanya adalah bagaimana mengikuti instruksi yang disampaikan otoritas.

Hal ini termasuk calon jemaah diwajibkan melakukan pendaftaran dan perizinan melalui aplikasi Nusuk. Pendaftaran dan perizinan ini diperlukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berlebihan saat menunaikan umroh. Sehingga jemaah bisa menunaikan ibadah umroh dengan mudah dan nyaman.

Promo Terbaru di Bareksa

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

Para jemaah juga diminta untuk datang ke Arab Saudi sesuai pendaftaran, dan menunjukkan izin saat tiba di Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi memperkirakan sekitar 10 juta jemaah dari luar Arab Saudi akan menunaikan umroh tahun ini, yang dimulai pada awal tahun baru Islam atau 1 Muharram 1445 H, yang jatuh pada Rabu (19/7/2023).

Musim umroh dimulai setelah berakhirnya musim haji pada 1444 H sebulan lalu dengan 1,8 juta jemaah haji, untuk pertama kalinya dalam 3 tahun, setelah pembatasan terkait pandemi dicabut. Umat ​​Muslim, yang tidak mampu secara fisik atau finansial menunaikan haji, disarankan untuk menunaikan umroh

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah meluncurkan sejumlah fasilitas bagi umat Islam luar negeri untuk datang dan menunaikan umroh. Umat ​​Muslim yang memegang berbagai jenis visa masuk seperti visa pribadi, visa kunjungan dan turis diperbolehkan untuk menunaikan umroh dan mengunjungi Al Rawda Al Sharifa, di mana makam Nabi Muhammad (saw) terletak di Masjid Nabawi di Madinah.

Pemerintah Arab Saudi telah memperpanjang masa berlaku visa umroh dari 30 hari menjadi 90 hari dan mengizinkan pemegang visa umroh untuk memasuki kerajaan melalui semua jalur darat, udara dan laut dan berangkat dari bandara mana pun. Kerajaan Arab Saudi juga mengatakan ekspatriat yang tinggal di negara-negara Teluk berhak mengajukan visa turis, apapun profesinya dan dapat menunaikan umroh.

Awal bulan ini, Arab Saudi mengumumkan penambahan 8 negara lagi ke dalam sistem e-visa kunjungannya, yang memungkinkan umat Muslim datang ke kerajaan untuk umrah dan pariwisata, sehingga menambah jumlah total negara yang warganya memiliki akses ke sistem ini menjadi 57.

Pemegang visa Schengen, AS dan Inggris juga dapat membuat janji temu umrah dan mengunjungi Al Rawda Al Sharifa, melalui aplikasi Nusuk sebelum tiba di Arab Saudi.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Bagi Kamu yang punya niat kuat untuk menunaikan umroh, maka sebaiknya segera menyiapkan biayanya. Salah satu cara terbaik menyiapkan tabungan umroh ialah dengan investasi di reksadana syariah. Selain halal karena dikelola sesuai prinsip syariah, Kamu juga berpotensi meraih imbal hasil dari investasimu.

Di fitur Bareksa Umroh tersedia 5 produk reksadana syariah yang bisa Kamu pilih guna menyiapkan tabungan umroh. Setahun terakhir, produk reksadana syariah tersebut berhasil mencatatkan kinerja imbal hasil hingga 6,52% (per 25/8/2023).

Illustration

Sumber : Bareksa

Perlu dicatat, imbal hasil reksadana syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, ekuivalen tingkat imbalan/bagi hasil deposito mudharabah rupiah di atas 12 bulan di bank umum syariah dan unit usaha syariah pada Mei 2023 rata-rata 4,02%. Setelah dipotong pajak 20%, maka rata-rata imbal hasil bersih deposito syariah jadi 3,216%.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

6 Keunggulan Investasi di Bareksa Umroh

Apa saja keunggulan menyiapkan tabungan umroh dengan cara investasi di Bareksa Umroh?

Pertama, Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh Bareksa maupun pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa yakni di bank kustodian.

Kedua, Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Ketiga, Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

Keempat, Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Kelima, Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Keenam, Fleksibel & Berpotensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Makin mantap niat untuk berangkat ke Tanah Suci? Segera siapkan tabungan umroh di Bareksa Umroh yuk!

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

(AM)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua