Arab Pakai Kecerdasan Buatan Dukung Layanan Tanah Suci, Ini Cara Mudah Nabung Biaya Umroh

Reksadana syariah di fitur Bareksa Umroh bisa jadi satu alternatif menabung yang aman dan berpotensi dapat imbal hasil
Hanum Kusuma Dewi • 16 Sep 2022
cover

Ilustrasi teknologi dan algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang digambarkan dengan seorang pria Arab menggunakan penutup kepala dan tampilan biometrik wajah. (shutterstock)

Bareksa.com - Pemerintah Arab Saudi terus meningkatkan layanan kepada peziarah sekaligus jemaah yang menjalankan ibadah di Dua Masjid Suci di Tanah Suci, termasuk dengan menggunakan algoritma Artificial Intelligence (AI/kecerdasan buatan).

Seperti dilansir Ihram Republika, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi yang diwakili oleh Pasukan Khusus untuk Keamanan Haji dan Umrah dan Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi (SDAIA) telah mengumumkan kemitraan strategis dalam mengembangkan algoritma kecerdasan buatan. Algoritma AI tersebut bertujuan meningkatkan layanan bagi peziarah atau jemaah umroh dan pengunjung ke Dua Masjid Suci.

Direktur Keamanan Publik pada Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Letnan Jenderal Mohammed Al-Bassami menyatakan AI adalah alat untuk memastikan kualitas layanan. Menurutnya teknologi AI yang diperkenalkan baru-baru ini di Dua Masjid Suci telah sangat membantu dalam mengendalikan kerumunan saat mereka masuk dan keluar berkat pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Selain itu, teknologi itu memastikan jumlah orang yang hadir tepat di mana saja di sekitar Masjidil Haram. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa berkat teknologi AI, segala kemungkinan yang terkait dengan kerumunan dapat ditangani dengan cepat dan dengan sedikit gangguan.

AI memungkinkan peningkatan koordinasi dan integrasi di antara banyak lembaga untuk mencapai tujuan keseluruhan membuat pengalaman ziarah lebih lancar dan lebih aman.

Datang dan menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci, di samping menunaikan ibadah haji, merupakan impian setiap umat Muslim. Untuk Smart Investor yang berencana pergi umroh, dapat memanfaatkan fitur Bareksa Umroh di Bareksa.

Tabungan Umroh di Bareksa

Salah satu cara mudah mengumpulkan biaya umroh adalah dengan menabung. Agar Tabungan Umroh bisa optimal, Smart Investor bisa menabung di reksadana syariah menggunakan fitur Bareksa Umroh yang tersedia di super app investasi Bareksa. 

Tabungan Umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan hingga tiga tahun. Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, Smart Investor bisa dengan mudah memantau dan menambah jumlah Tabungan Umroh di mana saja kapan saja.

Simulasi Tabungan Umroh 

Berikut cara membuat Tabungan Umrohdi Bareksa sangat mudah. Bahkan, sudah ada simulasi yang memperkirakan hitungan biaya umroh untuk jangka waktu hingga tiga tahun. Tabungan Umroh dengan reksadana syariahini tidak mengikat, harga paket hanya sebagai ilustrasi untuk menjadi target dana yang ingin dicapai. 

Investor bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan. 

Sebagai contoh, sebut saja investor memilih paket seharga Rp27,75 juta dengan rencana menabung umroh 12 bulan. Maka, dengan asumsi harga naik menjadi Rp28,5 juta tahun depan, investor perlu menabung rutin sekitar Rp2,5 juta per bulan selama periode September 2022 hingga Agustus 2023. Artinya, dana bulanan yang perlu dikumpulkan setara Rp83 ribuan per hari. 

Angka perkiraan hasil Tabungan Umroh dengan reksadana syariah bisa lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan bank. 

Sumber : Bareksa

Keuntungan Tabungan Umroh di Bareksa Umroh 

1. Pasti Aman

Uang tabungan umroh milik investor akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

2. Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umrohkeberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

5. Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Menambah (top up) tabungan tidak mengikat, karena investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan umroh berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Perlu diketahui bahwa Tabungan Umroh menggunakan harga paket umroh dari mitra travel agent sebagai ilustrasi untuk mencapai target nilai tabungan, tetapi tidak mengikat pada pembelian paket umroh. Maka, ketika target biaya umroh sudah terkumpul, investor akan dikonfirmasi untuk mencairkan reksadana dan membeli paket umroh.

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan Umroh tidak mengikat pada pembelian paket. Harga paket umroh akan disesuaikan dengan harga pada keberangkatan.