BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Ingin Berkunjung ke Jabal Tsur Selagi Umroh? Begini Cara Siapkan Biayanya

Bareksa31 Oktober 2019
Tags:
Ingin Berkunjung ke Jabal Tsur Selagi Umroh? Begini Cara Siapkan Biayanya
Sejumlah jemaah umroh sedang mengunjungi Jabal Tsur. (shutterstock)

Jabal Tsur menandakan awal hijrah Rasulullah Muhammad dari Makkah ke Madinah

Bareksa.com - Jabal Tsur adalah salah satu tempat bersejarah dalam Islam, yang menandakan awal hijrah Rasulullah Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Kota Madinah.

Di sebuah gua di bukit yang terletak sekitar 4 kilometer dari Kota Makkah tersebut, Rasulullah Muhammad SAW bersama sahabatnya Abu Bakar RA bersembunyi dari kejaran bangsa Quraisy yang bermaksud membunuhnya.

Dikisahkan, ketika mereka bersembunyi di sana, dengan izin Allah SWT, sarang laba-laba yang tebal menutupi mulut gua sehingga Rasulullah dan sahabatnya tidak tampak dari luar. Kemudian, seekor merpati membuat sarang di depannya dan membuat kesan tidak mungkin ada orang berada di dalam gua tersebut.

Promo Terbaru di Bareksa

Berkat kehendak Allah SWT, setelah tiga malam bersembunyi dalam Gua Tsur, Rasulullah dan Abu Bakar bisa selamat dari kejaran Bangsa Quraisy. Mereka kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Madinah. Kisah ini tertera dalam Alquran surat At-Taubah ayat 40, yang terjemahannya seperti berikut ini:

Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita". Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Sesuai dengan kisah tersebut, Jabal Tsur dan Gua Tsur menjadi tempat bersejarah dan menjadi destinasi wisatawan khususnya umat Muslim ketika mengunjungi Tanah Suci.

Kita juga bisa berkunjung ke Jabal Tsur di sela-sela kita melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Bila belum memiliki biaya, kita bisa mulai menabung di Bareksa Umroh dengan memilih salah satu rencana berdasarkan paket yang tersedia.

Cara Menabung Umroh

Di Bareksa Umroh, salah satu rencana yang tersedia adalah Barokah, dengan estimasi harga Rp23,5 juta. Menurut travel agent Al-Qadri Umrah dan Haji, paket tersebut sudah termasuk maskapai penerbangan, hotel bintang tiga, visa umrah, transportasi, makan, umroh dua kali, tur keliling kota, pembimbing, dan asuransi perjalanan.

Misalkan di Bareksa Umroh kita memilih rencana Barokah untuk satu orang dengan tipe kamar 4 orang (quad), maka akan muncul estimasi harga Rp23,5 juta. Kemudian kita bisa pilih periode menabung reksadana syariah kita hingga 24 bulan, sehingga dana per bulan yang harus kita sediakan Rp979.167.

Illustration

Kemudian, kita bisa memilih produk reksadana yang tersedia. Saat ini di Bareksa Umroh tersedia tiga produk reksadana pasar uang syariah yang bisa dipilih, yakni Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Cipta Dana Kas Syariah dan Syailendra Sharia Money Market Fund. Panduan lengkap cara buat rencana umroh bisa dibaca di sini.

Perlu diketahui, menabung reksadana di Bareksa Umroh ini sangat fleksibel karena dana bulanan dan periode bisa kita atur sendiri. Rencana yang kita pilih pun tidak mengikat pada pembelian paket karena hanya sebagai estimasi atau perkiraan saja.

Kalau kita melewati jangka waktu, atau lebih cepat dari rencana, tidak akan dikenakan pinalti. Justru, semakin lama menabung reksadana, semakin besar potensi imbal hasil yang didapat.

Apakah imbal hasilnya halal?

Ya, reksadana syariah halal karena dikelola berdasarkan prinsip-prinsip Islami dan sudah mendapatkan fatwa halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Reksadana berpotensi memberi imbal hasil lebih tinggi daripada deposito. Selain itu, reksadana adalah investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Nah, kalau uang kita di reksadana syariah sudah mencapai target, kita bisa menyelesaikan rencana dan membeli paket dengan dana tersebut tanpa pindah platform.

Sudah punya niat umroh? Ayo rencanakan perjalanan umroh kamu dengan Bareksa Umroh.

(AM)

* * *

Ingin menabung reksadana syariah untuk umroh?

- Cara daftar jadi nasabah Bareksa Umroh, klik tautan ini
- Sudah punya akun Bareksa dan mau nabung umroh, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,12

Up0,62%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,49%
-

Capital Fixed Income Fund

1.795,32

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,99%
Up16,47%
Up40,79%

I-Hajj Syariah Fund

4.878,6

Up0,60%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,02%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.049,17

Up0,55%
Up3,54%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,46

Up0,29%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua