BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Kenapa Umroh Sebaiknya Dilakukan Saat Muda? Ini Alasan dan Tips Nabungnya

Bareksa05 Agustus 2019
Tags:
Kenapa Umroh Sebaiknya Dilakukan Saat Muda? Ini Alasan dan Tips Nabungnya
Ilustrasi jamaah melakukan tawaf dalam ibadah haji umroh di Kabah, Mekkah, Arab Saudi.

Bareksa Umroh menyediakan cara menabung paling efektif di reksadana syariah untuk perjalanan umroh

Bareksa.com - Umroh adalah rangkaian ibadah yang dilakukan di Kota Makkah, Arab Saudi dengan tata cara tertentu. Ibadah yang sering disebut sebagai haji kecil ini memiliki esensi untuk menapak tilas perjalanan Nabi Ibrahim.

Beribadah ke Tanah Suci, termasuk umroh, identik dengan usia tua. Padahal, banyak kegiatan dalam rangkaian ibadah umroh yang justru cocok dilakukan oleh anak muda.

Berikut alasan mengapa ibadah umroh dilakukan sewaktu masih muda :

Promo Terbaru di Bareksa

1. Kegiatan Fisik

Tata cara umroh banyak yang membutuhkan kekuatan fisik, seperti tawaf (keliling Kabah) dan sai (berlari kecil dari Safa ke Marwah). Kemudian, selain beribadah di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi, biasanya ketika jamaah ke Tanah Suci juga sekaligus berziarah ke tempat lainnya yang terletak di kota berbeda, seperti Masjid Al Aqsha dan Gunung Jabal Nur.

Jamaah berusia muda biasanya memiliki kemampuan fisik dan stamina yang lebih kuat daripada mereka yang berusia tua. Karena itu, kalau kita berangkat umroh di usia muda dengan badan yang fit, kondisi fisik bukan menjadi halangan untuk lebih khusyuk dalam beribadah umroh.

2. Petualangan

Dengan fisik yang masih kuat, jamaah berusia muda tentu bisa mengunjungi atau menjelajahi lebih banyak tempat sewaktu di Tanah Suci, termasuk mencicipi berbagai kuliner khas lokal. Jadi, tidak hanya ibadah yang dilakukan, tetapi juga sekalian traveling yang membuka wawasan.

3. Daya Ingat

Pemuda masih memiliki kemampuan mengingat yang lebih kuat, terutama untuk menghapal doa. Selain itu, daya ingat ini penting agar tidak mudah tersesat di kota atau situasi baru.

4. Rasa Ingin Tahu

Biasanya orang muda masih bersemangat untuk mencari tahu tentang berbagai hal yang ditemui dan dilakukan selama mengunjungi Tanah Suci. Hal ini bisa memicu kita untuk bertanya dan belajar lebih banyak sehingga bisa memahami dan meresapi esensi ibadah yang dilakukan lebih dalam.

5. Usia Produktif

Bila kita berniat ke Tanah Suci pada usia produktif, kita memiliki kemampuan keuangan untuk memenuhi biaya perjalanan ke sana. Kita punya waktu menabung yang lebih terencana agar tidak perlu menunggu tua untuk beribadah umroh.

6. Amal Soleh

Setelah kita pulang dari Tanah Suci, tentu tidak hanya oleh-oleh suvenir yang bisa disebarkan ke kerabat dan tetangga, tetapi juga perilaku kita. Berangkat umroh ketika muda, tentu kita bisa memiliki waktu lebih panjang untuk menyebarkan kebaikan dan keberkahan yang kita dapat dari ibadah kita.

Kesempatan beramal soleh pun lebih panjang, sehingga ibadah kita bisa bermanfaat tidak hanya bagi diri tetapi juga bagi lingkungan sekitar kita.

Mau umroh selagi muda?

Kalau kita sudah berniat umroh, tentu ada jalannya. Urusan mengumpulkan biayanya, kita bisa mengikuti tiga tips ini: tentukan jangka waktu, pilih instrumen menabung dan disiplin.

Kemudian, untuk mempermudah niat dan mengumpulkan biaya perjalanan umroh, kita bisa menggunakan Bareksa Umroh. Bareksa Umroh menyediakan cara menabung paling efektif di reksadana syariah untuk perjalanan ibadah umroh. Ada lima keuntungan dari Bareksa Umroh, yakni aman, halal, serba online, terpadu dan terpercaya.

Reksadana syariah yang dijadikan wadah menabung untuk umroh ini adalah investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tidak perlu takut uang kita dibawa kabur oleh travel agent, karena disimpan dalam reksadana di Bank Kustodian.

Keuntungan lain reksadana syariah adalah potensi imbal hasil yang lebih tinggi daripada deposito. Selain itu, reksadana syariah halal karena dikelola berdasarkan prinsip-prinsip Islami dan sudah mendapatkan fatwa halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Sudah punya niat menjalankan umroh? Ayo buat rencanamu sekarang, daftar segera di Bareksa Umroh.

Baca panduan daftarnya di sini ya.

* * *

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua