BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Mengapa Pilih Menabung di Reksadana Syariah untuk Pergi Umroh?

Bareksa22 Agustus 2019
Tags:
Mengapa Pilih Menabung di Reksadana Syariah untuk Pergi Umroh?
Ilustrasi investasi syariah di reksadana saham obligasi surat berharga negara sukuk yang digambarkan dengan tumpukan koin emas dan tasbih dengan tulisan funds

Reksadana syariah aman, halal, berpotensi beri imbal hasil, fleksibel dan likuid

Bareksa.com - Bagi umat muslim, umroh adalah berkunjung ke kota Mekkah, Arab Saudi, untuk melaksanakan ibadah dengan ketentuan dan tata cara tertentu. Ibadah ini juga sering disebut sebagai haji kecil, karena mirip dengan pelaksanaan ibadah haji.

Kalau ditanya tentang keinginan pergi umroh, tentu kita yang beragama Islam pasti mengiyakan. Hanya saja, kendala biaya sering jadi alasan.

Namun, kalau kita sudah niat pergi ibadah, tentu ada jalan. Biaya bisa dicari dan dikumpulkan dengan menabung di reksadana syariah yang mudah dan berpotensi lebih menguntungkan dibandingkan dengan deposito bank.

Promo Terbaru di Bareksa

Apa itu reksadana? Secara umum, reksadana adalah kumpulan dana dari masyarakat pemodal (investor) yang dikelola oleh manajer investasi. Kumpulan dana ini dimasukkan ke dalam berbagai aset investasi seperti saham, obligasi, dan deposito. Reksadana adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara itu, reksadana syariah adalah reksadana yang hanya dapat berinvestasi di aset keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah. Reksadana syariah sudah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Berikut lima alasan memilih reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya umroh.

1. Aman

Reksadana syariah adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Reksadana syariah bisa didapatkan di marketplace investasi Bareksa, yang juga telah mendapat izin sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) resmi dari OJK.

2. Halal

Reksa dana syariah sudah mendapatkan label halal dari Dewan Syariah Nasional MUI, menurut fatwa dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001 (dokumen lengkap klik tautan ini).

Mekanisme reksadana syariah dilakukan dengan akad wakalah dan mudharabah yang sesuai dengan syariat Islam. Reksadana mendapatkan keuntungan bukan dari bunga (riba), melainkan dari pertumbuhan nilai aset-aset di dalamnya.

3. Potensi Imbal Hasil

Reksadana syariah bisa memberikan keuntungan atau imbal hasil (return). Keuntungan tersebut datang karena pertumbuhan nilai dari aset-aset yang ada di dalam reksadana syariah.

Menabung di reksadana syariah ini berbeda dengan menabung di bank, yang terkena potongan biaya administrasi bulanan dan pajak. Reksadana syariah menawarkan potensi keuntungan yang halal dan lebih tinggi bila dibandingkan dengan menabung di rekening atau deposito bank.

4. Fleksibel

Menabung di reksadana syariah bisa disesuaikan dengan kemampuan kita, baik besarannya maupun jangka waktunya. Misalnya, kita punya rencana untuk pergi umroh tahun depan, kita bisa mengatur berapa uang yang perlu kita simpan tiap bulan.

Atau, misalnya kita punya sejumlah uang yang bisa disisihkan tiap bulan. Kemudian, uang ini bisa kita simpan di reksadana syariah sampai terkumpul untuk biaya umroh.

5. Mudah Dicairkan

Reksadana syariah sifatnya likuid, atau mudah dibeli dan dicairkan. Menurut peraturan OJK, proses pencairan reksadana maksimal 7 hari kerja (T+7).

Kita bisa membeli dan mencairkan reksadana kapan saja. Tidak ada jangka waktu atau periode yang harus dipenuhi sehingga kalau kita tiba-tiba harus mencairkan reksadana, tidak ada denda atau pinalti seperti di deposito bank.

Nah, itulah lima alasan kita perlu memilih reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya umroh. Agar niat kita pergi umroh lebih mudah terwujud lagi, kita bisa menabung reksadana syariah melalui Bareksa Umroh.

Bareksa Umroh menyediakan cara menabung paling efektif di reksadana syariah yang terintegrasi dengan tujuan beribadah umroh. Di Bareksa Umroh, terdapat berbagai rencana yang bisa kita pilih berdasarkan harga paket umroh yang berlaku sekarang ini.

Sudah punya niat menjalankan umroh? Ayo buat rencanamu sekarang, daftar segera di Bareksa Umroh.

Kalau belum punya akun Bareksa, baca panduan daftarnya di sini ya.

* * *

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua