BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Sri Mulyani Segera Tawarkan Investasi di SBN Sukuk Ritel SR019, Apa Saja Manfaatnya?

Abdul Malik21 Agustus 2023
Tags:
Sri Mulyani Segera Tawarkan Investasi di SBN Sukuk Ritel SR019, Apa Saja Manfaatnya?
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat diwawancara awak media. (Shutterstock)

Saat masa penawaran, SR019 hanya bisa dibeli di mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berencana kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri terbaru atau seri kelima di 2023 yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR019 pada 1-20 September, atau 11 hari lagi.

SR019 merupakan instrumen investasi yang dikelola sesuai prinsip syariah, yang aman karena 100% nilai pokok investasi dan imbal hasilnya dijamin oleh negara berdasarkan Undang-Undang.

Meski berjenis syariah, SR019 bisa dibeli oleh semua investor individu Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa memandang latar belakang agama maupun kepercayaan. Di pasar perdana, SR019 hanya dapat dibeli selama masa penawaran di mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa. ​

Promo Terbaru di Bareksa

SR019 merupakan Sukuk Ritel kedua yang ditawarkan pemerintah tahun ini, setelah sebelumnya SR018 diterbitkan pada 3 Maret 2023. SBN Ritel yang telah terbit tahun ini yakni Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR012, Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR018, Sukuk Tabungan (ST) seri ST010, dan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023.

Rencananya SR019 juga akan ditawarkan dalam dua tenor investasi (dual tranches), sama seperti penerbitan SBN Ritel seri sebelumnya tahun ini yaitu SBR012, SR018, ST010, dan ORI023.

Siap-siap Beli SR019 di Sini

Seri SBN Ritel 2023 yang sudah terbit

No.
Seri SBN Ritel
Mulai Penawaran
Sifat
1
SBR012-T2 & SBR012-T4
19 Januari 2023
non-tradable
2
SR018-T3 & SR018-T5
3 Maret 2023
tradable
3
ST010-T2 & ST010-T4
12 Mei 2023
non-tradable
4
ORI023-T3 & ORI023-T6
30 Juni 2023
tradable

Sumber: Kemenkeu, diolah Bareksa

Kementerian Keuangan menyebutkan pemerintah akan menerbitkan SR019 dalam dua pilihan tenor atau jangka waktu investasi yakni 3 tahun dan 5 tahun atau SR019T3 dan SR019T5.

Illustration


Sumber : Kementerian Keuangan

Siap-siap Beli SR019 di Sini

Baik SR019-T3 dan SR019-T5 sama-sama akan menawarkan tingkat imbalan tetap (fixed rate) hingga jatuh tempo. Karena itu SR019 cocok dikoleksi di tengah gejolak pasar modal saat ini.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, menetapkan batas minium pembelian sama-sama Rp1 juta untuk SR019T3 dan SR019T5. Namun untuk batas maksimal investasinya berbeda, yakni untuk SR019 bertenor 3 tahun maksimal pembeliannya Rp5 miliar dan SR019 tenor 5 tahun maksimal pembeliannya Rp10 miliar.

Meski begitu, guna memaksimalkan imbal hasil yang didapat, setiap investor bisa memaksimalkan kuota pemesanan per individu untuk gabungan kedua tenor SR019 senilai Rp15 miliar, yakni Rp5 miliar di SR019-T3 dan Rp10 miliar di SR019-T5.

Illustration
Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Siap-siap Beli SR019 di Sini

SR019 Pilihan Berharga

Kementerian Keuangan menyebutkan melanjutkan tema besar Sukuk sepanjang tahun ini yaitu Pilihan Berharga untuk Kemandirian Bangsa, penerbitan SR019 ditujukan untuk memperkuat kemandirian khususnya dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur dari Sukuk Negara di seluruh Nusantara.

Sukuk Negara berperan dalam membentuk kemandirian bangsa, tidak bergantung kepada pihak asing, untuk bisa terus menggerakkan roda perekonomian sehingga posisi Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik, yaitu menjadi negeri yang maju.

Setidaknya ada 5 tujuan dari penerbitan Sukuk Ritel :

Pertama, membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Kedua, memperluas basis investor Surat Berharga Negara di pasar domestik.
Ketiga, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah di tanah air.
Keempat, mendukung stabilitas pasar keuangan domestik.
Kelima, menyediakan investasi/diversifilkasi investasi bagi investor ritel individu.

Berdasarkan Memorandum Informasi Sukuk Ritel seri sebelumnya yakni SR018, Kementerian Keuangan menyebutkan seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan Sukuk Ritel akan digunakan oleh pemerintah untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Berikut sejumlah proyek yang dibiayai dari penerbitan Sukuk Negara :

1. Pembangunan Tol Solo – Ngawi seksi I – Colomadu Karanganyar Jawa Tengah
2. Pembangunan Ramp on/off Flyover Amplas Medan
3. Pembangunan Jalan Gerung Mataram NTB
4. Pusat Konservasi Sanctuary Hiu Paus Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua
5. Pembangunan gedung perkuliahan IAIN Salatiga jawa Tengah
6. Pembangunan Jalur Kereta Double Track Selatan Jawa Cirebon-Kroya-Solo-Madiun-Jombang
7. Asrama haji Makassar
8. Jembatan Youtefa (Holtekamp) - Papua
9. UIN Sunan Gunung Jati Bandung
10. Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur
11. Double-Doule Track KA Manggarai -Cikarang
12. Terowongan KA Notog - Banyumas

Kamu tertarik membantu pemerintah siapkan modal untuk membiayai proyek infrastruktur yang banyak manfaatnya untuk rakyat? Segera bersiap agar ketika masa penawaran SR019 di buka, Kamu bisa langsung membelinya di Bareksa.​

Siap-siap Beli SR019 di Sini

Apa Itu Sukuk Ritel?

SR atau Sukuk Ritel adalah satu jenis SBN Ritel dengan sifat tradable alias bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Karena bersifat tradable, investor tidak harus memegang instrumen investasi ini hingga jatuh tempo. Sebab, Sukuk Ritel bisa dijual di pasar sekunder.

Sukuk Ritel dikelola sesuai dengan prinsip syariah atau juga disebut sebagai Surat Berharga Syariah Negara. Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan underlying asset sehingga jelas ada wujud fisik dari penggunaan dana ini.

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Selain itu, keuntungan atau imbal hasil Sukuk Ritel bersifat tetap (fixed rate) dalam bentuk persentase secara tahunan tetapi dibayar secara bulanan, keuntungan sukuk sesuai syariah seperti halnya uang sewa (ujrah) dan bukan sistem bunga yang riba.

Siap-siap Beli SR019 di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupunSurat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SR019? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Siap-siap Beli SR019 di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua