BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Selain Imbal Hasil ORI023 Pasti hingga 6,1%, Ini Keuntungan Investasi Obligasi Negara Ritel

Hanum Kusuma Dewi12 Juli 2023
Tags:
Selain Imbal Hasil ORI023 Pasti hingga 6,1%, Ini Keuntungan Investasi Obligasi Negara Ritel
Ilustrasi wanita investor senang usai melakukan pembelian ORI023 melalui smartphone. (shutterstock)

ORI023 dapat dibeli selama masa penawaran di mitra distribusi SBN Ritel yang salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Investor per orang atau ritel terus menyerbu Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023. Surat Berharga Negara yang 100% dijamin pemerintah ini memberikan imbal hasil tetap atau kupon fixed rate yang besarannya hingga 6,1% per tahun, lebih menarik daripada deposito. Di samping itu, ada sejumlah keuntungan lain bagi investor pembeli SBN Ritel bersifat tradable (bisa diperdagangankan) ini.

Berbeda dengan seri ORI001 hingga ORI0022, pemerintah menerbitkan ORI023 dalam pilihan 2 tenor investasi, yakni tenor 3 tahun atau ORI023-T3 dan tenor 6 tahun atau ORI023-T6. Maka, imbal hasilnya juga terdiri dari dua pilihan.

ORI023 menawarkan kupon atau imbal hasil tetap 5,9% per tahun untuk tenor 3 tahun atau ORI023T3, dan 6,1% per tahun untuk ORI023 tenor 6 tahun atau ORI023T6. Setelah dipotong pajak, imbal hasil bersih ORI023 tenor 3 tahun masih 5,31% dan ORI023 tenor 6 tahun masih 5,49%. Besaran imbalan bersih ORI023 itu jauh lebih menarik dari bunga bersih deposito. Imbal hasil ORI023 hanya dipotong pajak 10%, sementara bunga deposito kena pajak 20%.

Promo Terbaru di Bareksa

Imbal hasil ORI023 dibayar rutin secara bulanan dan langsung ditransfer ke rekening investor. Sehingga, ini bisa menjadi penghasilan pasif (passive income) buat para investor.

ORI023 bisa dibeli dengan nilai investasi minimal Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta. Maksimal pembelian ORI023-T3 sebesar Rp5 miliar dan maksimal pembelian ORI023-T6 sebesar Rp10 miliar. Sehingga total maksimal investasi satu investor hingga Rp 15 miliar.

Baca juga: Imbal Hasil ORI023 Pertama Disebut Long Coupon, Berapa Nilainya?

Seandainya kamu ingin memaksimalkan investasimu dengan investasi Rp5 miliar di ORI023 tenor 3 tahun dan Rp10 miliar di ORI023 tenor 6 tahun, maka Kementerian Keuangan akan mentransfer passive income senilai Rp67,87 juta per bulan.

Tak heran animo investor dalam memborong ORI023 sangat tinggi karena menawarkan imbal hasil menarik dan aman karena 100% dana pokok investasi dan imbal hasilnya dijamin negara.




Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Nilai pemesanan ORI023T3 hingga Rabu pagi (12/7/2023) pukul 06.00 WIB, tercatat sudah mencapai Rp11,18 triliun. Jika kamu berminat investasi di ORI023 tenor 3 tahun, segera lakukan pemesanan karena kuota hanya tersisa sekitar Rp2,81 triliun saja dari target Rp14 triliun.

Adapun nilai pemesanan ORI023 tenor 6 tahun atau ORI023T6 telah mencapai Rp4,88 triliun, atau sisa kuota pemesanan tinggal sekitar Rp1,11 triliun dari targetnya Rp6 triliun.

ORI023 bisa jadi alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan bagi investor ritel. Instrumen investasi ini terbilang aman dan cocok untuk semua jenis investor, dari berbagai generasi. Sebab, risikonya sangat rendah atau nyaris tidak ada.

Beli ORI023, Klik di Sini

10 Keuntungan Investasi ORI

Tapi, apa saja keuntungan yang akan diperoleh investor jika berinvestasi di ORI? Menurut Kementerian Keuangan dalam Memorandum Informasi ORI023, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI023:

Pertama, pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo

Keempat, kupon dibayar setiap bulan

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan transaksi pembelian melalui sistem elektronik

Keenam, dapat diperdagangkan di pasar sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem electronic trading platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di pasar sekunder dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Ayo segera investasi ORI023 di mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

Beli ORI023 Klik Di Sini​​

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Kamu juga dapat memantau investasimu dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua