BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Konser Coldplay Usung Misi Ramah Lingkungan, Green Sukuk ST010 Juga Loh

Abdul Malik11 Mei 2023
Tags:
Konser Coldplay Usung Misi Ramah Lingkungan, Green Sukuk ST010 Juga Loh
Vokalis Chris Martin (kanan) bersama teman-temannya di band Coldplay, saat manggung di acara the inaugural iHeartRadio Music Festival, Las Vegas, AS. (Shutterstock)

Hasil dari penjualan Green Sukuk Ritel ST010 akan digunakan untuk membiayai proyek ramah lingkungan di lima sektor

Bareksa.com - Grup band asal Inggris, Coldplay resmi mengumumkan jadwal konsernya di Jakarta. Chris Martin dkk akan tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 15 November 2023.

Jadwal konser Coldplay di Jakarta merupakan bagian dari tur dunia mereka yang bertajuk Music of the Spheres World Tour 2023. Dalam tur dunia kali ini, Coldplay mengusung konser ramah lingkungan dengan menerapkan konsep inklusifitas dan keberlanjutan.

Dilansir Kompas.com (10/5/2023), dalam konsep keberlanjutan, Coldplay menginginkan agar tur dunianya, termasuk di Jakarta ini, sebisa mungkin menggunakan teknologi hijau dan ramah lingkungan.

Promo Terbaru di Bareksa

Beberapa cara yang akan diterapkan Coldplay untuk merealisasikan konser ramah lingkungan di antaranya dengan mengurangi karbon dioksida. Coldplay berjanji untuk mengurangi emisi tur dunia lebih dari 50% dari tur mereka sebelumnya pada 2016-2017. Coldplay akan memasang panel surya di setiap tempat konser.

Mereka bekerja sama dengan mitranya yang menyediakan solar yang diproduksi dari bahan baku terbarukan, terutama limbah dan residu seperti minyak goreng bekas. Solar ini akan dipakai sebagai bahan bakar generator dan transportasi truk untuk keperluan tur mereka. Coldplay akan membawa baterai yang dapat diisi ulang di tur mereka.

Beli ST010 di Sini

Band ini juga akan memasang lantai kinetik dan sepeda kayuh listrik di lokasi tertentu di sekitar tempat konser. Sehingga para penggemar yang berdansa atau mengayuh sepeda di tempat yang disediakan dapat menjadi sumber energi listrik.

Coldplay juga berjanji sebagian besar dari tur dunia kali ini, mereka akan menggunakan penerbangan komersial. Akan tetapi, di beberapa lokasi mereka tetap menggunakan penerbangan carter untuk para personel, kru dan peralatan. Mereka akan membayar biaya tambahan untuk menggunakan atau memasok Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF).

Coldplay berjanji memberikan diskon harga tiket bagi fans dengan keluaran karbon terendah dalam perjalanan yang datang ke konser mereka. Gelang LED yang dipakai penonton di konser 100% dari bahan nabati yang bisa dikomposkan. Mereka juga akan mengurangi produksi gelang hingga 80% dengan cara mengumpulkan, mensterilkan dan mengisi ulang, usai setiap pertunjukan.

Dalam tur dunia Music of the Spheres World Tour 2023 kali ini, Coldplay meminta promotor memperkenalkan aerator, toilet pembilasan rendah dan pengurangan tekanan air untuk mengurangi pemborosan air. Stasiun isi ulang air untuk para penggemar juga akan disediakan sedapat mungkin.

Jika Coldplay menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam konsernya, bagaimana dengan Kamu?

Beli ST010 di Sini

Investasi Berwawasan Pelestarian Lingkungan

Kamu juga bisa membantu misi pelestarian lingkungan dengan cara berinvestasi di instrumen yang mengusung tema berkelanjutan, salah satunya Sukuk Tabungan. Pemerintah segera menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang juga berwawasan pelestarian lingkungan yakni Green Sukuk Ritel ST010.

Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu warga negara indonesia, sebagai investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Sukuk Tabungan bisa dibeli secara online dan merupakan salah satu alternatif investasi yang relatif bebas risiko gagal bayar.

Jaminan keamanan ST itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara, termasuk dalam pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara.

Hasil dari penjualan Green Sukuk Ritel ST010 akan digunakan untuk membiayai proyek ramah lingkungan di lima sektor yakni energi terbarukan, pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, efisiensi energi, ekowisata (green tourism) dan ketahanan terhadap perubahan iklim untuk daerah yang sangat rentan dan sektor/pengurangan risiko bencana.

Pemerintah berencana menerbitkan ST010 dalam 2 tenor, yakni 2 tahun atau ST010T2 dan ST010 tenor 4 tahun atau ST010T4. Kementerian Keuangan mengumumkan imbal hasil Sukuk Tabungan ST010 tenor 2 tahun atau ST010T2 sebesar 6,25% dan ST010 tenor 4 tahun atau Green Sukuk Ritel ST010T4 sebesar 6,4%. Besaran kupon itu cukup menarik di tengah gejolak pasar modal saat ini.

Beli ST010 di Sini

Tertarik investasi? Simak jadwal lengkap penerbitan ST010 berikut:

Jadwal Lengkap Penerbitan ST010T2 atau ST010 Tenor 2 Tahun

Illustration

Sumber : Kemenkeu

Jadwal Lengkap Penerbitan ST010T4 atau ST010 Tenor 4 Tahun

Illustration

Sumber : Kemenkeu​

Beberapa hal dan tanggal-tanggal penting dalam investasi di ST010 ialah :

1. Pengumuman penetapan kupon atau imbal hasil ST010 pada tanggal 10 Mei 2023
2. Masa Penawaran ST010 pada 12 Mei - 7 Juni 2023
3. Minimal investasi ST010 Tenor 2 tahun Rp1 juta dan maksimal Rp5 miliar, minimal investasi ST010 tenor 4 tahun Rp1 juta dan maksimal Rp10 miliar
4. Penetapan hasil penjualan 12 Juni 2023
5. Setelmen 14 Juni 2023
6. Periode early redemption ST010 tenor 2 tahun pada 24 Mei - 3 Juni 2024 dan ST010 tenor 4 tahun pada 26 Mei - 3 Juni 2025
7. Pembayaran imbal hasil pertama ST010 pada 10 Juli 2023 (short coupon)
8. Jatuh tempo 10 Juni 2025 untuk ST010T2 dan 10 Juni 2027 untuk ST010T4

Jika sudah mencatat tanggal-tanggal pentingnya, yuk siap-siap berinvestasi di salah satu mitra distribusi SBN Ritel terbaik, Bareksa.

Beli ST010 di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di ST010? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tidak kehabisan kuota pemesanan.

Beli ST010 di Sini


(AM)​

***
Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua