BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Sukuk Tabungan ST010 Segera Ditawarkan, Investasi SBN Ritel Aman dan Sesuai Syariah

Hanum Kusuma Dewi30 Maret 2023
Tags:
Sukuk Tabungan ST010 Segera Ditawarkan, Investasi SBN Ritel Aman dan Sesuai Syariah
Ilustrasi dua Muslimah investor yang berinvestasi di reksadana syariah, emas dan SBN Ritel syariah. Mereka sedang menantikan jadwal penawaran Sukuk Tabungan ST010. (Shutterstock)

Segera daftar akun SBN Ritel di Bareksa untuk memesan Sukuk Tabungan ST010 saat penawaran dibuka

Bareksa.com - Pemerintah akan kembali membuka kesempatan bagi semua Warga Negara Indonesia/WNI untuk mendapatkan cuan atau keuntungan sekaligus bantu membiayai pembangunan nasional dengan investasi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Tabungan (ST) seri terbaru ST010. Tertarik untuk memiliki investasi syariah yang 100% dijamin negara? Segera daftar akun SBN Ritel di Bareksa agar bisa segera memesan ST010 saat penawaran dimulai nanti.

Apa itu Sukuk Tabungan?

Adapun Sukuk Tabungan adalah satu jenis Surat Berharga Negara untuk masyarakat individu yang dikelola dengan prinsip syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sukuk adalah penyertaan terhadap aset negara dan investor mendapatkan keuntungan berupa imbal hasil per bulan hingga jatuh tempo.

SBN Ritel termasuk Sukuk Tabungan ST010, cocok dipilih oleh semua investor baik dengan profil risiko konservatif, moderat, dan agresif. Salah satu alasannya dan yang paling utama, SBN Ritel termasuk Sukuk Ritel, diterbitkan sekaligus dijamin 100% oleh Negara. Makanya Sukuk Tabungan seri ST010, dapat kamu pertimbangkan untuk diversifikasi aset.

Promo Terbaru di Bareksa

Bagi investor yang memegang prinsip-prinsip Islami, Sukuk Tabungan bisa menjadi pilihan karena bebas dari unsur riba (bunga), maysir (judi) dan gharar (ketidakpastian). Segala informasi tentang struktur, keuntungan, dan tanggal jatuh tempo sukuk dapat dibaca dalam memorandum informasi yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan.

Penawaran Ketiga SBN Ritel 2023

Penerbitan ST010 merupakan salah satu seri dari tujuh seri SBN Ritel yang akan diterbitkan pemerintah di tahun ini. Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR012.

Pada penerbitan SBR012, pemerintah menerapkan pola baru dalam penerbitan SBN Ritel yakni terdiri dari dua pilihan jangka waktu, yakni tenor 2 tahun bernama SBR012-T2 atau SBR012T02 dan tenor 4 tahun bernama SBR012-T4 atau SBR012T04. Masa penawaran dua seri SBR012 telah berlangsung pada 19 Januari hingga 9 Februari 2023.

Kementerian Keuangan menyampaikan bahwa penjualan SBR012 mencapai Rp22,18 triliun. Jumlah tersebut dengan rincian tenor 2 tahun sebesar Rp16,73 triliun dan tenor 4 tahun sebesar Rp5,54 triliun.

Menyusul pola SBR012, pemerintah juga menerapkan dua tenor dalam penerbitan Sukuk Negara Ritel seri SR018. Iya, berbeda dari Sukuk Ritel seri SR001 hingga SR017, pemerintah menerbitkan seri SR018 dalam satu masa penawaran dengan dua pilihan tenor (jangka waktu invetasi) berbeda yakni tenor 3 tahun SR018-T3 dan tenor 5 tahun SR018-T5.

Adapun SR018 nilai penjualannya pada Rabu 29/3/2023 per pukul 8.50 WIB, tercaatat sebesar Rp21,18 triliun. Jumlah tersebut dengan rincian tenor 3 tahun sebesar Rp16,69 triliun dan tenor 5 tahun sebesar Rp4,49 triliun.

Kementerian Keuangan menyampaikan diterbitkannya SBN Ritel dalam dua tenor waktu berbeda dalam satu seri, agar masyarakat yang menjadi investor ritel SBN Ritel memiliki lebih banyak pilihan dalam berinvestasi. Pemerintah juga berharap, dengan adanya dua tenor dalam satu seri SBN Ritel dapat mendorong lebih banyak porsi kepemilikan investor lokal ke depannya.

Daftar untuk Beli SBN Ritel, Klik di Sini


ST010 Terbit Mei 2023

Menurut jadwal penerbitan SBN Ritel online dari DJPPR Kemenkeu, SBN Ritel yang akan terbit setelah SR018 adalah Sukuk Tabungan (ST) seri ST010. Rencananya, pemerintah akan membuka masa penawaran ST010 pada 5-24 Mei 2023.

Sebagai informasi, Sukuk Tabungan adalah salah satu produk investasi syariah yang diterbitkan oleh pemerintah. Disebut juga sebagai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Sukuk Tabungan biasanya memiliki jangka waktu 2 tahun.

Meski tidak bisa dijual sebelum jatuh tempo, Sukuk Tabungan bisa dicairkan awal karena memiliki fasilitas early redemption.

Jadwal Penerbitan seri SBN Ritel 2023 (Tentatif)

Illustration

Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Buka Akun SBN Ritel Sekarang

Keuntungan Investasi di Sukuk Tabungan

Sukuk Tabungan bisa menjadi alternatif investasi bagi masyarakat karena menawarkan imbal hasil. Keuntungan atau imbal hasil yang diberikan adalah berupa uang sewa (ujrah) dengan persentase tertentu sesuai dengan prinsip syariah Islam yang tidak mengandung unsur riba.

Imbal hasil Sukuk Tabungan ini juga akan dibayarkan secara rutin tiap bulan dan nilai pokok modal kita akan dibayarkan pada saat jatuh tempo yakni setelah dua tahun. Sebagai gambaran, pada ST009 yang diterbitkan di 11-30 November 2022, pemerintah menetapkan imbalan ST008 memiliki imbalan mengambang dengan batasan minimal (floating with floor) 6,15% per tahun dan mengacu pada BI 7-Day Reverse Repo Rate.

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Dengan menjadi investor Sukuk Tabungan, maka kamu tidak perlu khawatir uang akan hilang setelah jatuh tempo. Sebab pembayaran uang pokok dan imbal hasil bulanan dijamin 100% oleh negara. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Selain itu, investor Sukuk Tabungan tidak hanya mendapatkan cuan dari imbal hasil, tapi juga turut membiayai pembangunan nasional khususnya proyek ramah lingkungan. Siap investasi di ST010? Daftar akun SBN Ritel di Bareksa sekarang.

Klik untuk Investasi SBN Ritel

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Daftar untuk Beli Sukuk Tabungan di Sini

​​

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua