BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Apa Sih Keuntungan Investasi SBN Ritel di Bareksa?

Abdul Malik05 Desember 2022
Tags:
Apa Sih Keuntungan Investasi SBN Ritel di Bareksa?
Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena berhasil mencapai target investasinya karena berinvestasi di SBN Ritel, reksadana dan emas di Bareksa. (Shutterstock)

SBN Ritel jadi semakin populer dan hampir setiap seri penerbitannya selalu diserbu investor

Bareksa.com - Surat Berharga Negara (SBN) Ritel kini semakin digemari masyarakat untuk berinvestasi. Hal ini terbukti hampir setiap seri SBN Ritel yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan, selalu diserbu investor.

Apalagi untuk seri terakhir di 2022, yakni Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) seri ST009. Kuota nasional pemesanan ST009 yang senilai Rp10 triliun ludes terjual, sebelum penutupan masa penawaran. Bahkan saking tingginya animo investor, Kemenkeu terpaksa membatasi kuota pemesanan ST009 per hari jadi hanya Rp400 miliar, Rp200 miliar dan terakhir hanya Rp100 miliar.

Tingginya minat masyarakat terhadap SBN Ritel bisa dimaklumi. Sebab, instrumen investasi ini menawarkan cuan menarik, di mana imbal hasilnya selalu di atas rata-rata bunga deposito perbankan. Selain aman karena 100% dijamin oleh negara, pajak imbal hasilnya juga hanya 10%, jauh lebih kecil dari pajak bunga deposito 20%.

Promo Terbaru di Bareksa

Selain itu, dengan berinvestasi di SBN Ritel, maka masyarakat berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara. Sebab dana hasil penjualan SBN Ritel jadi bagian dari pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), salah satunya untuk pembangunan infrastruktur negara.

Makanya jangan kaget, kalau nantinya akan ada anggapan di kalangan investor generasi milenial dan gen Z, bahwa Kamu nggak keren kalau nggak investasi di SBN!

Nilai investasinya yang sangat terjangkau, yakni mulai Rp1 juta, membuat SBN Ritel jadi semakin populer di kalangan masyarakat investor ritel. Perlu diketahui, saat ini ada beberapa macam SBN Ritel yang ditawarkan kepada masyarakat umum, baik itu jenis konvensional maupun syariah. Di antaranya Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST). ​

Lantas di mana sih bisa berinvestasi di SBN Ritel? Instrumen ini bisa dibeli hanya selama masa penawaran di mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa. Memang apa untungnya berinvestasi SBN Ritel di Bareksa?

Investasi Sekarang

Keuntungan Investasi SBN Ritel di Bareksa

Ada beberapa alasan mengapa harus investasi SBN Ritel di Bareksa, yakni :

1. Cukup Mager dan Rebahan Saja, Kamu Jadi Keren Karena Investasi di SBN

Bareksa, merupakan platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan menjadi salah satu mitra distribusi resmi penjualan SBN Ritel sejak 2019.

Hal ini tertera dalam Perjanjian Kerja dengan Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI tentang Penjualan SUN Ritel di Pasar Perdana Domestik No. PRJ-206/PR/2018 tanggal 9 Mei 2018 dan tentang Penjualan Surat Berharga Syariah Negara Ritel di Pasar Perdana Domestik No. PRJ-583/PR/2018 tanggal 17 Oktober 2018.

Berinvestasi di SBN Ritel di Bareksa mudah dan praktis, serta semua bisa dilakukan secara online. Selain menyediakan proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Smart Investor juga dapat memantau investasinya dari mana saja dan kapan saja melalui aplikasi Bareksa di smartphone.

Karena itu, Kamu cukup mager dan rebahan saja di rumah, sambil berinvestasi SBN Ritel di Bareksa. Nanti Tim Bareksa yang akan mengurus seluruh proses investasimu.

Investasi Sekarang

2. Bareksa Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Sebagai mitra distribusi resmi SBN Ritel,Bareksa telah mengantongi sejumlah penghargaan, di antaranya :

Pertama, Mitra Distribusi SBN Terbaik Kategori Non-Bank 2019
Kedua, Mitra Distribusi SBSN Terbaik Kategori Non-Bank 2019
Ketiga, Mitra Distribusi SBSN Terbaik Kategori Non-Bank 2020
Keempat, Mitra Distribusi SUN Ritel Terbaik 2020
Kelima, Mitra Distribusi SBSN Ritel Fintech Terbaik 2021

Dengan mengantongi sejumlah penghargaan inilah, tak heran jika Bareksa dinilai sebagai salah satu mitra distribusi SBN Ritel terbaik di Tanah Air.

Baca juga : 3 Tahun Berturut, Bareksa Raih Penghargaan Mitra Distribusi SBN Terbaik dari Kemenkeu RI

3. Aman Karena Dana Investasimu Disimpan di Kas Negara

Saat Kamu berinvestasi SBN Ritel di Bareksa, tentu Kamu pengen tahu dong nasib danamu. Jangan khawatir, sebagai mitra distribusi SBN Ritel, Bareksa tidak menyimpan dana investor. Juga jangan cemas, dana investasimu di SBN Ritel tidak disimpan di rekening perusahaan, atau bahkan rekening pribadi.

Kamu bisa tenang, sebab dana pembayaran atas pemesanan pembelian SBN Ritel yang telah selesai dan berstatus lengkap (completed order) yang dilakukan oleh investor, kemudian dananya masuk ke Rekening Kas Umum Negara. Aturan ini tercantum dalam setiap memorandum informasi atau biasa disebut info memo di setiap penerbitan seri SBN Ritel.

Sebagai investor yang sangat peduli dengan keamanan danamu, Kamu perlu baca info memo di setiap penerbitan SBN Ritel ya. Info memo ini bisa Kamu unduh di website resmi Kementerian Keuangan yakni https://www.kemenkeu.go.id/, atau pengumuman-pengumuman melalui laman resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu yakni https://www.djppr.kemenkeu.go.id/.

4. Ada Banyak Promo dan Hadiah di Bareksa

Berinvestasi meraih double cuan siapa sih yang nggak mau? Dengan berinvestasi di Bareksa, Kamu tidak hanya mendapatkan cuan dari imbal hasil SBN Ritel yang dibayarkan langsung ke rekeningmu setiap bulan. Namun Kamu juga berpeluang meraih banyak hadiah.

Misalnya untuk penawaran ST009.Bareksa menyediakan beragam promo berhadiah voucher reksadana senilai Rp50.000, Rp500.000 hingga Rp2 juta, smart TV, laptop, serta iPhone. Dengan beragam hadiah tersebut, tentu semakin membuat Kamu bersemangat dalam berinvestasi di SBN Ritel.

Yang tak kalah penting adalah dengan berinvestasi di SBN Ritel, ibaratnya Kamu memiliki pendapatan pasif (passive income) loh. Sebab imbal hasil SBN Ritel tersebut nantinya akan langsung ditransfer ke rekeningmu, tanpa kamu perlu repot-repot untuk mencairkannya. Setelah jatuh tempo, dana pokok investasimu di SBN Ritel juga langsung ditransfer ke rekening dan Kamu juga nggak perlu repot-repot mencairkannya.

Menarik bukan? Yuk segera rencanakan dan capai target keuanganmu di masa depan dengan berinvestasi di Bareksa!

(AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua