BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Early Redemption ST008 Investor Bisa Cairkan Awal Investasi, Fasilitas Ini Ada Juga di ST009

Hanum Kusuma Dewi28 Oktober 2022
Tags:
Early Redemption ST008 Investor Bisa Cairkan Awal Investasi, Fasilitas Ini Ada Juga di ST009
Ilustrasi investor wanita memegang handphone untuk menggunakan fasilitas early redemption ST008. (shutterstock)

Masa early redemption ST008 dimulai pada 26 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB hingga 4 November, pukul 10.00 WIB

Bareksa.com - Pemerintah pada Rabu (26/10/2022) membuka masa pengajuan fasilitas early redemption Sukuk Tabungan seri ST008 yang berlangsung selama 10 hari, atau hingga 4 November, pukul 10.00 WIB. Early redemption adalah pencairan awal sebelum jatuh tempo sebagian nilai investasi di SBN ritel, termasuk sukuk yang dikelola secara syariah ini.

Sukuk Tabungan memiliki tenor 2 tahun dan untuk ST008 akan jatuh tempo pada 10 November 2023. Kementerian Keuangan menyebutkan, fasilitas early redemption dapat digunakan oleh semua investor ST008 yang memenuhi persyaratan.

Adapun persyaratan untuk menggunakan fasilitas early redemption yang dibuat Kementerian Keuangan, yaitu:

Pertama, minimal pembelian Rp2 juta.
Kedua, nilai yang dapat dicairkan minimal Rp1 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan investor.
Ketiga, nominal yang diajukan Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta.
Keempat, ST008 telah dimiliki selama 12 bulan.
Kelima, investor mengajukan pencairan awal di platform mitra distribusi (misalnya Bareksa) pada periode 26 Oktober 2022 pukul 9:00 WIB sampai 4 November 2022 pukul 10:00 WIB.

Untuk kamu investor ST008 yang memenuhi persyaratan fasilitas early redemption, maka akan menerima pembayaran atau setelmen early redemption pada 10 November 2022, langsung di rekening terdaftar. Fasilitas early redemption tidak dikenakan biaya (redemption cost) oleh pemerintah.

Kemudian, bagi yang memanfaatkan fasilitas early redemption, imbal hasil atau kupon yang diterima setelah pencairan awal ini akan disesuaikan dengan nilai ST008 yang tersisa dalam portofolio investor. ST008 memiliki imbalan mengambang dengan batas minimal (floating with floor) 4,8% per tahun yang diperoleh dari BI 7 Day Reverse Repo Rate (3,5%) + spread 130 bps (1,3%).

Namun, karena ada kenaikan suku bunga acuan BI, kupon atau imbal hasil ST008 juga akan disesuaikan. Sebab sifat kupon floating with floor adalah bisa naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal.

Baca juga Bunga Acuan BI Jadi 4,75% Oktober 2022, Kapan Kupon SBR dan ST Ikut Naik?

Sukuk Tabungan termasuk ST008 maupun yang akan terbit yakni ST009, sangat cocok bagi investor pemula atau investor ritel. Sebagai gambaran, modal awal untuk membeli ST008 sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit).

Investasi di Surat Berharga Negara (SBN) atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sangat aman, karena modal dan imbal hasil dijamin 100% oleh negara.

Masa Penawaran ST009

Fasilitas early redemption ST008 dapat investor manfaatkan jika membutuhkan dana segar untuk sejumlah keperluan. Kalau kamu belum punya investasi di Sukuk Tabungan, kamu bisa memesan SBN Ritel seri lainnya yang akan terbit tahun ini yakni ST009. SBN Ritel ini juga akan memiliki fasilitas pencairan awal.

Pemerintah masih memiliki agenda menerbitkan satu lagi SBN Ritel di 2022, yakni Sukuk Tabungan seri ST009 yang rencananya dirilis pada November 2022. Seperti halnya penerbitan SBN Ritel seri sebelumnya, ST009 hanya dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung di mitra distribusi SBN Ritel resmi yang ditunjuk oleh Kemenkeu, salah satunya Bareksa.

Sukuk Tabungan termasuk ST009, bisa dipertimbangkan untuk dipilih oleh semua investor bahkan oleh kamu yang masih investor pemula sekalipun yang membutuhkan jaminan keamanan sekaligus cuan dalam berinvestasi. Tunggu masa penawaran ST009 dimulai dan lakukan investasi di Bareksa ya.

Baca juga Para Pejuang Cuan Pasti Tak Sabar Nunggu ST009, Ini Prediksi Imbal Hasilnya

(Martina Priyanti/hm)

***


Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua