BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Hari Ini Masa Penawaran Sukuk Ritel SR017 Ditutup, Nilai Pemesanan Dekati Rp27 Triliun

Hanum Kusuma Dewi14 September 2022
Tags:
Hari Ini Masa Penawaran Sukuk Ritel SR017 Ditutup, Nilai Pemesanan Dekati Rp27 Triliun

Masa penawaran SR017 telah berlangsung sejak 19 Agustus dan akan ditutup Rabu (14/9/2022) pada pukul 10.00 WIB

Bareksa.com - Hari ini, Rabu (14/9/2022) pada pukul 10.00 WIB pemerintah akan menutup masa penawaran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 yang telah dipasarkan sejak 19 Agustus 2022. Penjualan SR017 hingga mendekati penutupan ini jauh melebihi target awal penerbitan SR017 yang hanya dipatok Rp10 triliun.

Menurut data di mitra distribusi SBN Ritel, nilai penjualan SR017 per pukul 08.10 WIB hari ini, Rabu (14/9/2022), tercatat Rp26,84 triliun, atau tersisa sekitar Rp156,31 miliar lagi dari target terakhir penerbitan SR017 sebesar Rp27 triliun.

SR017 adalah jenis obligasi syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang bersifat tradable, alias bisa diperjualbelikan sebelum jatuh tempo di pasar sekunder.

Promo Terbaru di Bareksa

Imbal hasil (kupon) SR017 ditetapkan 5,9% fixed (tetap) per tahun (p.a) dengan minimum pembelian Rp1 juta dan maksimumnya Rp5 miliar per investor. SR017 dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel yang telah ditunjuk pemerintah, salah satunya Bareksa.

10 Keuntungan Investasi SR017

Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel seri SR017 yang diterbitkan pemerintah menyebutkan, ada 10 keuntungan berinvestasi SR017, yaitu :

Pertama, pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Ritel Seri SR017 telah dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan (Pasar Perdana) Imbalan/Kupon SR017 ditetapkan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/Kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Keempat, imbalan/Kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Pemesanan Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform) dan Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Ketujuh, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal SR017 dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kedelapan, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesembilan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesepuluh, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Promo Investasi SR017 di Bareksa

Bagi Smart Investor yang berinvestasi SR017 di Bareksa, ada hadiah berupa voucher reksadana senilai Rp200.000 untuk 10 orang investor dengan nominal pembelian SR017 terbesar dan ada juga voucher reksadana Rp50.000 untuk 50 orang investor tercepat. Caranya mudah, hanya cukup beli SR017 di Bareksa minimal Rp1 juta dengan kode promo LASTSR17. Simak syarat dan ketentuan promonya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Last Week Deals SR017

1. Periode promo 31 Agustus - 14 September 2022
2. Pembelian berlaku untuk produk SBSN seri SR017 dengan memasukkan kode promo LASTSR17
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Pembeli dengan pembelian tercepat atau paling besar berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada 13 Oktober 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Promo berlaku selama masa penawaran SR017 dan kuota nasional masih tersedia. Makanya, Pesan SR017 di Bareksa sekarang.

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua