Berita / SBN / Artikel

Kemenkeu Tetapkan Imbal Hasil SBN Ritel SR017 5,9% Fixed per Tahun, Ayo Borong!

Besaran imbal hasil SR017 merupakan yang terbesar dibandingkan SBN Ritel seri sebelumnya sepanjang tahun ini
Abdul Malik • 16 Aug 2022
cover

Ilustrasi Muslimah investor dan bukan umat Muslim yang gembira karena meraih cuan dari investasinya di SBN Ritel seri SR017. (Shutterstock)

Bareksa.com - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menetapkan imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 sebesar 5,9% bersifat tetap (fixed) per tahun.SBN Ritel jenis syariah ini ditawarkan pada 19 Agustus - 14 September 2022 dengan jatuh tempo pada 10 September 2025. 

Imbalan (kupon) SR017 yang jatuh tempo tanggal 10 September 2025 telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko yaitu 5,9% fixed per annum,” demikian pengumuman DJPPR Kemenkeu kepada mitra distribusi (16/8/2022). 

Baca juga : 3 Hari Lagi SBN Ritel Seri SR017 Terbit, Untuk Apa Dana Hasil Penerbitan Sukuk?

Besaran imbal hasil SBN Ritel seri keempat dan Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN) Ritel seri kedua di 2022 itu merupakan yang terbesar dibandingkan SBN Ritel seri sebelumnya sepanjang tahun ini. SBN Ritel seri sebelumnya yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 yang ditawarkan pada 24 Januari - 17 Februari 2022 menawarkan kupon 4,9% bersifat fixed per tahun,. 

Kemudian Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 yang ditawarkan pada 25 Februari - 17 Maret 2022 memberikan imbalan 4,95% fixed per tahun. Serta Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011 yang dijual pada 25 Mei - 16 Juni 2022 menawarkan imbal hasil 5,5% bersifat mengambang dengan batas minimal (floating with floor) per tahun. 

Imbal hasil SR017 tersebut juga jauh di atas deposito bank-bank besar nasional yang saat ini rata-rata menawarkan bunga 2,5% (Pusat Data Kontan). Setelah dipotong pajak 10%, imbal hasil bersih SR017 masih 5,31% per tahun. Adapun rata-rata bunga deposito setelah dipotong pajak 20%, imbalannya rata-rata hanya 2% per tahun. 

Imbalan SR017 yang lebih tinggi dari seri sebelumnya, seiring tren kenaikan suku bunga acuan bank sentral negara-negara di dunia, akibat lonjakan inflasi. Dengan demikian, imbal hasil SR017 mengantisipasi potensi kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang saat ini di level 3,5%. Dibandingkan suku bunga BI saat ini, SR017 memiliki selisih (spread) imbal hasil 2,4%. 

Lihat juga : Catat! Ini Jadwal Penawaran hingga Kupon Pertama Sukuk Ritel SR017

Dengan imbal hasil 5,9% per tahun, maka SBN Ritel seri SR017 sangat menarik untuk dijadikan instrumen investasi di tengah gejolak pasar saat ini. Instrumen investasi yang menggunakan prinsip syariah ini tak hanya cocok buat Smart Investor dengan profil risiko konservatif karena aman 100% dijamin negara, melainkan juga Smart Investor dengan profil risiko moderat dan agresif sebagai diversifikasi investasi. 

Dengan kata lain, SR017 bisa menjadi instrumen investasi sejuta umat. Sebab tidak hanya cocok bagi investor umat Muslim yang ingin berinvestasi sesuai syariah, melainkan juga buat investor selain umat Muslim, karena imbal hasilnya menarik.  Keuntungan lainnya, SR017 merupakan instrumen investasi yang bersifat bisa diperdagangkan (tradable). Sehingga sewaktu-waktu Smart Investor membutuhkan dana untuk kebutuhan darurat, bisa menjualnya di pasar sekunder. 

Baca juga : Mau Investasi SR017? Kenali Istilah Terkait Sukuk Ritel dan SBN Ini

Smart Investor bisa berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli SR017. Sebab, dana hasil penjualan SR017 akan digunakan oleh pemerintah untuk membangun negara, terutama sejumlah proyek infrastruktur. Investor bisa memesan SR017 secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa, selama masa penawaran berlangsung. 

Agar tak ketinggalan berinvestasi di SR017, berikut jadwal lengkap penawaran hingga pembayaran kuponnya : 

Keterangan

Tanggal

Tanggal Penetapan Kupon

16 Agustus 2022

Launching

19 Agustus 2022

Masa Penawaran

19 Agustus - 14 September 2022

Penetapan

19 September 2022

Setelmen

21 September 2022

Kupon Pertama

10 Oktober 2022 (short coupon)

Minimum Holding Period (MPH)

Hingga 10 Desember 2022 (setelah Kupon ketiga)

Perdagangan di Pasar Sekunder

Mulai 11 Desember 2022 (setelah berakhirnya masa MPH)

Jatuh Tempo

10 September 2025

Sumber : DJPPR Kemenkeu

Apa Itu Sukuk Ritel?

Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu warga negara Indonesia, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Karakteristik Sukuk Ritel

- Untuk individu warga negara Indonesia
- Pengelolaan investasi dengan prinsip syariah
- Pemesanan mulai dari Rp1 juta
- Tenor 3 tahun
- Imbalan tetap dibayarkan setiap bulan
- Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik

Baca juga : SBN Ritel SR017 Sebentar Lagi Terbit, Berapa Nilai Minimal dan Maksimal Pembeliannya?

Kesesuaian Syariah Sukuk Ritel

Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional –Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad ijarah - asset to be leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Tak ingin ketinggalan meraih cuan dari investasi di SR017? Ayo segera daftar akun SBN di Bareksa dan serbu SR017. Apalagi berdasarkan pengalaman penjualan SBN Ritel seri-seri sebelumnya selalu laris terjual, karena itu Smart Investor jangan sampai ketinggalan ya. Ayo segera borong SR017 di Bareksa!

(AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara(SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.