Berita / SBN / Artikel

Begini Testimoni Asoka Investasi SBN dan SR016 di Bareksa

Investasi SR016 risikonya kecil dan imbal hasilnya menarik
Hanum Kusuma Dewi • 10 Mar 2022
cover

Bareksa Talk berjudul "Dapat passive income dari investasi di SR016" menampilkan Arif Wibawa - Kepala Kanwil DJPB Provinsi DIY, Bahal Anugrah P - Kepala Seksi Analisis Pasar Surat Berharga Syariah Negara, Asoka Remadja - Influencer/Content Creator, dan Ni Putu Kurniasari - Chief Operating Officer Bareksa.

Bareksa.com - Surat Berharga Negara (SBN) Ritel adalah instrumen investasi yang aman karena dijamin negara 100 persen. Imbal hasilnya juga menarik, bila dibandingkan dengan deposito bank, sehingga cocok bagi masyarakat awam dan investor pemula. 

Asoka Remadja Sungkharisma, content creator dan investment coach di Bareksa, menceritakan pengalamannya berinvestasi di SBN, termasuk jenis Sukuk Ritel melalui aplikasi Bareksa. 

Semenjak SBN ritel tersedia di aplikasi Bareksa, tutur Asoka, dia selalu tertarik untuk membelinya, termasuk seri terbaru Sukuk Ritel SR016. Sebab, instrumen investasi ini risikonya rendah dan imbal hasilnya menarik. 

"Kalau ada duit nganggur, selalu masuk SBN karena ini risikonya terendah, dibandingkan trading (saham). Dibandingkan deposito, imbal hasilnya lebih menarik," ujar Asoka dalam siaran live BareksaTalk di sosial media Bareksa, 9 Maret 2022. 

Di samping itu, investasi di SBN ritel secara tidak langsung ikut membangun negara, karena dana hasil penerbitan SBN ritel akan digunakan membiayai anggaran APBN. "Kita orang Indonesia, sayang Indonesia. Kalau punya uang, daripada dimasukin ke mana-mana ya mending bantu negara sendiri.”

Asoka juga menyebutkan fitur Sukuk Ritel yang disukainya adalah insentif pajak yang hanya 10 persen, lebih kecil dari pajak bunga deposito yang 20 persen. Selain itu, kupon atau imbal hasilnya yang dibayarkan langsung ke rekening investor setiap bulan, sama seperti passive income

"Tiap bulan ada kucuran dana masuk ke rekening, hahaha menyenangkan sekali," kata Asoka. 

Baca juga Kapan Kupon Imbalan Pertama Sukuk SR016 Dibayarkan? 

Sebagai informasi, Sukuk Ritel seri SR016 memberikan imbal hasil atau kupon sebesar 4,95 persen per tahun. Kupon atau imbalan SR016 ini dihitung per tahun, tetapi dibayar secara bulanan (dibagi rata 12 kali). 

Berikut cara menghitung kupon atau imbal hasil bersih SR016 per bulan.

Tabel Cara Hitung Kupon Bersih SR016 per Bulan

Keterangan

Cara Penghitungan

Nilai (Rupiah)

Nilai investasi


100.000.000

Kupon/tahun

100.000.000 x 4,95%

4.950.000

Kupon/bulan

4.950.000 : 12

412.500

Pajak/bulan

412.500 x 10%

41.250

Kupon bersih/bulan

412.500 - 41250

371.250


Sumber: Memorandum Informasi SR016 Kementerian Keuangan, diolah Bareksa

Seperti terlihat dalam tabel, bila investor membeli SR016 senilai Rp100 juta, imbal hasil atau kupon bersih per bulan adalah sebesar Rp371.250. Bila investor membeli SR016 Rp2 miliar atau nilai maksimum, maka imbalan bersih per bulan adalah Rp7,425 juta.

Baca juga Cara Dapat Passive Income Rp7,4 Juta per Bulan

"Tunggu apa lagi? Risiko rendah, imbalan menarik, cus beli SR016 di Bareksa," tutup Asoka. 

Masa penawaran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 hanya tersisa 8 hari lagi dan akan ditutup pada 17 Maret 2022. Smart investor yang ingin memiliki investasi aman dijamin negara bisa memesan SR016 secara online di Bareksa. 

Selama sepekan terakhir penawaran SR016 ini, smart investor Bareksa berkesempatan meraih voucher reksadana senilai Rp50.000 atau Rp100.000 bila memesan SR016 di Bareksa. Lihat Penawaran Sisa 8 Hari, Beli SR016 di Bareksa Raih Reksadana Rp100 Ribu

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Ritel SR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta, kupon bersifat tetap dan aman karena baik kupon maupun pokoknya dijamin oleh negara dan Undang-Undang.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan cuan, namun  juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SR016 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBSN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR016 bila masa penawaran telah dibuka. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa. 

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar sekarang di Bareksa agar bisa memesan SR016 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.

Baca juga Siap-siap! SR016 Segera Terbit, Ini Jadwal Penawaran dan Cara Daftarnya