Berita / SBN / Artikel

Ingin Investasi Aman dan Cuan? ORI021 Jawabannya

Kemenkeu berharap kelak Indonesia bisa seperti di Jepang, di mana Surat Utang Negara Pemerintah Negara Sakura itu mayoritas dibeli warganya sendiri
Bareksa • 26 Jan 2022
cover

Banner ORI021 Pilihan Berharga untuk Semangat Baru Kementerian Keuangan

Bareksa.com - Ingin investasi yang aman sekaligus dapat cuan? Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 wajib masuk daftar instrumen investasi yang harus Anda miliki.

"ORI021 cuan dan nyaman, aman dilindungi negara, berkontribusi pada negara. Ini pilihan diversifikasi portofolio," kata  Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan saat membawakan stand up comedy dalam peluncuran ORI021, Senin (24/1/2022).

Menurut Deni, ORI021 merupakan bagian dari Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang bisa dimiliki oleh semua investor, termasuk investor pemula yang ingin mencapai tujuan keuangan. Dia berpesan jika ingin mencapai tujuan keuangan, maka investor bisa bisa memperkuat pondasi investasinya dulu. 

Hal itu bisa dilakukan dengan investasi di instrumen yang rendah risiko seperti SBN Ritel, reksadana atau bahkan deposito. Jika pondasi ini sudah kuat, baru investor bisa merambah ke instrumen investasi berisiko seperti saham, obligasi bahkan kripto. 

"Perkuat dulu pertahanan, baru cari jenis investasi yang lebih berisiko. SBN itu defense, tidak mungkin rugi, ada pendapatan bulanan, bunga lebih tinggi dari inflasi dan deposito, dan tidak mungkin default," papar Deni.

Menyasar Milenial dan Z

Deni menyampaikan generasi milenial dan generasi Z merupakan bagian dari market yang disasar SBN Ritel termasuk ORI021.

Ia menjelaskan saat Kementerian Keuangan memperkenalkan eSBN, pemerintah melihat adanya transisi yakni jika sebelumnya saat SBN Ritel ditawarkan secara konvensional, terbanyak investasi ialah generasi baby boomers. Kemudian ketika beralih online berubah demografinya.

"Baby boomer biasanya dilayani, begitu pindah ke elektronik mereka bingung, drop, lalu naik milenial karena mereka tech savvy, sehingga pertumbuhan luar biasa cepat, sekarang hampir 40 persen generasi milenial. Lama kelamaan baby boomers adaptasi, mulai naik lagi, sehingga sekarang nominalnya boomers besar," papar Deni.

Deni menjelaskan pemerintah ingin penerbitan SBN Ritel bukan hanya untuk mengatasi defisit Anggaran Negara. "Tetapi juga meningkatkan literasi keuangan bagi milenial dan gen z. Seiring dengan bertambahnya usia dan penghasilan, alokasi untuk investasi besar," imbuhnya.

Ia berharap kelak Indonesia bisa seperti di Jepang, di mana Surat Utang Negara Pemerintah Negara Sakura itu mayoritas dibeli warganya sendiri. Ke depan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam berinvestasi, maka Indonesia akan makin mandiri dalam pembiayaan pembangunan.

Terkait ingin memperkuat pasar generasi milenial dan generasi Z, Kementerian Keuangan sejak tahun lalu mengubah-ubah style peluncuran SBN Ritel. Tujuannya agar penjelasan mengenai SBN Ritell lebih bisa diterima, termasuk yang dilakukan kemarin saat peluncuran ORI021dengan adanya stand up comedy.

Deni mengaku pada sebuah kesempatan saat bertemu dengan ASN muda Kementerian Keuangan ia berpesan, "Buat para jomblo, kalau investasi di Surat Berharga Negara, akan lebih berharga di mata mertua karena kalau keuangan negara aja dibantu, apalagi keluarga," ungkapnya. 

Tertarik investasi ORI021? Segera pesan ORI021 di Bareksa!

Investasi Sekarang

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI021 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.