Berita / SBN / Artikel

Ini Alasan ORI021 Bakal Laris Manis Diserbu Investor

Investor ritel masih terus mencari instrumen investasi dengan return optimal dan aman di tengah tren suku bunga yang masih cenderung rendah
Abdul Malik • 13 Jan 2022
cover

Ilustrasi dua perempuan investor sedang berdiskusi tentang potensi keuntungan dan batas nilai investasi di reksadana dan SBN Ritel, termasuk SBR, ST, SR dan ORI, yakni ORI020. (Shutterstock)

Bareksa.com - Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 menjadi Surat Berharga Negara atau SBN Ritel pertama yang akan diterbitkan pada tahun ini. ORI021 rencananya akan diterbitkan pada 24 Januari - 17 Februari 2022 dan dapat dipesan di Bareksa.

Senior Economist Samuel Sekuritas, Fikri C Permana mengatakan minat investor terhadap ORI021 akan tinggi seiring dengan tingkat likuditas yang optimal. Sebab, investor ritel masih terus mencari instrumen investasi dengan return optimal dan aman di tengah tren suku bunga yang masih cenderung rendah.

Di sisi lain keuntungan yang didapatkan investor dari ORI021 akan lebih menarik dibandingkan dengan deposito. Hal itu ditopang oleh penurunan pajak penghasilan (PPh) untuk imbal hasil obligasi bagi investor dalam negeri yang baru diberlakukan.

"Investasi di deposito memiliki imbal hasil sekitar 2,5 - 3,5 persen dan pajak 20 persen. Sementara itu, keuntungan investasi pada ORI021 hanya akan dipotong pajak 10 persen," kata Fikri dilansir Bisnis.com.

Kupon ORI021

Hanya saja, ia memperkirakan kupon yang akan ditawarkan pada ORI021 kemungkinan akan lebih rendah dibandingkan seri pendahulunya. Sebab seiring dengan menurunnya imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) tenor 3 tahun di kisaran 4,3 persen.

Menurut Fikri, kupon yang akan diberikan pemerintah pada ORI021 akan berada di kisaran 4,8 persen hingga 4,9 persen. Jika benar demikian, maka akan lebih kecil dibanding kupon seri ORI020 yang ditawarkan di 4,95 persen.

ORI021 Akan Laris

Fikri mengatakan semakin baiknya literasi masyarakat terhadap investasi di SBN Ritel, juga akan menjadi alasan lainnya serapan pada ORI021 akan optimal.

"Dengan kupon yang lebih rendah dari seri pendahulunya seperti ORI020 atau ORI19, saya prediksi jumlah penjualan ORI021 sekitar Rp15 triliun," ujarnya.

Head of Fixed Income Research Mandiri Sekuritas, Handy Yunianto menilai SBN Ritel yang dalam hal ini ORI021, masih akan dicari oleh masyarakat.

"Instrumen ritel ini (SBN Ritel, red) selalu menarik karena perbandingannya dengan suku bunga deposito yang trennya akan tetap rendah seiring dengan likuditas perbankan yang masih melimpah," ujar Handy.

Handy melanjutkan dengan tenor ORI yang pendek, investor ritel juga bisa memitigasi risiko penurunan harga obligasi lebih besar. Hal tersebut dapat terjadi jika nantinya Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan.

Sudah tak sabar segera investasi di ORI021? Siap-siap lakukan pemesanan segera ya di Bareksa begitu masa penawaran dimulai.

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Jadwal Lengkap Penerbitan SUN dan SBSN Ritel 2022

​(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel
seri berikutnya.