BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Siap-siap! ORI021 Segera Terbit di Januari 2022

Bareksa03 Januari 2022
Tags:
Siap-siap! ORI021 Segera Terbit di Januari 2022
Ilustrasi rencana jadwal penerbitan SBN ritel 2022 yang digambarkan dengan kalender Januari 2022. (Shutterstock)

Biar tidak ketinggalan dan kehabisan kuota pemesanan, smart investor harus segera mendaftar akun SBN Ritel di Bareksa ya

Bareksa.com- Mau investasi yang aman 100 persen dijamin negara sekaligus membantu pemerintah menyediakan dana untuk pembangunan nasional? Surat Berharga Negara atau SBN seri SBN Ritel, bisa smart investor pilih.

Pada 2022 atau tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Keuangan, berencana menerbitkan ​enam seri SBN Ritel. Enam seri itu terdiri dari dua seri Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR) yang merupakan jenis SBN Ritel yang bisa diperdagangkan (tradable), dan sisanya masing-masing 1 seri Savings Bond Ritel (SBR) serta Sukuk Tabungan (ST) yang bersifat tidak bisa diperdagangkan (non tradable).

SBN Ritel yang akan ditawarkan ​pertama kali pada 2022 adalah Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021. Menurut informasi dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan kepada para mitra distribusi di mana salah satunya Bareksa, kick off meetingORI021 akan dilakukan pada 13 Januari 2022. Rencananya, masa penawaran ORI021 akan dibuka pada 24 Januari hingga 17 Februari 2022. Tapi, jadwal pastinya akan segera diumumkan oleh Kementerian Keuangan.

Promo Terbaru di Bareksa

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Luky Alfirman dalam Media Briefing Strategi Pembiayaan APBN Tahun 2022 melalui Youtube Kementerian Keuangan, pada 13 Desember 2021, menyampaikan untuk penerbitan SBN Ritel tahun 2022, targetnya sekitar Rp100 triliun. Ia menyampaikan penerbitan semua SBN Ritel pada 2022, dengan tetap memperhatikan prinsip fleksibel, oportunistik dan prudent.

Fleksibel maksudnya sumber dan nominal pembiayaan bisa berubah untuk mencapai target. Adapun sifat oportunistik dimaksud, merealisasikan penerbitan lebih besar saat kondisi pasar memungkinkan. Sementara prudent menunjukkan sifat kehati-hatian dan memperhitungkan risiko.

Baca juga DJPPR Kemenkeu: Realisasi Penerbitan SBN Ritel 2021 Rp97,2 Triliun, Ini Rencana 2022

Daftar Akun SBN Ritel Sekarang

Bagi investor ritel yang tertarik untuk berinvestasi sekaligus membantu negara, ada baiknya mulai bersiap mendaftar akun ​SBN ritel di Bareksa. Pendaftaran sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar tidak perlu lama menunggu verifikasi saat penawaran SBN Ritel sudah dibuka.

Investor Bareksa yang pernah membeli ​SBN ritel di Bareksa sebelum Juni 2021, perlu melakukan pendaftaran atau registrasi ulang akun SBN Bareksa. Tujuannya, agar data investor lebih update dan kini investor bisa dengan mudah melakukan penjualan untuk seri yang bisa
diperdagangkan (tradable).

Registrasi ulang ini khusus untuk para investor yang pernah membeli SBN Ritel di Bareksa. Tujuannya, agar data investor lebih update dan kini investor bisa dengan mudah melakukan penjualan untuk seri yang bisa diperdagangkan (tradable).

Mengapa perlu melakukan registrasi ulang?

Bareksa melakukan kerja sama dengan Sekuritas selaku sub-registry untuk menunjang transaksi (jual-beli) SBN Ritel yang terdapat di Bareksa. Sebagai investor SBN Ritel di Bareksa, investor perlu melengkapi beberapa data yang dibutuhkan sebagai syarat pembukaan akun sub-registry.

Apa pengaruh registrasi ulang bagi investor SBN di Bareksa?

Jika sudah melengkapi data yang dibutuhkan, maka semua transaksi pembelian SBN Ritel di seri selanjutnya akan otomatis tercatat di sekuritas yang bekerja sama dengan Bareksa, yaitu PT Binaartha Sekuritas.

Apakah data investor aman?

Semua data yang dikirim akan dijamin kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk keperluan transaksi SBN Ritel.

Cara Registrasi Ulang Akun SBN di Bareksa

1. Buka aplikasi Bareksa

2. Klik Menu SBN

Illustration

3. Lengkapi data yang diminta

Data yang perlu disiapkan: foto e-KTP

4. Centang persetujuan data

Investor wajib memberikan data sebagai informasi yang sah

5. Tunggu verifikasi melalui email

Bila pendaftaran ulang berhasil, investor akan mendapat email berisikan detail rekening Sub-Registry. Setelah verifikasi, investor bisa membeli seri SBN Ritel selanjutnya, yaitu SBR010 pada masa penawaran secara online di aplikasi bareksa.

Illustration


(Martina Priyanti/AM))

***

Investasi Sekarang

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua