Berita / SBN / Artikel

Imbal Hasil ST008 Lebih Menarik dari SBN Acuan, Begini Perbandingannya

SBN dengan tenor dua tahun per 2 November 2021 mempunyai tingkat keuntungan yang diharapkan 4,1 persen
Abdul Malik • 03 Nov 2021
cover

Ilustrasi keuntungan atau imbal hasil investasi di Sukuk Tabungan ST008 dibandingkan SBN acuan. (Shutterstock)

Bareksa.com - Pemerintah kembali menjual instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel kepada investor individu, yaitu instrumen Green Sukuk Ritel–Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 dengan masa penawaran yang dimulai dari 1 November 2021 hingga 17 November 2021.

SBSN Ritel ini tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), kepemilikannya tidak dapat dialihkan dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption.

Kupon yang ditetapkan untuk seri ST008 sebesar 4,8 persen yang bersifat mengambang atau floating with floor. Artinya besaran kupon ST008 akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI) sebagai acuan.

Perinciannya, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) pada saat penetapan sebesar 3,5 persen ditambah spread yang ditetapkan 130 basis poin (bps).

Spread 130 bps ini akan tetap sampai dengan jatuh tempo dan tingkat kupon minimal tidak akan berubah sampai dengan jatuh tempo. Sementara itu, tanggal pembayaran kupon ST008 akan dibayarkan setiap tanggal 10 setiap bulannya.

Masyarakat yang tertarik berinvestasi pada instrumen ritel yang mempunyai tanggal jatuh tempo 10 November 2023 ini dapat mulai memesan dengan minimum pemesanan Rp1 juta dan maksimum Rp1 miliar.

Perbandingan Acuan

Berbicara mengenai investasi, tentu yang dipikirkan dalam benak investor adalah imbal hasil, yang tercermin dari kupon. Bila dibandingkan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Day Reverse Repo Rate yang saat ini di level 3,5 persen, ST008 memberikan imbal hasil yang lebih tinggi 1,3 persen atau selisihnya 130 bps, sesuai dengan spread yang ditetapkan.

Kemudian, bila dibandingkan dengan surat berharga negara atau obligasi negara seri lainnya yang menjadi acuan (benchmark), imbal hasil ST008 ini juga terbilang masih lebih menarik. Hal ini bisa dilihat dari nilai imbal hasil atau yield Surat Berharga Negara seri acuan.

Yield Surat Berharga Negara Acuan

Sumber : IBPA

Mengutip data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Surat Berharga Negara dengan tenor dua tahun per 2 November 2021 mempunyai tingkat keuntungan yang diharapkan (yield) 4,1 persen.

Dengan mengacu data tersebut dapat dikatakan batas imbal hasil terendah untuk ST008 yang sebesar 4,8 persen masih lebih menarik dibandingkan tingkat keuntungan di pasar saat ini.

Sumber: Memorandum Informasi ST008

Selain kupon yang lebih tinggi dibandingkan yield di pasar saat ini, ST008 yang dapat dibeli di Bareksa ini juga dijamin oleh pemerintah 100 persen, karena pembayaran imbal hasil dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Jadi, jangan takut jika uang kamu tidak kembali atau terjadi gagal bayar, karena investasi ini memiliki risiko yang sangat rendah. Yuk segera investasi ST008 dan jadilah bagian dalam mendukung pembangunan nasional!

Promo ST008 di Bareksa

Nah jika membeli ST008 di Bareksa, ada lagi tambahan keuntungan berinvestasi ST008. Bareksa menggelar promo pembelian ST008 pada 1-17 November 2021, dengan hadiah bisa dipilih sendiri oleh smart investor.

Bermacam hadiah tersedia mulai 1 unit iPhone 11, 1 unit Samsung Galaxy Tab S6, 1 unit HP Xiaomi Redmi Note 10 Pro, 1 unit XIAOMI MI TV 4 LED 32 Inch, dan 20 voucher reksadana Rp100.000. Menarik bukan?

Berikut pilihan hadiah serta kode hadiah yang bisa dipilih oleh smart investor :

1 unit iPhone 11

- Pembelian ST008 minimal Rp50 juta
- Kode promo: ST08IPHONE

1 unit Samsung Galaxy Tab S6

- Pembelian ST008 minimal Rp25 juta
- Kode promo: ST08TAB1

1 unit HP Xiaomi Redmi Note 10 Pro

- Pembelian ST008 minimal Rp 10 juta
- Kode promo: ST08HP

1 unit XIAOMI MI TV 4 LED 32 Inch

- Pembelian ST008 minimal Rp5 juta
- Kode promo: ST08TV

20 Voucher Reksadana @ Rp 100.000

- Pembelian ST008 minimal Rp2 juta
- Kode promo: ST08REKSA

Selengkapnya yuk cek syarat dan ketentuan promo ST008 berikut ini :

1. Periode promo berlangsung pada 1 - 17 November 2021

2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri ST008 dengan memasukkan kode promo yang dipilih nasabah

3. Pembelian berlaku kelipatan.4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Pembeli dengan nominal terbanyak berhak memenangkan hadiah

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada 1 Desember 2021 melalui sosial media Bareksa dan email

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Sudah investasi halal, dapat cuan, membantu pembangunan negara, juga ikut menjaga kelestarian bumi. Ayo serbu! Segera investasi ST008 dan dapatkan hadiahnya.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Green Sukuk Ritel ST008 ditawarkan 1-17 November 2021. Investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar. ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun dan kupon bersifat mengambang dengan batas minimal.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.