Berita / SBN / Artikel

Maksimal Pemesanan ST008 Dipangkas Jadi Rp1 Miliar, Ini Pandangan MI

Dengan batasan yang lebih rendah, diharapkan lebih banyak investor lain memiliki kesempatan ikut memesan
Abdul Malik • 29 Oct 2021
cover

Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena telah berinvestasi di reksadana dan SBN Ritel, termasuk SBR, ST, SR, dan ORI. (Shutterstock)

Bareksa.com - Masa penawaran Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 akan dibuka pada Senin (1/11/2021).

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengumumkan penetapan imbal hasil dan selisih (spread) tetap Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan seri ST008, untuk periode pertama adalah 4,8 persen per tahun. Tingkat imbalan ini berlaku sebagai tingkat imbalan minimal (floor).

Di sisi lain pemerintah menetapkan investasi ST008 mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar, dengan tenor investasi 2 tahun atau akan jatuh tempo ST008 pada 10 November 2023 mendatang.

Mengenai batas maksimal pemesanan ST008, memang berbeda dengan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang telah diterbitkan pemerintah lebih sebelumnya. Sebut saja SBR010 dan ORI020, yang masing-masing maksimal Rp3 miliar dan Rp2 miliar.

Direktur Utama PT Trimegah Asset Management, Antony Dirga menilai langkah pemerintah menetapkan batas maksimal pemesanan ST008 senilai Rp1 miliar, terkait upaya pemerintah melakukan perluasan partisipasi imvestor ritel ke depannya.

"Batas maksimal pemesanan diberlakukan mungkin dengan tujuan supaya SBN Ritel tidak berakhir di tangan investor yang sama-sama saja. Dengan batasan yang lebih rendah, diharapkan lebih banyak investor lain memiliki kesempatan untuk ikut dalam pemesanan," kata Antony kepada Bareksa, Kamis (28/10/2021).

Antony melanjutkan potensi investor ritel ke SBN masih sangat besar. "Potensi itu terutama di era suku bunga rendah saat ini," imbuhnya.

Senada dengan Antony, Tubagus Farash Akbar Farich, Direktur Avrist Asset Management menyampaikan kebijakan pemerintah yang kembali menurunkan nilai pemesanan maksimal SBN Ritel yakni pada ST008, untuk mendorong lebih banyak jumlah investornya.

"Bagus sih, juga karena minatnya (investor pada SBN Ritel) sangat tinggi," kata Farash. Maka, ia melanjutkan penerbitan ST008 dapat menjadi kesempatan bagus untuk mendorong lebih banyak jumlah investor.

"Mungkin juga pemerintah bisa membatasi penerbitannya karena defisit APBN (Anggaran Pendapatan dan Negara) mengecil," kata Farash.

ST008 untuk Semua Investor

Green Sukuk Ritel ST008 diterbitkan sesuai dengan prinsip syariah, sehingga bagi smart investor yang ingin berinvestasi di instrumen investasi halal dan bebas riba, tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di instrumen ini.

Meskipun termasuk instrumen investasi syariah, siapapun bisa berinvestasi di Green Sukuk Ritel ST008. Semua investor tanpa memandang latar belakang agama tertentu bisa berinvestasi ST008, karena memang aman dan cuan.

ST008 memiliki fitur tidak bisa diperdagangkan (non tradable). Meski begitu ada fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption).

Ingin investasi cuan, aman, mendukung pembangunan nasional serta membantu mengurangi dampak perubahan iklim?

Yuk cuss segera pesan Green Sukuk Ritel ST008 mulai Senin (1/11/2021) di Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Green Sukuk Ritel ST008 ditawarkan 1-17 November 2021. Investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar. ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun dan kupon bersifat mengambang dengan batas minimal.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.