BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Dirjen PPR Kemenkeu, Luky Alfirman : Investor ORI020 Dapat Double Return, Ini Maksudnya

Abdul Malik04 Oktober 2021
Tags:
Dirjen PPR Kemenkeu, Luky Alfirman : Investor ORI020 Dapat Double Return, Ini Maksudnya
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman saat acara peluncuran SBR007 dengan tema “Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi”, di Jakarta (11/07/2019) (Kemenkeu)

Masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam membiayai program penanganan pandemi dengan berinvestasi pada ORI020

Bareksa.com - Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 resmi dibuka hari ini, Senin (4/10/2021) oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu), Luky Alfirman.

"Mulai hari ini, pemerintah kembali mulai menawarkan SBN Ritel yaitu Obligasi Negara Ritel seri ORI020. ORI020 merupakan instrumen SBN Ritel tradable seri terakhir di 2021 dengan masa penawaran pada 4-21 Oktiber 2021," kata Luky saat membuka masa penawaran ORI020 secara virtual.

Luky menyampaikan salah satu keistimewaan dari ORI020 sebagai salah satu SBN Ritel, yaitu masyarakat selain mendapatkan keuntungan investasi sekaligus juga berpartisipasi dalam membangun negeri.

Promo Terbaru di Bareksa

"Berbeda dengan instrumen investasi lainnya, ORI020 adalah pilihan investasi yang manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk masyarakat Indonesia secara bersama-sama," ujar Luky.

Ia menyampaikan masyarakat akan menerima manfaat dari pelbagai program pemerintah seperti untuk sektor kesehatan dan pemulihan ekonomi pada masa pandemi.

Hal tersebut, kata Luky, karena seluruh dana yang diperoleh dari penerbitan ORI020 akan digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Pengunaan APBN tersebut, kata Luky menjelaskan, termasuk untuk upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid yang salah satunya untuk program vaksinasi.

Saat ini program vaksinasi menunjukkan tren peningkatan dengan total dosis vaksinasi yang merupakan salah satu tertinggi di dunia.Luky menjelaskan data 27 September 2021 menyebutkan vaksinasi di Indonesia sudah mencapai 136 juta dosis non booster atau mencapai 32,7 persen terhadap target. Program vaksinasi terus didoronng agar distribusi kesehatan merata di seluruh Indonesia.

Dukung Pemerintah sekaligus Bantu Masyarakat Banyak

"Dukungan untuk program kesehatan dalam rangka penanggulangan pandemi Covid sudah menjadi komitmen bersama di mana pendanaannya sudah tertuang dalam APBN 2021. Salah satunya melalui penyediaan dan perawatan pasien covid 19," kata Luky.

Ia melanjutkan berdasarkan data per 24 September 2021, realisasi pembayaran klaim penanangan covid perawatannya sudah teralisasi Rp31,6 triliun. Selain itu, ia menjelaskan disediakan juga anggaran sektor kesehatan lainnya juga mencakup insentif dan santunan nakes serta tambahan perbagai isolasi dan RS darurat.

"Oleh karena itu masyarakat Indonesia dapat turut berpartisipasi dalam membiayai program penanganan pandemi dengan berinvestasi pada ORI020," ujar Luky.

Ia mengimbau mari bersama-sama membuat aksi, bergerak menuju tujuan pasti dengan berinvestasi untuk membangun negeri. Untuk itu, di situasi yang tidak mudah ini, masyarakat Indonesia terus berjuang menghadapai pandemi dengan beradaptasi, tumbuh, dan bangkit.

"Saatnya kita melangkah bersama mengatasi tantangan ke depan untuk kita, untuk keluarga kita, dan untuk Indonesia yang lebih baik. ORI020 pilihan berharga untuk melangkah bersama," ujarnya.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI020 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua