BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masih Ragu Kehalalan SR015? Ini Daftar Fatwa Syariah MUI atas Sukuk Ritel

Abdul Malik26 Agustus 2021
Tags:
Masih Ragu Kehalalan SR015? Ini Daftar Fatwa Syariah MUI atas Sukuk Ritel
Banner Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015. (Kemenkeu)

Sukuk Ritel merupakan instrumen investasi untuk semua investor. tanpa memandang latar belakang agama tertentu

Bareksa.com - Bagi sebagian investor, berinvestasi tidak semata untuk mendapatkan cuan dan cuan. Namun juga untuk mendapatkan keuntungan sekaligus keberkahan. Salah satunya dengan investasi di Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015.

Apakah berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel berbasis syariah yakni SR015 tidak melanggar prinsip syariah?

Kementerian Keuangan menyebutkan sesuai amanat Undang-Undang SBSN dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 125/PMK.08/2018 tentang Penerbitan dan Penjualan Surat Berharga Syariah Negara Ritel di Pasar Perdana Domestik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1902), yaitu dalam rangka penerbitan dan penjualan Sukuk Negara Ritel, diperlukan adanya Fatwa dan atau Pernyataan Kesesuaian Syariah (Opini Syariah) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau lembaga lain yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Promo Terbaru di Bareksa

SR015 diterbitkan menggunakan akad ijarah asset to be leased dengan cara book building, dengan mengacu pada fatwa-fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) sebagai berikut :

(1) Fatwa No. 69/DSN-MUI/VI/2008 tentang SBSN.

(2) Fatwa No. 70/DSN-MUI/VI/2008 tentang Metode Penerbitan SBSN.

(3) Fatwa No. 10/DSN-MUI/IV/2000 tentang Wakalah.

(4) Fatwa No. 85/DSN-MUI/XII/2012 tentang Janji (Wa’d) dalam Transaksi Keuangan danBisnis Syariah.

(5) Fatwa No. 76/DSN-MUI/VI/2010 tentang SBSN Ijarah Asset To Be Leased.

(6) Fatwa No. 112/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Ijarah.Lebih lanjut, dalam rangka penerbitan SR015, DSN-MUI telah menerbitkan Pernyataan Kesesuaian Syariah Sukuk Negara Ritel Seri SR015 Tahun 2021 Nomor: B-134/DSN-MUI/II/2021 tanggal 16 Februari 2021, sehingga terdapat kepastian khususnya bagi investor syariah bahwa investasi pada SR015 tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Meski menyandang nama syariah dan sudah menggenggam fatwa MUI, Sukuk Ritel termasuk di dalamnya SR015, merupakan instrumen investasi untuk semua investor. Setiap investor ritel tanpa memandang agama tertentu, bisa berinvestasi SR015.

Karena itu smart investor jangan ragu untuk segera investasi di instrumen investasi yang menawarkan imbalan 5,1 persen per tahun bersifat tetap (fixed coupon), dengan tenor 3 tahun, serta aman karena 100 persen pokok investasi dan kuponnya dijamin oleh negara.

Promo di Bareksa​​

Bagi smart investor yang berinvestasi SR015 di Bareksa, ada promo berhadiah menarik lho. Smart investor berkesempatan mendapatkan hadiah 1 iPad Gen 8, 1 Laptop Xiaomi RedmiBook 15 Redmi Book 15 8/256, 1 Xiaomi MI TV 4 Led 32 Inch dan 2 Emas 0,5 gram dengan menggunakan kode promosi yang sudah ditentukan.

Catat kode promo untuk setiap hadiahnya berikut ini ya :

1. Kode promo : SR15GOLD untuk Nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp2 juta akan berkesempatan mendapat hadiah emas 0,5 gram Hadiah ini tersedia untuk 2 orang pemenang.

2. Kode promo : SR15TV untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp5 juta akan berkesempatan mendapat hadiah 1 Xiaomi MI TV 4 Led 32 Inch. Hadiah ini tersedia untuk 1 orang pemenang.

3. Kode promo : SR15LAPTOP untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp10 juta akan berkesempatan mendapat hadiah 1 laptop Xiaomi RedmiBook 15 Redmi Book 15 8/256. Hadiah ini tersedia untuk 1 orang pemenang.

4. Kode promo : SR15PAD untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp25 juta akan berkesempatan mendapat hadiah 1 Apple iPad Gen 8. Hadiah ini tersedia untuk 1 orang pemenang.

Untuk berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik tersebut, cek syarat dan ketentuannya berikut ini :

1. Periode promo berlangsung 20 Agustus - 15 September 2021

2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri SR015 dengan memasukkan kode promo yang dipilih nasabah

3. Pembelian berlaku kelipatan

4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Pembeli dengan nominal terbanyak berhak memenangkan hadiah

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 28 September 2021 melalui akun media sosial Bareksa dan email

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Yuk segera investasi SR015 di Bareksa dan dapatkan hadiahnya. Langsung pakai kode promonya di www.bareksa.com atau melalui aplikasinya.

Kapan lagi bisa investasi halal, penuh manfaat sesuai prinsip syariah, untung, masih dapat hadiah pula!

Hati-hati terhadap penipuan, promo hanya dipublikasi melalui akun media sosial resmi Bareksa. Pastikan kamu sudah follow dan pantengin terus akun media sosial Bareksa.

(Martina Priyanyi/AM)

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015ditawarkan mulai 20 Agustus hingga 15 September 2021. SR015 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp3 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

​PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua