BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Milenial, Minimal Investasi SBR010 Mulai Rp1 Juta Lho

Abdul Malik02 Juli 2021
Tags:
Milenial, Minimal Investasi SBR010 Mulai Rp1 Juta Lho
Ilustrasi sekelompok anak muda atau generasi milenial yang berinvestasi di reksadana dan SBN Ritel secara digital. (Shutterstock)

Tujuannya memperluas basis investor terutama generasi milenial dan generasi Z

Bareksa.com - Anda generasi milenial dan atau generasi Z yang sedang mencari instrumen investasi? Jika iya, Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR010 mestinya segera Anda pilih sebagai salah satu instrumen investasi.

Sejak 21 Juni 2021 hingga 15 Juli 2021, pemerintah membuka penawaran SBR010. SBR10 adalah obligasi non-tradable khusus untuk investor ritel warga negara Indonesia, dengan jangka waktu dua tahun atau akan jatuh tempo pada 10 Juli 2023.

Periode pertama SBR010 menawarkan kupon 5,1 persen per tahun, yang bisa naik tergantung suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate ditambah selisih 160 basis poin. Namun, imbalan SR010 tak bisa turun, karena kupon 5,1 persen adalah batas minimalnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Mengenai besaran minimum pemesanan SBR010, pemerintah menetapkan Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp3 miliar. Mengapa minimum hanya Rp1 juta?

Bidik Milenial

"Untuk memperluas basis investor terutama generasi milenial dan generasi Z. Pemerintah telah menurunkan nilai investasi dari tadinya minimal Rp5 juta sebelumnya menjadi Rp1 juta, dengan nilai maksimal investasi," kata Direktur Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman seperti dilansir Antara

.Bukan kali ini yakni pada penerbitan SBR010 saja pemerintah mencoba membidik investor milenial dan generasi Z. Sebagai gambaran, investor milenial yang membeli obligasi negara ritel (ORI) seri ORI017 tercatat 42 ribu investor dan seri ORI018 ada 26 ribu investor.

"SBN Ritel sangat cocok dengan generasi milenial. Alasannya, generasi milenial tidak bisa lepas dengan gawai sehingga dalam investasi SBN Ritel dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja," ujar Luky secara terpisah.

Banyaknya generasi milenial yang membeli obligasi negara, menjadi nilai positif untuk pengembangan masyarakat berinvestasi atau investing society. Selain itu, obligasi negara khususnya SBN ritel, merupakan bagian dari contoh sarana investasi yang paling bagus untuk mencegah masyarakat terkena investasi bodong.

Masa penawaran SBR010 masih berlangsung, bagaimana ikut membeli SBR010?

(Martina Priyanti/AM)

​​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka penawaran SBN Ritel jenis SBR010 mulai 21 Juni 2021 hingga 15 juli 2021. Dengan membeli SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SBN ritel bisa dipesan di sejumlah mitra distribusi yang ditunjuk Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua