BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Perjalanan Sukuk Ritel 13 Tahun, Raup Rp204,61 Triliun

Hanum Kusuma Dewi26 Februari 2021
Tags:
Perjalanan Sukuk Ritel 13 Tahun, Raup Rp204,61 Triliun
Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman dalam Virtual Launching SR014

Minat masyarakat terhadap SBN ritel semakin besar terutama setelah tersedia secara online

Bareksa.com - Sukuk Negara adalah Surat Berharga Negara (SBN) yang menyatakan kepemilikan hak atas aset negara. Instrumen investasi ini telah ada di Indonesia sejak 2008, terbilang muda bila dibandingkan dengan obligasi atau surat berharga negara jenis lainnya.

Menurut data Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, sepanjang 13 tahun perkembangan Sukuk Negara, total akumulasi penerbitan telah mencapai Rp1.633,25 triliun. Dari angka tersebut, Sukuk Ritel yang ditawarkan pada individu telah meraup Rp204,61 triliun dari 13 seri Sukuk Ritel. Total investor Sukuk Ritel mencapai 347.145 orang yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Illustration
Grafik Penerbitan Sukuk Negara
Sumber: Paparan DJPPR Kemenkeu

Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman menjelaskan sukuk negara memiliki peran strategis antara lain sebagai sumber pembiayaan negara, instrumen investasi syariah yang bisa mengembangkan pasar keuangan syariah. Termasuk dalam jenis Sukuk Negara atau Surat Berharga Syariah Negara adalah Sukuk Ritel yang ditawarkan kepada individu warga negara Indonesia.

Promo Terbaru di Bareksa