BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Punya Uang Rp10 Juta, Pilih Investasi di Sukuk Tabungan ST007 atau Deposito?

Abdul Malik13 November 2020
Tags:
Punya Uang Rp10 Juta, Pilih Investasi di Sukuk Tabungan ST007 atau Deposito?
Ilustrasi investor sedang mengalkulasi potensi imbal hasil antara investasi di Sukuk Tabungan ST007 dan deposito. (Shutterstock)

Sukuk Tabungan memiliki potensi imbal hasil lebih besar dari deposito, namun tetap aman dan dijamin pemerintah

Bareksa.com - Hampir semua orang sudah mengerti tabungan dan deposito bank sebagai tempat untuk menyimpan uang yang aman dan memiliki risiko yang sangat rendah. Namun, kita juga perlu tahu bahwa ada produk Sukuk Tabungan yang memiliki potensi imbal hasil lebih besar daripada deposito, namun juga tetap aman, dan dijamin pemerintah.

Sukuk Tabungan adalah satu jenis Surat Berharga Negara untuk masyarakat ritel yang dikelola dengan prinsip syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sukuk adalah bukti kepemilikan sebagian aset negara yang disewakan kepada pemerintah dan bukan surat utang.

Sukuk Tabungan (ST), sesuai dengan namanya, memiliki sifat yang mirip dengan tabungan atau deposito bank tetapi uang kita akan digunakan untuk membiayai proyek hijau (green projects) pemerintah. Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu atau masa berlaku dua tahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Seri terbaru Sukuk Tabungan, ST007, hanya bisa dipesan selama masa penawaran 4-25 November 2020. Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan, sudah menetapkan imbal hasilnya minimal 5,50 persen per tahun.

Meski namanya adalah tabungan, ST memiliki keunggulan lebih dibandingkan tabungan bank atau deposito pada umumnya. Ada empat keuntungan dari ST007 dibandingkan dengan deposito bank yaitu: imbalan menarik, modal lebih terjangkau, pajak rendah, dan pencairan awal tanpa pinalti.

Untuk membandingkannya, mari kita gunakan simulasi dengan modal yang sama, yakni Rp10 juta untuk ST007 dan deposito bank. Mengutip data Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia per 12 November 2020, rata-rata suku bunga deposito bertenor 12 bulan (1 tahun) memberikan imbalan 4,80 persen per tahun.

Artinya, jika kita menaruh uang di deposito bank saja, kita hanya mendapatkan imbalan sekitar Rp480.000 per tahun. Imbalan itu belum dipotong pajak atas deposito sebesar 20 persen, sehingga imbalan bersih yang diterima hanya Rp384.000 per tahun.

Sementara jika kita membeli ST007, kita akan mendapatkan imbalan sebesar Rp550.000 per tahun. Imbalan itu akan terkena pajak yang lebih rendah yaknisebesar 15 persen, sehingga imbalan bersih yang diterima Rp467.500 per tahun.


ST007

Deposito

Modal (Rp)

10.000.000

10.000.000

Imbalan per tahun (%)

5,50%

4,80%

Imbalan per tahun (Rp)

550.000

480.000

Pajak per tahun (%)

15%

20%

Pajak per tahun (Rp)

82.500

96.000

Imbalan Bersih per tahun (Rp)

467.500

384.000

*suku bunga 1 tahun rata-rata PIPU Bank Indonesia

Perlu dicatat, kalau ada penurunan suku bunga lagi, imbalan ST007 tidak akan turun dari batas minimal karena bersifat floating with floor. Hal ini berbeda dengan deposito yang sangat bergantung pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7DRRR).

Karena ditujukan untuk masyarakat ritel, Sukuk Tabungan bisa dibeli dengan modal yang terjangkau mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar. Berapapun nominal investasinya, persentase imbalan atau keuntungan yang diperoleh akan sama. Berbeda dengan deposito yang biasanya menawarkan suku bunga berbeda tergantung dengan nominal penempatannya.

Kalau kita butuh dana mendadak sebelum jatuh tempo, ST007 bisa dicairkan awal dengan fasilitas early redemption. Fasilitas ini gratis dan tanpa pinalti, tidak seperti deposito yang mengenakan denda/pinalti kalau kita mencairkan sebelum jatuh tempo.

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ST007.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua