BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Penawaran Sukuk Wakaf Ritel SWR001 Diperpanjang hingga 20 November

Abdul Malik11 November 2020
Tags:
Masa Penawaran Sukuk Wakaf Ritel SWR001 Diperpanjang hingga 20 November
Ilustrasi Muslimah yang berinvestasi di Sukuk Wakaf Ritel. (Shutterstock)

Tingkat imbalan/kupon tetap, 5,5 persen per tahun dibayarkan secara periodik setiap bulan kepada Nazhir

Bareksa.com - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mengumumkan perpanjangan masa penawaran Sukuk Wakaf Ritel (Cash Waqf Linked Sukuk/CWLS) seri SWR001 dari sebelumnya berakhir 12 November, diperpanjang jadi 20 November 2020. Kemenkeu menyatakan perpanjangan masa penawaran ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembelian CWLS Ritel seri SWR001.

" Merujuk pada Memorandum Informasi Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR001 yang dirilis pada tanggal 9 Oktober 2020, tercantum masa penawaran SWR001 berakhir pada 12 November pukul 10.00 WIB, namun kini diperpanjang hingga 20 November 2020, pukul 10.00 WIB," demikian ungkap DJPPR Kemenkeu dalam keterangannya (11/11/2020).

Menurut Kemenkeu, masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SWR001 dapat memanfaatkan perpanjangan masa penawaran. Penerbitan CWLS Ritel seri SWR001 tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung Gerakan Wakaf Nasional, membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia.

Promo Terbaru di Bareksa

"Melalui CWLS Ritel seri SWR001, pemerintah memfasilitasi para pewakaf uang baik yang bersifat temporer maupun permanen agar dapat menempatkan wakaf uangnya pada instrumen investasi yang aman dan produktif," ungkap Kemenkeu.

CWLS Ritel seri SWR001 memiliki tenor 2 tahun dan menawarkan tingkat imbalan/kupon tetap 5,5 persen per tahun, yang imbalannya akan disalurkan untuk program/kegiatan sosial yang memiliki dampak sosial dan ekonomi untuk masyarakat. Penyaluran imbalan akan dilakukan oleh Nazhir yang kredibel yang ditunjuk oleh Lembaga Keuangan Syariah-Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan disetujui oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator dan pengawas Nazhir

"Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan penyaluran dana imbakan CWLS, maka Nazhir wajib membuat laporan kepada BWI, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, dan wakif (pembeli CWLS)," ungkap Kemenkeu.

Minimum pemesanan Sukuk Wakaf Ritel seri SWR001 senilai Rp1 juta dan tidak ada maksimum pemesanan. Underlying assetnya menggunakan barang milik negara (BMN) dan proyek/kegiatan kementerian/lembaga pada APBN tahun 2020 dengan menggunakan akad wakalah.

Tingkat imbalan/kupon tetap, 5,5 persen per tahun dibayarkan secara periodik setiap bulan kepada Nazhir untuk pembiayaan program/kegiatan sosial. Tanggal pembayaran imbalan/kupon ialah tanggal 10 setiap bulannya. "Proses pemesanan pembelian CWLS Ritel seri SWR001 secara offline dilakukan melalui 4 tahap yaitu datangi kantor Midis atau akses ke sistem online Midis, isi formulir akta ikrar wakaf dan pemesanan, buka rekening tabungan, rekening Surat Berharga Negara, dan single investor identification (SID) dan sediakan wakaf uang di rekening tabungan," ungkap Kemenkeu.

Masyarakat yang berminat membeli CWLS Ritel seri SWR001 dapat menghubungi/ mendatangi 4 (empat) mitra distribusi (Midis) yang telah ditunjuk oleh pemerintah, yaitu PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BRISyariah Tbk, PT Bank Muamalat Tbk, dan PT Bank BNI Syariah.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ST007.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua