BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Perbandingan Kupon ORI018 dengan Deposito Bank BUMN

Abdul Malik02 Oktober 2020
Tags:
Ini Perbandingan Kupon ORI018 dengan Deposito Bank BUMN
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, Luky Alfirman saat peluncuran ORI018 secara virtual di Jakarta (1/10/2020). (Bareksa/AM)

Di antara empat bank BUMN yakni BTN, Bank Mandiri, BRI dan BNI, bunga deposito BTN yang tertinggi 5,13 persen

Bareksa.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mengumumkan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI018 dengan kupon tetap 5,7 persen per tahun. Instrumen investasi khusus bagi individu Warga Negara Indonesia tersebut ditawarkan mulai 1 Oktober secara online (e-SBN).

Ini merupakan SBN ritel kelima di 2020, setelah sebelumnya Kemenkeu sukses merilis empat seri SBN Ritel, yakni Savings Bond Ritel seri SBR009, Sukuk Negara Ritel seri SR012, ORI017, serta SR013. "Pembukaan penawaran mulai 1 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB," demikian disampaikan DJPPR Kemenkeu dalam keterangannya (30/9/2020).

Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN

Promo Terbaru di Bareksa

Berbicara mengenai investasi, tentu di benak investor adalah imbal hasil, yang tercermin dari kupon. Bila dibandingkan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Day Reverse Repo Rate 4 persen saat ini, ORI018 memberikan imbal hasil yang lebih tinggi 1,7 persen, atau selisihnya 170 basis poin.

Kemudian, bila dibandingkan dengan tingkat bunga deposito Bank BUMN, imbal hasil ORI018 ini juga terbilang menarik. Hal ini bisa dilihat dari penawaran bunga deposito.

Berikut penawaran bunga deposito yang datanya dihimpun PIPU per 30 September 2020 :

Illustration

Sumber : PIPU per 30 September 2020

Update penawaran bunga deposito perbankan yang dihimpun Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia per 30 September 2020.

Menurut data PIPU Bank Indonesia, bunga deposito tertinggi di perbankan 5,63 persen pada Bank Bukopin. Di antara empat bank BUMN lain yakni BTN, Bank Mandiri, BRI dan BNI, bunga deposito BTN yang tertinggi 5,13 persen.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI018 hanya bisa dipesan selama masa penawaran pada 1-21 Oktober 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua