BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Pengajuan Early Redemption SBR008 Dibuka, Ini Ketentuan dan Persyaratannya

Abdul Malik28 September 2020
Tags:
Pengajuan Early Redemption SBR008 Dibuka, Ini Ketentuan dan Persyaratannya
Prosesi peluncuran Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR008 di Jakarta, Kamis (5/9/2019). (Bareksa)

Early redemption dibuka mulai hari ini (28/9/2020) pukul 09.00 WIB hingga 6 Oktober pukul 15.00 WIB

Bareksa.com - Direktorat Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan RisikoKementerian Keuangan mengumumkan sesuai dengan memorandum informasi Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR008, pemerintah menyediakan fasilitas pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption). Periode pengajuan early redemption dibuka mulai hari ini (28/9/2020) pukul 09.00 WIB hingga 6 Oktober pukul 15.00 WIB.

"Tanggal setelmen early redemption pada 12 Oktober 2020," ungkap DJPPR Kemenkeu dalam keterangannya dikutip (28/9/2020).

Pokok-pokok ketentuan dan persyaratan early redemption SBN ritel yang ditawarkan pada 5-19 September 2019 tersebut ialah :

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber : Kemenkeu

Tata cara pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) :

- Pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) dilakukan pada masa pengajuan (window) early redemption melalui sistem elektronik yang ada di mitra distribusi tempat pemilik SBR008 melakukan pemesanan secara elektronik yang terhubung dengan jaringan internet.

- Investor melakukan pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) dengan memasukkan jumlah nilai SBR008 yang diajukan melalui sistem elektronik pada mitra distribusi.

- Setiap pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) akan diteruskan secara real time ke sistem elektronik pada Kementerian Keuangan.

- Sistem elektronik pada Kementerian Keuangan akan melakukan validasi atas pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) terhadap kesesuaian atas ketentuan mengenai pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption).

- Pada tanggal setelmen, pemilik SBR008 akan menerima pokok SBR008 sebesar nominal yang diajukan pada saat periode pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) beserta kupon selama 1 (satu) bulan penuh, sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Apabila pembayaran pokok dan kupon SBR tersebut bertepatan dengan hari di mana operasional sistem pembayaran tidak diselenggarakan oleh Bank Indonesia, maka pembayarannya akan dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga.

- Dalam hal sistem elektronik pada mitra distribusi tidak lagi tersedia yang mengakibatkan pemilik SBR008 tidak dapat melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption), maka pemerintah berwenang mengalihkan pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) kepada mitra distribusi lain atau mengambil kebijakan lain yang akan ditentukan kemudian.

SBR008 ditawarkan pada 5-19 September 2019. Total volume pemesanan pembelian SBR008 ditetapkan Rp1,89 triliun. SBR008 merupakan instrumen Savings Bond Ritel terakhir yang diterbitkan pemerintah pada 2019. Penerbitan SBR008 kali ini telah berhasil menjaring 10.219 investor, dengan 62,20 persen dari jumlah tersebut merupakan investor baru. Sebagaimana penerbitan SBN ritel online sebelumnya, mayoritas investor baru yang tercatat membeli SBR008 yaitu investor milenial (55,71 persen dari jumlah investor baru).

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Masa pemesanan SR013 sudah ditutup pada 23 September 2020. Tunggu penerbitan SBN ritel berikutnya di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SR013.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua