BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Obligasi Negara ORI018 Ditawarkan Mulai 1 Oktober, Ini Jadwalnya

Hanum Kusuma Dewi28 September 2020
Tags:
Obligasi Negara ORI018 Ditawarkan Mulai 1 Oktober, Ini Jadwalnya
Ilustrasi kalender untuk menunjukkan jadwal penerbitan Obligasi Negara Ritel (ORI)

ORI018 bisa dibeli secara online di Bareksa hanya pada masa penawaran 1-21 Oktober 2020

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mulai menawarkan Surat Berharga Negara (SBN) berjenis Obligasi Negara Ritel seri ORI018, setelah baru saja penawaran Sukuk Ritel SR013 resmi ditutup.

SBN khusus untuk investor individu atau ritel ini adalah salah satu cara pemerintah dalam menjaring pembiayaan sekaligus memberikan kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam investasi.

Sebagai informasi, seri ORI merupakan obligasi negara dengan jangka waktu 3 tahun. ORI bisa diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder sebelum jatuh tempo sehingga memiliki sifat likuid, atau mudah dicairkan.

Promo Terbaru di Bareksa

ORI menawarkan dua sumber keuntungan bagi investornya, yakni kupon (bunga) dan capital gain. Kupon adalah imbal hasil yang dibayarkan secara berkala, sementara capital gain adalah potensi peningkatan harga bila dijual di pasar sekunder.

Soal keamanan, ORI tidak perlu diragukan lagi karena surat utang negara ini baik pokok maupun kuponnya dijamin 100 persen oleh negara. Jadi tidak perlu takut rugi atau uang kita hilang.

ORI018 bisa dibeli secara online di Bareksa hanya pada masa penawaran 1-21 Oktober 2020. Berikut jadwal penerbitan ORI018.

Keterangan
Jadwal*
Kick off meeting
24 September 2020
Penetapan kupon
29 September 2020
Periode Penawaran
1-21 Oktober 2020
Penetapan Penjualan
23 Oktober 2020
Setelmen
27 Oktober 2020
Kupon Perdana
15 Desember 2020
Minimum holding period (1x kupon)
15 Desember 2020
Jatuh Tempo
15 Oktober 2023

*setelah review per 28 September, Sumber: DJPPR Kemenkeu

Sebagai informasi, penetapan adalah tanggal Kementerian Keuangan menetapkan jumlah pembelian SBN yang masuk. Kemudian setelmen adalah tanggal investor secara resmi memiliki SBN dalam portofolio, dan perhitungan kupon pun dimulai.

ORI018 bisa diperjualbelikan di pasar sekunder, setelah minimum holding period selama satu kali pembayaran kupon, berbeda dari seri ORI017 yang harus menunggu dua kali pembayaran kupon. Artinya, surat utang negara ini bisa dijual di pasar sekunder setelah pembayaran kupon 15 Desember 2020.

Penawaran obligasi negara ini bisa menjadi peluang investor ritel masuk ke pasar obligasi, yang disebut memiliki prospek cerah karena imbal hasil menarik dan risiko rendah. Indonesia telah mendapatkan peringkat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga rating internasional.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemesanan SBN ritel di Bareksa hanya bisa dilakukan pada masa penawaran. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua