BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Hari Ini Pemerintah Raih Penawaran Rp72,78 Triliun dari Lelang SUN

Bareksa28 Juli 2020
Tags:
Hari Ini Pemerintah Raih Penawaran Rp72,78 Triliun dari Lelang SUN
Ilustrasi obligasi surat utang negara surat berharga negara yang digambarkan dengan kertas sertifikat obligasi dengan kacamata dan pulpen.

Tapi pemerintah hanya menyerap Rp22 triliun dari total penawaran yang masuk

Bareksa.com - Pemerintah hari ini (28/7/2020) melaksanakan lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN). Total penawaran masuk dari lelang yang menggunakan sistem lelang Bank Indonesia (BI) sebesar Rp72,78 triliun (tepatnya Rp72.780.600.000.000) atau 3,3 kali lipat total yang dimenangkan.

Adapun seri SUN yang dilelang adalah SPN03201029 (new issuance), SPN12210429 (reopening), FR0081 (reopening), FR0082 (reopening), FR0080 (reopening), FR0083 (reopening) dan FR0076 (reopening). Nah, dari ketujuh seri tersebut, seri FR0082 yang paling banyak menerima tawaran masuk, yakni senilai Rp21,35 triliun.

Rincian penawaran masuk pada lelang tujuh seri SUN hari ini, sebagai berikut:

Illustration

Sumber: DJPPR Kemenkeu

Hasil Lelang

Meskipun nilai penawaran masuk cukup tinggi, pemerintah tidak menyerap semua tawaran yang masuk. Pada Jumat (24/7/2020), melalui laman resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu), pemerintah menetapkan target indikatif lelang tujuh seri SUN hari ini Rp20 triliun dan target maksimalnya sebesar Rp40 triliun.

Nah pada hari ini DJPPR Kemenkeu menyebutkan "total nominal yang dimenangkan dari tujuh seri yang ditawarkan tersebut adalah Rp22 triliun."

Sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, Menteri Keuangan menetapkan hasil lelang sebagai berikut:

Illustration

Sumber: DJPPR Kemenkeu

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sebagai informasi, lelang sukuk ditujukan untuk investor institusi atau lembaga. Bagi investor individu atau perorangan bisa membeli Surat Berharga Negara yang ditujukan untuk investor ritel.

Surat Berharga Negara (SBN) untuk ritel hanya bisa dipesan online selama masa penawaran saja di Bareksa. Dalam waktu dekat ini akan ada penawaran SBN ritel lagi di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, gunakan akun di aplikasi Bareksa untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua