BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kemenkeu Tetapkan Kupon ORI017 Fixed 6,4 Persen per Tahun

Bareksa12 Juni 2020
Tags:
Kemenkeu Tetapkan Kupon ORI017 Fixed 6,4 Persen per Tahun
Ilustrasi investor pebisnis menghitung keuntungan imbal hasil suku bunga investasi reksadana saham obligasi surat berharga negara sukuk tabungan dengan kalkulator dan lambang persen di depannya.

ORI adalah instrumen surat utang yang 100 persen dijamin oleh negara dan masuk dalam Surat Berharga Negara (SBN)

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan kupon Obligasi Negara Ritel Seri ORI017 sebesar 6,4 persen per tahun. Kupon ini berlaku tetap hingga jatuh tempo tiga tahun lagi.

"Menindaklanjuti penetapan tingkat kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI017 oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan, kami informasikan kepada Bapak/Ibu bahwa kupon ORI017 sebesar 6,40 persen per tahun dan berlaku tetap sampai dengan jatuh tempo," tulis dalam pesan singkat Kementerian Keuangan kepada mitra distribusi 11 Juni 2020.

ORI adalah instrumen surat utang yang 100 persen dijamin oleh negara dan masuk dalam Surat Berharga Negara (SBN). Surat utang negara ini memiliki jangka waktu tiga tahun tetapi bisa dijual sebelum jatuh tempo 15 Juli 2023 dan diperdagangkan di pasar sekunder (tradable).

Promo Terbaru di Bareksa

Sebagai instrumen investasi untuk pemodal individu (ritel), ORI017 bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Masa penawaran ORI017 adalah pada 15 Juni-9 Juli 2020.

Sebelum memutuskan untuk membeli ORI, investor perlu mengetahui sifat atau karakteristik dari instrumen investasi ini. Berikut penjelasan mengenai karakteristik ORI.

1. Dapat diperdagangkan, tanpa warkat

ORI bersifat tradable alias bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Bila investor membeli ORI017, investor bisa menjualnya setelah pembayaran kupon kedua diberikan.

ORI ditetapkan tanpa warkat (scriptless). Bukti kepemilikan investor adalah berupa Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) yang didapatkan ketika melakukan pembelian di pasar perdana. Di pasar sekunder, kepemilikan akan tampil dalam portofolio masing-masing investor.

2. Kupon tetap (fixed rate)

Besaran kupon (imbal hasil) ORI adalah tetap berdasarkan keputusan dari Kementerian Keuangan. Kupon tidak akan disesuaikan bila suku bunga acuan naik atau turun selama jangka waktu ORI berlaku.

3. Minimal pembelian terjangkau

ORI017 bisa dibeli dengan modal Rp1 juta, kelipatan Rp1 juta hingga maksimal Rp3 miliar per investor. Nilai pembelian ini lebih kecil dibandingkan seri-seri terdahulu dengan minimal dana Rp5 juta.

4. Potensi naik/turun harga

Karena bisa diperjualbelikan di pasar sekunder, ORI memiliki potensi peningkatan dan penurunan harga (capital gain/loss).

Penawaran obligasi negara ini bisa menjadi peluang investor ritel masuk ke pasar obligasi, yang disebut memiliki prospek cerah karena imbal hasil menarik dan risiko rendah. Indonesia telah mendapatkan peringkat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga rating internasional.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Obligasi Negara Ritel seri ORI017 hanya bisa dipesan online selama masa penawaran 15 Juni - 9 Juli 2020 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua