Berita / SBN / Artikel

Pemerintah Kantongi Rp17,05 Triliun dari Lelang 7 Seri SUN

Penawaran lelang yang masuk mencapai Rp51,30 triliun, atau tiga kali lipat yang dimenangkan
Bareksa • 18 Mar 2020
cover

Pegawai Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan sedang memberikan penjelasan kepada nasabah perihal Surat Berharga Negara (SBN) ritel baik itu Savings Bond Ritel (SBR) atau Sukuk Tabungan di stan DJPPR Kemenkeu dalam acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2019 di Jakarta (24/08/2019) (Bareksa/AM)

Bareksa.com - Surat Utang Negara masih menarik minat sejumlah investor, meski pasar keuangan sedang tertekan akibat sentimen pandemi virus corona covid-19.

Lelang terbaru SUN yang digelar untuk 7 seri pada 17 Maret 2020, masih menarik penawaran tiga kali lipat (oversubscribed) nilai yang dimenangkan. Meski demikian, penawaran yang masuk lebih kecil dibandingkan lelang dua pekan sebelumnya yang bisa mencapai oversubscribed 4,5 kali lipat.

Dalam lelang yang digelar Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, pada Selasa (17/3/2020), total penawaran yang masuk untuk 7 seri SUN mencapai Rp51,30 triliun, atau tiga kali nilai yang dimenangkan.

Keterangan resmi DJPRR Kementerian Keuangan menyebutkan, rincian penawaran yang masuk, dengan rincian sebagai berikut :

Sumber : DJPPR Kementerian Keuangan

Sementara itu dari banyaknya penawaran lelang yang masuk, pemerintah hanya menyerap Rp17,05 triliun. Langkah tersebut, sesuai dengan target maksimal yang ditetapkan sebelumnya sebesar Rp22,5 triliun.

Disebutkan, sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, Menteri Keuangan menetapkan hasil lelang sebagai berikut :

Sumber : DJPPR Kementerian Keuangan

Lelang 7 seri SUN di atas sendiri digelar melalui sistem lelang Bank Indonesia (BI).

Sebagai informasi, lelang SUN diselenggarakan untuk investor institusi atau lembaga. Sementara itu, bila pemodal individu (perseorangan) berminat untuk membeli Surat Berharga Negara, bisa membeli SBN ritel seperti Sukuk Ritel SR012 yang kini sedang dalam masa penawaran.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah telah resmi membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR012 mulai 24 Februari 2020 hingga 18 Maret 2020. SR012 bisa dipesan selama masa penawaran secara online di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(hm)