BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kenali Karakteristik Sukuk Tabungan, Siap-Siap Investasi ST005

Bareksa02 Agustus 2019
Tags:
Kenali Karakteristik Sukuk Tabungan, Siap-Siap Investasi ST005
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama mitra distribusi resmi meluncurkan Sukuk Tabungan ST002 di Jakarta, 1 November 2018 (Bareksa/Issa A)

Sukuk Negara Tabungan (Sukuk Tabungan) adalah produk investasi syariah

Bareksa.com – Dalam waktu tak sampai satu pekan, masyarakat akan kembali mendapat tawaran investasi menarik dari pemerintah. Kali ini tawaran tersebut bertajuk Sukuk Tabungan seri ST005.

Bagi yang sudah mengenal Sukuk Tabungan hingga seri ST004, maka ST005 tidak akan asing lagi. Tapi bagi kamu yang belum tahu apa itu Sukuk Tabungan, ada baiknya melihat lagi pengertian dan karakteristiknya.

Seperti tertuang dalam website Kementerian Keuangan, Sukuk Negara Tabungan (Sukuk Tabungan) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Promo Terbaru di Bareksa

Dari pengertian itu, karakteristik Sukuk Tabungan bisa kamu lihat yakni, untuk individu warga Indonesia, pengelolaan investasi dengan prinsip syariah, pemesanan mulai Rp1.000.000, imbalan mengambang dengan imbalan minimal, tenor 2 tahun, dan fasilitas early redemption serta tidak dapat diperdagangkan/dialihkan.

Melalui investasi Sukuk Tabungan, pemerintah menawarkan kesempatan secara langsung kepada Warga Negara Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional. Hasil investasi Sukuk Tabungan akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang menjadi investasi untuk merekat jalinan kebangsaan menuju bangsa yang mandiri.

Kamu juga harus tahu, Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Keuntungan Sukuk Tabungan

Saat ini, pemerintah memang belum menentukan tingkat kisaran imbal hasil ST005. Sebagai gambaran, pada ST004 lalu, tingkat keuntungannya 7,95 persen per tahun dan mengambang dengan mengacu pada BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) di 6 persen.

Tingkat pokok dan imbalan itu dijamin oleh negara. Selain itu, imbalannya tetap kompetitif tapi lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito bank BUMN. Adapun kamu yang berinvestasi akan menerima imbalan tersebut setiap bulan.

Keuntungan lainnya adalah early redemption tanpa dikenakan redemption cost oleh pemerintah, kemudahan akses transaksi melalui sistem elektronik (online).

Kamu yang berinvestasi pada Sukuk Tabungan juga mendukung pembiayaan pembangunan nasional melalui akses investasi sesuai prinsip syariah.

Berinvestasi pada Instrumen Pemerintah kini kian mudah dengan adanya e-SBN. Melalui e-SBN, kamu dapat melakukan pembelian ST005 di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan kembali menawarkan Sukuk Tabungan seri ST005. Sukuk Tabungan seri ST005 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 8-21 Agustus 2019.

Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan ST005 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST005? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST005.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST005? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua