BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Generasi Milenial Mendominasi Pembelian SBR007, Penjualan Tembus Rp3,22 Triliun

Bareksa29 Juli 2019
Tags:
Generasi Milenial Mendominasi Pembelian SBR007, Penjualan Tembus Rp3,22 Triliun
Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman (kanan) dan Direktur Surat Utang Negara Ditjen PPR Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting (kiri) saat acara peluncuran SBR007 dengan tema “Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi”, di Jakarta (11/07/2019) (Kemenkeu)

Jumlah investor baru SBR007 mencapai 9.956 investor dan 55,05 persen merupakan generasi milenial

Bareksa.com – Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) atas nama Menteri Keuangan telah melaksanakan Penetapan Hasil Penjualan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007, Senin, 29 Juli 2019. Total volume pemesanan pembelian SBR007 yang telah ditetapkan adalah sebesar Rp3,22 triliun.

Meskipun pada Juli 2019 tidak terdapat SBN ritel yang jatuh tempo dan tingkat kupon SBR007 lebih rendah dari SBR seri sebelumnya, namun capaian penjualan SBR007 melebihi target indikatif Rp2 triliun.

Melalui keterangannya, DJPPR menyampaikan, literasi investasi masyarakat yang semakin meningkat tercermin dari jumlah investor baru yang membeli SBR007 tercatat sejumlah 9.956 investor. Dari total investor baru tersebut, 55,05 persennya merupakan generasi milenial.

Promo Terbaru di Bareksa

“Hal ini menunjukkan bahwa saat ini generasi muda semakin sadar untuk berinvestasi sejak dini,” tulis DJPPR.

Sebaliknya, di samping investor baru yang jumlahnya siginifikan, tidak sedikit investor yang selalu membeli SBR di setiap masa penerbitannya. Terdapat 229 investor yang kembali membeli SBR007 sejak Pemerintah menerbitkan SBR secara online dengan nominal pembelian SBR007 sebesar Rp57,97 miliar.

Dengan keunggulan fitur SBR yang aman, mudah dan terjangkau, masyarakat yang baru mulai belajar berinvestasi memilih SBR sebagai instrumen investasinya.

Sebaran Jumlah Investor SBR007

Illustration

Sumber: DJPPR

Hal ini terlihat dari jumlah investor dengan pemesanan Rp1 juta mencapai 1.006 investor dengan total volume pemesanan Rp1,006 miliar. Capaian positif tersebut diharapkan terus berlangsung di tengah upaya Pemerintah untuk memperluas basis investor di dalam negeri dalam rangka pendalaman pasar keuangan domestik.

Untuk mengetahui lebih detail profil investor SBR007, berikut rinciannya:

- Jumlah investor ritel terbesar adalah yang melakukan pemesanan pada rentang Rp1 juta s.d. Rp100 juta, yaitu mencapai 68,98 persen.
- Berdasarkan usia, jumlah investor dari generasi Milenial mendominasi dengan porsi mencapai 50,85 persen dari total jumlah investor. Adapun dari sisi volume pemesanan, kelompok Baby Boomers merupakan yang terbesar, yaitu mencapai 41,73 persen dari total volume pemesanan atau Rp1,34 triliun.
- Berdasarkan kelompok profesi, jumlah investor terbesar adalah Pegawai Swasta yang mencapai 38,43 persen, selanjutnya kelompok Wiraswasta dan PNS/TNI/Polri masing-masing sebesar 19,14 persen dan 10,29 persen. Adapun berdasarkan volume pemesanan, kelompok profesi Wiraswasta adalah yang terbesar mencapai 36,68 persen, disusul oleh Pegawai Swasta dan Ibu Rumah Tangga masing-masing sebesar 28,46 persen dan 13,70 persen.
- Rata-rata volume pemesanan per investor adalah Rp214,08 juta atau turun dari rata-rata volume pemesanan di penerbitan SBR sebelumnya yang mencapai Rp237,31 juta.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan menawarkan Sukuk Tabungan seri ST005. Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan ST005 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST005? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST005.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST005? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua