BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Pasca SBR007, Ini Jadwal Penerbitan SBN Ritel Berikutnya dan Potensi Kuponnya

Bareksa22 Juli 2019
Tags:
Pasca SBR007, Ini Jadwal Penerbitan SBN Ritel Berikutnya dan Potensi Kuponnya
Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman (kanan) dan Direktur Surat Utang Negara Ditjen PPR Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting (kiri) saat acara peluncuran SBR007 dengan tema “Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi”, di Jakarta (11/07/2019) (Kemenkeu)

Saat ini BI Rate sudah tidak lagi di level 6 persen

Bareksa.com - Savings Bond Ritel (SBR) adalah produk investasi berjenis surat utang negara (SUN) yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat seperti kita. Masyarakat yang menjadi investor mendapatkan keuntungan berupa kupon atau bunga yang dibayarkan per bulan langsung ke rekening investor.

Mengutip Kementerian Keuangan, kupon SBR007 sebesar 7,5 persen per tahun yang berasal dari suku bunga acuan BI yang berlaku saat ditetapkan yakni senilai 6 persen ditambah spread tetap 150 bps atau 1,5 persen.

Suku Bunga BI Telah Turun Menjadi 5,75 Persen

Bank Indonesia (BI) dalam rapat di bulan Juli memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya 25 basis poin (bps), sehingga BI 7 Days Repo Rate kini menjadi 5,75 persen.

Sebelumnya tercatat sudah delapan bulan bank sentral menahan suku bunga acuan di level 6 persen dengan deposit facility 5,75 persen dan lending facility 6,75 persen.

Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan BI memantau berbagai kondisi global baik pertumbuhan ekonomi, perang dagang, dan arus modal asing.

"RDG BI pada 17 dan 18 Juli 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7 Days Repo Rate 25 bps menjadi 5,75 persen," ungkap Perry di kantor BI, Jakarta Pusat, Kamis (18 Juli 2019).

Penerbitan SBR Seri Berikutnya Diperkirakan Berikan Kupon Lebih Rendah

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Berdasarkan informasi Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, masih akan ada 4 instrumen SBN ritel lagi yang akan terbit tahun ini.

Keempat instrumen tersebut 1 seri obligasi ritel negara (ORI-016), 1 seri Savings Bond Ritel (SBR-008), dan 2 seri sukuk tabungan (ST-005 dan ST-006).

Setelah SBR007 akan berakhir pada 25 Juli, otomatis penerbitan SUN untuk retail ini akan menggunakan acuan suku bunga minimal 5,75 persen atau bahkan lebih rendah seiring adanya potensi penurunan suku bunga lanjutan oleh Bank Indonesia.

.Tinggal 3 Hari Lagi, Hingga 25 Juli 2019

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran SBR007, yakni 11-25 Juli 2019. Kita bisa mendaftar untuk memesan SBR007 di Bareksa.

Bagi kamu yang tidak mau ketinggalan dalam mengambil momentum adanya potensi penurunan suku bunga di instrumen pendapatan tetap, maka SBR 007 merupakan pilihan yang tepat saat ini. Sebab sudah dapat dipastikan jika seri SBR berikutnya di tahun ini, akan menggunakan acuan suku bunga 5,75 persen atau bahkan bisa lebih rendah seiring adanya potensi penurunan suku bunga lanjutan oleh Bank Indonesia.

Sebagai informasi, SBR007 diterbitkan oleh pemerintah untuk membiayai anggaran negara, khususnya di bidang pendidikan. Modal untuk berinvestasi SBR007 sangat rendah, mulai dari Rp1 juta (1 unit) hingga Rp3 miliar (3000 unit) dan kita bisa ikut membantu membiayai anggaran negara. SBR007 memiliki tenor atau masa berlaku dua tahun dan akan jatuh tempo pada 10 Juli 2021.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran SBR007, yakni 11-25 Juli 2019. Kita bisa mendaftar untuk memesan SBR007 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBR007? Segera daftar di sbn.bareksa.comsekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBR007.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBR007? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua