BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Tinggal 4 Hari Lagi, Masa Penawaran ST004 Dibuka Sampai 21 Mei 2019

Bareksa17 Mei 2019
Tags:
Tinggal 4 Hari Lagi, Masa Penawaran ST004 Dibuka Sampai 21 Mei 2019

Investor yang ingin memesan ST004 sebaiknya menyiapkan dana investasi, tujuan penggunaan dan kunjungi mitra distribusi

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menawarkan instrumen Surat Berharga Syariah Negara, Sukuk Tabungan (ST) seri ST004 kepada investor ritel pada 3 Mei 2019. Penawaran tersebut dibuka sampai 21 Mei 2019, artinya masih ada 4 hari lagi bagi investor yang ingin membeli instrumen obligasi syariah tersebut.

Apa yang sebaiknya disiapkan investor yang ingin membeli ST004 dalam kurun waktu 4 hari tersebut. Hal pertama adalah sumber pendanaan yang bisa digunakan untuk membeli ST004 tersebut.

Untuk diketahui, untuk membeli ST004, investor setidaknya bisa melakukan pemesanan minimal Rp1 juta hingga maksimal Rp3 miliar. Dana Rp1 juta hingga Rp3 miliar tersebut bisa diperoleh dari penghasilan yang diterima tiap bulannya, keuntungan dari bisnis yang dikelola atau bisa memindahkan dari tabungan atau investasi yang memiliki imbal hasil yang relatif rendah.

Promo Terbaru di Bareksa

Pemerintah menawarkan ST004 dengan kupon 7,95 persen. Tingkat imbal hasil ini berasal dari tingkat BI 7 Days Reverse Repo Rate 6 persen ditambah spread 1,95 persen.

Tingkat imbalan ini lebih tinggi dari rata-rata suku bunga deposito yang mencapai 6,14 persen per tahun. Dengan kata lain, investor yang ingin berinvestasi di ST004 bisa memindahkan dananya dari deposito atau instrumen lainnya.

Kemudian, investor yang ingin membeli ST004 juga wajib menentukan tujuan penggunaan dananya. Sebab instrumen ini memiliki tenor 2 tahun dan tidak bisa dicairkan, namun bisa dilakukan early redemption maksimal 50 persen dari setiap transaksi pembelian pada 11 Mei 2020.

Artinya, investor baru bisa mendapatkan dana investasi beserta tingkat imbalan secara optimal dalam dua tahun mendatang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam 2 tahun mendatang, misalnya travelling, umrah atau bahkan menikah. Sehingga penting untuk menetapkan tujuan penggunaan dana sebelum berinvestasi di ST004.

Selanjutnya, investor juga harus tahu cara membeli ST004. Sejauh ini, ada 20 mitra distribusi yang bisa digunakan untuk membeli ST004. PT. Bareksa Portal Investasi menjadi salah satu mitra distribusi tersebut dan bagi investor yang ingin membeli ST004, tinggal membuka website sbn.bareksa.com untuk keterangan lebih lanjut.

Hal penting yang juga harus diketahui sebelum membeli ST004 adalah mengetahui kelebihan ST004 tersebut. Ada beberapa kelebihan dari instrumen tersebut, pertama adalah dari sisi keamanan. Pembayaran kupon instrumen ini dijamin oleh undang-undang dan pemerintah Indonesia tidak pernah memiliki riwayat default atau gagal bayar.

Sukuk Tabungan menawarkan tingkat keuntungan yang menjamin setiap investor tidak mengalami kerugian. Sebab penghitungan imbalan mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate, dengan jaminan imbalan minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo. Artinya, ada kemungkinan imbalan bisa naik bila acuan naik tetapi tidak bisa turun lebih rendah dari batas minimal.

Imbalan ini biasanya lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Dengan jangka waktu simpanan 2 tahun, tentunya investor bisa merasakan keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung di bank.

Hal yang terpenting adalah dengan membeli ST-004 bisa menjadi sarana bagi investor untuk mendukung langsung pembangunan nasional. Sebab dana akan digunakan untuk pembangunan nasional.

Terlebih lagi, instrumen ini juga bebas dari riba. Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Sukuk sendiri telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia.

Setelah mengetahui kelebihan dan yang harus dilakukan, kamu tidak lagi ragu kan untuk memesan ST004. Segera kunjungi sbn.bareksa.com dan bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST-004 di Bareksa.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki agar bisa memesan produk Sukuk atau SBN di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di Sukuk dan produk SBN lainnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP, ini caranya.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli Sukuk dan produk SBN lainnya? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

Perlu dicatat, Sukuk Tabungan terbuka bagi masyarakat Indonesia dari kalangan manapun, tanpa memandang latar belakang keyakinan. Kehadiran Sukuk Tabungan ini tentunya memberikan alternatif untuk menyimpan uang pada instrumen yang menghasilkan potensi imbal yang cukup menarik.

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi dari mana saja dan kapan saja.

(AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua