BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Tenang Pemilu, Kamu Masih Bisa Beli SBR006 di Bareksa

Bareksa15 April 2019
Tags:
Masa Tenang Pemilu, Kamu Masih Bisa Beli SBR006 di Bareksa
Ilustrasi investor wanita pebisnis karyawan pengusaha kantoran menggunakan jubah superhero berdiri memegang laptop untuk bersiap membantu negara dengan investasi surat utang obligasi sukuk pemerintah secara online.

Pembelian SBR006 ditutup 16 April jam 10 Pagi

Bareksa.com - Pemilu 2019 memasuki masa tenang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa tenang Pemilu 2019 pada 14-16 April. Selama masa tenang peserta Pemilu dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apapun.

Masa tenang berlangsung selama tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Pemilu 2019 jatuh pada Rabu, 17 April :

Selama Masa Tenang Pemilu, Kamu Masih Bisa Beli SBR006 di Bareksa

Promo Terbaru di Bareksa

Hingga 16 April 2019, investor masih bisa melakukan pemesanan Savings Bond Ritel (SBR) seri 006. SBR006 merupakan salah satu instrumen investasi bagi masyarakat ritel Indonesia yang diterbitkan oleh pemerintah untuk membiayai anggaran negara.

Modal investasi ini sangat rendah, mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan kita bisa ikut membantu membiayai anggaran negara. Masyarakat yang menjadi investor juga mendapatkan keuntungan berupa kupon atau bunga yang dibayarkan per bulan langsung ke rekening investor.

Dalam penawaran ini, pemerintah memberikan tingkat kupon atau bunga SBR006 sebesar 7,95 persen per tahun dengan sistem floating with floor atau mengambang dengan batas minimal.

Mengambang" artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga Bank Indonesia, sebagai acuan. Sedangkan "Kupon Minimal" artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

SBR006 memiliki tenor atau masa berlaku dua tahun dan akan jatuh tempo pada 10 April 2021. Berikut adalah jadwal lengkap penerbitan SBR006 yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

Illustration

Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa.com

Mengutip Kementerian Keuangan, kupon SBR006 sebesar 7,95 persen per tahun yang berasal dari suku bunga acuan BI yang berlaku saat ini senilai 6 persen ditambah spread tetap sebesar 195 bps atau 1,95 persen.

Pembayaran Kupon Pertama

Kupon SBR006 pertama kali akan diterima masyarakat pada 10 Juni 2019 (long coupon). Berdasarkan memorandum informasi dari Kemenkeu, jumlah hari kupon (day count) untuk penghitungan kupon berjalan (accrued interest) menggunakan basis jumlah hari kupon sebenarnya (actual per actual).

Maksudnya, perhitungan kupon adalah 7,95 persen per tahun, dan untuk pembayaran bulanan dihitung dengan membaginya menjadi 12.

Khusus untuk pembayaran kupon perdana, yakni pada 10 Juni 2019, terdapat keunikan karena jangka waktu investasi setelah setelmen (24 April 2019) hingga pembayaran kupon lebih dari satu bulan.

Karena itu, kupon perdana besarannya adalah kupon sebulan penuh ditambah 16 hari. Angka 16 (enam belas) merupakan jumlah hari dari tanggal 24 April 2019 (Tanggal Setelmen) sampai dengan tanggal 10 Mei 2019.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran SBR006, yakni 1-16 April 2019.

Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan SBR006 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBR006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBR006.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBR006? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA02/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua