BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Bagaimana Cara Mendapatkan Early Redemption Sukuk Tabungan ST002?

Bareksa12 November 2018
Tags:
Bagaimana Cara Mendapatkan Early Redemption Sukuk Tabungan ST002?
Ilustrasi investor syariah wanita berhijab duduk berpikir di depan tumpukan buku laporan

Fasiltas early redemption dapat diperoleh minimal dengan investasi Rp2 juta

Bareksa.com – Kementerian Keuangan resmi menawarkan produk Sukuk Tabungan (ST) seri ST002 kepada investor awal Nopember ini. ST002 memiliki sejumlah keuntungan bagi investor, salah satunya keuntungan likuiditas melalui fasilitas pencairan lebih awal atau disebut early redemption.

Karena produk ST002 tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, pemerintah menetapkan fasilitas early redemption pada produk tersebut.

Bagaimana caranya investor dapat memperoleh fasilitas early redemption?

Promo Terbaru di Bareksa

Pada dasarnya, fasilitas early redemption berlaku maksimal 50 persen dari total pokok investasi masyarakat pada ST002 dengan kelipatan Rp1 juta. Dengan ketentuan tersebut, fasiltas early redemption dapat diperoleh minimal dengan investasi Rp2 juta.

Investor yang berinvestasi Rp2 juta pada ST002 memiliki fasilitas early redemption Rp1 juta. Sedangkan bagi investor yang memiliki pokok investasi ganjil tidak akan bisa memperoleh 50 persen dari pokok investasinya apabila melakukan early redemption.

Jika investor membeli ST002 senilai Rp3 juta, fasilitas early redemption yang dapat dicairkan investor adalah Rp1 juta. Hal itu terjadi karena saat melakukan early redemption, investor harus menyisakan 50 persen dari dana pokok investasinya.

Fasilitas early redemption juga berlaku hanya untuk per pesanan. Apabila investor membeli ST002 secara bertahap, yakni Rp1 juta pada pesanan pertama dan Rp3 juta pada pesanan kedua, total kepemilikan ST002 investor menjadi Rp4 juta.

Namun, meskipun investor memiliki ST002 senilai Rp4 juta, tetapi hak early redemptionnya hanya Rp1 juta.

Hal itu terjadi karena pemesanan awal Rp1 juta tidak memiliki fasilitasi early redemption, sedangkan pemesanan kedua Rp3 juta memiliki fasilitas early redemption Rp1 juta. Sebab untuk melakukan early redemption investor harus menyisakan dana investasinya dengan kelipatan Rp1 juta.

Proses early redemption hanya dapat dilakukan satu tahun setelah investor membeli ST002. Waktu pelaksanaan early redemption juga telah ditentukan oleh pemerintah.

Adapun pengajuan early redemption melalui sistem elektronik mitra distribusi (MiDis) hanya dapat diajukan oleh investor anatara tanggal 28 Oktober- 5 November 2019.

Pengajuan pada tanggal 5 November 2019 terakhir pukul 14.00 WIB

Persyaratan Early Redemption

1. Minimal kepemilikan Rp2 juta
2. Nilai yang dapat dicairkan minimal Rp1 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan investor
3. Nominal yang diajukan Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta
4. Tidak dikenakan biaya pelunasan (redemption cost) oleh pemerintah

Kementerian Keuangan pada 1 Nopember 2018 resmi meluncurkan proses penawaran produk ST002. Pemerintah ingin memperdalam pasar keuangan domestik dengan memperbanyak investor ritel Indonesia berpartisipasi aktif membeli produk SBR.

Semakin banyak investor domestik yang memiliki surat utang negara, maka pasar surat utang Indonesia akan semakin kuat.

Kementerian Keuangan menetapkan tingkat imbal hasil minimal ST002 sebesar 8,3 persen. ST002 merupakan instrumen investasi bagi masyarakat ritel Indonesia.

Kapan kita bisa mulai membeli ST002?

Masyarakat yang memiliki modal atau investor bisa memesan ST002 pada masa pemesanan yang menurut jadwal akan berlangsung pada 1- 22 Nopember 2018. Kemudian, setelmen atau penyelesaian transaksi akan dilakukan pada 29 Nopember 2018.

Tertarik untuk berinvestasi sekaligus membantu negara?

Produk investasi ini bisa dipesan online di Bareksa selama masa penawaran, mulai 1 November 2018 hingga 22 November 2018.

Khusus untuk Anda yang telah menjadi nasabah di Bareksa, gunakan akun Bareksa Anda untuk login melalui sbn.bareksa.com. Bila Anda belum menjadi nasabah Bareksa, silakan ikuti petunjuk di tautan ini.

(AM)

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Gunakan akun Bareksa Anda untuk login dan membeli ST002 melalui tautan ini.

Anda yang belum punya akun bisa mendaftar terlebih dahulu di tautan ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua